Page 112 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 112
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
Sesuai dengan visi Rektor di periode 2019-2023, yaitu dustri;
menjadikan Undiksha sebagai Trend-Setter University 12. meningkatkan publikasi pada jurnal internasional
dan International Reputable University, yang sejalan bereputasi, produk inovasi, paten/HKI;
dengan Visi Undiksha “menjadi universitas unggul ber- 13. mengembangkan platform untuk peningkatan skill
falsafah Tri Hita Karana di Asia tahun 2045”, dalam dan pengetahuan, bersama dengan masyarakat dan
segala aktivitas tri dharma yang dilakukan Undiksha DUDI;
berpijak pada beberapa hal, yaitu: Renstra Kemdikbud 14. menguatkan inisiatif kampus merdeka yang men-
2020-2024, Renstra Bisnis Undiksha 2020-2024, dorong studi interdisipliner dan pengalaman di in-
Konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Indikator dustri/masyarakat bagi mahasiswa; dan
Kinerja Utama, Kontrak Kinerja Rektor, Klasterisasi 15. meningkatkan jumlah kehadiran mahasiswa asing
Perguruan Tinggi, Indikator Akreditasi Nasional/Interna- dan dosen asing, serta kalangan professional ber-
sional. Dengan mengacu beberapa poin di atas, pada standar internasional dalam kegiatan akademik.
tahun 2022, Undiksha diharapkan mampu mewujud-
kan visinya menjadi International Reputable University Dari sejumlah poin di atas, Undiksha merumuskan
in Education and Leadership (IRUEL). Prioritas Program Undiksha di tahun 2021-2022. Pro-
Menjadikan Undiksha sebagai IRUEL, ada beberapa gram tersebut adalah:
poin yang harus mesti dilakukan ke depan, yaitu: 1. Akselerasi capaian Indikator Kinerja Utama (IKU),
1. melakukan diferensiasi untuk fokus pada core uni- Kontrak Kinerja Rektor, dan PTN-BH;
versitas, yaitu education and leadership; 2. Meningkatkan rangking Undiksha pada klasterisasi
2. meningkatkan kapasitas dan otonomi manajemen PT;
menuju Undiksha sebagai PTN-BH; 3. Mempertahankan dan meningkatkan rangking kin-
3. meningkatkan kerja sama dengan perguruan tinggi erja kemahasiswaan (Simkatmawa);
dalam negeri, dengan dunia usaha/dunia industri, 4. Meningkatkan jumlah program studi terakreditasi
serta pemerintah; Unggul baik melalui akreditasi nasional maupun
4. Fokus pada kegiatan untuk menuju Centers of Ex- internasional;
cellence dalam rangka percepatan menuju Interna- 5. Menginisiasi dan meningkatkan pemenuhan indika-
tional Reputable University; tor-indikator menuju International Reputable Uni-
5. meningkatkan mutu dan relevansi penelitian; versity;
6. meningkatkan mutu dan relevansi pengabdian ke- 6. Melaksanakan Research Collaboration;
pada masyarakat; 7. Meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi
7. meningkatkan kerja sama dengan universitas kelas di jurnal internasional bereputasi dan prosiding
dunia (Top 100 QS Ranking); terindeks;
8. meningkatkan entrepreneurship mahasiswa dan 8. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produk-pro-
mengembangkan pusat-pusat inkubasi bisnis/start- duk inovasi;
up berbasis karya iptek; 9. Penguatan core Undiksha di bidang pendidikan dan
9. penguatan iklim belajar dan budaya entrepreneur- kepemimpinan (education and leadership);
ship bagi dosen dan mahasiswa; 10. Meningkatkan jumlah dosen dan mahasiswa asing;
10. meningkatan pelibatan masyarakat/kalangan pro- 11. Meningkatkan keterserapan lulusan dan kewirau-
fesional dalam ‘pentahelix’ melalui pendidikan dan sahaan mahasiswa;
pengajaran, penelitian, P2M, serta kontribusi pen- 12. Meningkatkan kuantitas dan kualitas keterlibatan
danaan; mahasiswa dalam kegiatan Merdeka Belajar.
11. mendorong kinerja dosen dalam rangka menghasil-
kan penelitian untuk di hilirisasi ke masyarakat/in-
112