Page 112 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 112

LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
            DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
            Sesuai dengan visi Rektor di periode 2019-2023, yaitu   dustri;
            menjadikan Undiksha sebagai Trend-Setter  University  12. meningkatkan  publikasi  pada jurnal internasional
            dan International  Reputable University, yang sejalan   bereputasi, produk inovasi, paten/HKI;
            dengan Visi Undiksha “menjadi universitas unggul ber-  13. mengembangkan platform untuk peningkatan skill
            falsafah  Tri Hita  Karana  di  Asia  tahun  2045”,  dalam   dan pengetahuan, bersama dengan masyarakat dan
            segala  aktivitas  tri dharma  yang  dilakukan Undiksha   DUDI;
            berpijak pada beberapa hal, yaitu: Renstra Kemdikbud  14. menguatkan inisiatif kampus merdeka yang  men-
            2020-2024, Renstra Bisnis Undiksha 2020-2024,        dorong studi interdisipliner dan pengalaman di in-
            Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Indikator     dustri/masyarakat bagi mahasiswa; dan
            Kinerja Utama, Kontrak Kinerja Rektor, Klasterisasi  15. meningkatkan jumlah kehadiran mahasiswa asing
            Perguruan Tinggi, Indikator Akreditasi Nasional/Interna-  dan dosen asing, serta kalangan professional ber-
            sional. Dengan mengacu beberapa poin di atas, pada   standar internasional dalam kegiatan akademik.
            tahun 2022, Undiksha diharapkan mampu mewujud-
            kan visinya menjadi International Reputable University  Dari  sejumlah poin di atas, Undiksha merumuskan
            in Education and Leadership (IRUEL).              Prioritas Program Undiksha di tahun 2021-2022. Pro-
            Menjadikan Undiksha sebagai IRUEL,  ada beberapa  gram tersebut adalah:
            poin yang harus mesti dilakukan ke depan, yaitu:  1.  Akselerasi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU),
            1.  melakukan diferensiasi untuk fokus pada core uni-  Kontrak Kinerja Rektor, dan PTN-BH;
                versitas, yaitu education and leadership;     2.  Meningkatkan rangking Undiksha pada klasterisasi
            2.  meningkatkan  kapasitas dan otonomi manajemen    PT;
                menuju Undiksha sebagai PTN-BH;               3.  Mempertahankan dan meningkatkan rangking kin-
            3.  meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi   erja kemahasiswaan (Simkatmawa);
                dalam negeri, dengan dunia usaha/dunia industri,  4.  Meningkatkan jumlah program studi terakreditasi
                serta pemerintah;                                Unggul  baik melalui akreditasi nasional maupun
            4.  Fokus pada kegiatan untuk menuju Centers of Ex-  internasional;
                cellence dalam rangka percepatan menuju Interna-  5.  Menginisiasi dan meningkatkan pemenuhan indika-
                tional Reputable University;                     tor-indikator menuju International Reputable Uni-
            5.  meningkatkan mutu dan relevansi penelitian;      versity;
            6.  meningkatkan mutu dan relevansi pengabdian ke-  6.  Melaksanakan Research Collaboration;
                pada masyarakat;                              7.  Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi
            7.  meningkatkan kerja sama dengan universitas kelas   di jurnal internasional bereputasi dan prosiding
                dunia (Top 100 QS Ranking);                      terindeks;
            8.  meningkatkan entrepreneurship mahasiswa  dan  8.  Meningkatkan  kuantitas  dan kualitas produk-pro-
                mengembangkan pusat-pusat inkubasi bisnis/start-  duk inovasi;
                up berbasis karya iptek;                      9.  Penguatan core Undiksha di bidang pendidikan dan
            9.  penguatan iklim belajar dan budaya entrepreneur-  kepemimpinan (education and leadership);
                ship bagi dosen dan mahasiswa;                10. Meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa asing;
            10. meningkatan pelibatan  masyarakat/kalangan pro-  11. Meningkatkan keterserapan lulusan dan kewirau-
                fesional dalam ‘pentahelix’ melalui pendidikan dan   sahaan mahasiswa;
                pengajaran, penelitian, P2M, serta kontribusi pen-  12. Meningkatkan  kuantitas  dan kualitas  keterlibatan
                danaan;                                          mahasiswa dalam kegiatan Merdeka Belajar.
            11. mendorong kinerja dosen dalam rangka menghasil-
                kan penelitian untuk di hilirisasi ke masyarakat/in-



























                                                           112
   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117