Page 111 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 111

LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
                                                                                              DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
            demik. Undiksha sebagai institusi akademik harus tetap  terbangunnya  keunggulan Undiksha di Asia pada ta-
            memberikan  layanan kepada seluruh stakeholder-nya,  hun 2045, (2) secara nyata memperkuat peningkatan
            terutama dalam pelaksanaan Tri Dharma Pergu   ruan  klasterisasi perguruan tinggi, (3) mendorong penguatan
            Tinggi.                                           dan peningkatan komponen dan aspek akreditas institu-
                                                              si dan program studi, (4) merujuk dan mendukung ke-
                                                              tercapaian kontrak kinerja kementerian pendidikan dan
                                                              kebudayaan  dengan  rektor,  dan (5) memperkuat dan
                                                              mempercepat tercapainya restrukturisasi kinerja kelem-
                                                              bagaan dan terproduksinya SDM yang unggul.

                                                              Dalam rangka merealisasikan program tersebut  perlu
                                                              didukung pengembangan  berbagai  aspek,  antara lain
                                                              melakukan digitalisasi pembelajaran,  penguatan  cont-
                                                              en e-learning, publikasi ilmiah, dan pemerolehan HAKI
                                                              atau hak paten dosen maupun mahasiswa. Disamping
                                                              itu, program-program yang dikembangkan juga diarah-
                                                              kan pada pencapaian status mandiri dalam bidang pe-
                                                              nelitian dan pengabdian dari perspektif  kelembagaan.
                                                              Di bidang  sarana  dan prasarana serta SDM,  program
                                                              juga diarahkan pada upaya terwujudnya idealisasi rasio
            Pembangunan pendidikan tinggi tidak dapat dilepaskan  SDM dengan layanan di semua lini, serta terwujudn-
            dari tantangan. Tantangan di era globalisasi ini pada  ya sarana dan prasarana yang memadai untuk lahirn-
            dasarnya terpusat pada 5 (lima) persoalan utama, yaitu:  ya SDM yang unggul dan kompetitif. Di bidang kema-
            (1) kemampuan mengelaborasi dan mengoptimalisasi  hasiswaan,  strategi yang  dikembangkan bisa melalui
            teknologi yang sesuai dengan nafas revolusi 4.0,  (2)  penguatan jejaring prestasi mahasiswa terutama yang
            penyelarasan berbagai kebijakan akademik agar meru-  bersifat akademik dengan tanpa mengabaikan pengem-
            juk pada klasterisasi kelembagaan menuju universitas  bangan bakat dan minat mahasiswa.
            unggu,  (3) restrukturisasi  dengan melakukan penye-
            larasan paradigm Tri Dharma Perguruan Tinggi agar  Berdasarkan strategi pokok itu, pada tahun 2021, ada
            sejalan dengan tagihan  jaman,  (4) reorientasi kuriku-  penekanan dan program-program prioritas yang menjadi
            lum, digitalisasi pembelajaran dan penguatan blended  unggulan dan sekaligus barometer efektivitas program
            learning online untuk menghasilkan sumber daya ma-  itu sendiri. Pada bidang pendidikan dan kerjasama, pro-
            nusia (SDM) unggu dan kompetitif, dan (5) kemampuan  gram unggulan minimal meliputi: (1) penguatan inter-
            setiap PT untuk melakukan hilirisasi produk teknologi  nasionalisasi at home, (2) peningkatan publikasi ilmiah,
            dengan penguatan manajemen Dharma penelitian dan  (3) peningkatan  status akreditasi institusi dan program
            pengabdian bagi masyarakat luas.                  studi, (4) penguatan mutu pembelajaran, (5) pengua-
                                                              tan kurikulum, khususnya bidang vokasi, (6) akreditasi
            Pada tahun 2021, tantangan tersebut  harus dijawab  laboratorium,  (7)  penguatan  Lembaga  sertifikasi  pro-
            Undiksha dengan melakukan reorientasi dalam peny-  fesi, (8) peningkatan produktivitas dan efektivitas ker-
            usunan program dan kegiatan yang diselaraskan den-  jasama, (9) penguatan research investment, dan (10)
            gan alokasi anggaran yang  dimiliki. Tantangan tersebut  peningkatan hilirisasi inovasi. Sementara pada bidang
            dijadikan sebagai  pemicu inovasi  multiguna oleh  Un-  administrasi, keuangan, dan sumber daya, program ke-
            diksha sebagaimana yang menjadi tagihan oleh  mas-  giatannya menukik pada upaya: (1) percepatan kualifi-
            yarakat saat ini. Perencanaan dan pelaksanaan berb-  kasi SDM, (2) normalisasi rasio guru besar dan lektor
            agai  program kegiatan  pendidikan tinggi  disesuaikan  kepala, (3) kapitalisasi SDM dan asset, (4) penguatan
            dan  menyesuaikan dengan  kebutuhan  dunia kerja,  manajemen asset dan SDM, (5) peningkatan digitalisasi
            yaitu mengikuti kebutuhan pasar  dan beriringan den-  layanan kelembagaan, (6) optimalisasi kinerja BPU, (7)
            gan keinginan pemodal kehidupan. Penelitian yang  penguatan tata kelola keuangan, (8) pemenuhan rasio
            dilakukan juga  didorong  harus  mampu  menghasilkan  ideal sarana dan prasarana, (9) peningkatan income
            produk-produk  teknologi tepat guna dengan diiringi  generating,  dan (10) pemberlakuan E-Budgetng se-
            publikasi ilmiah  yang  kompatibel  agar  mampu  men-  cara total. Pada bidang kemahasiswaan, program yang
            dongkrak program hilirisasi dan pencapaian world class  dikembangkan merujuk pada: (1) peningkatan prestasi
            university.                                       akademik dan non akademik, (2) peningkatan capaian
                                                              Pimnas, (3) pembinaan bakat dan minat, (4) peningka-
            Merujuk pada tantangan dunia global dan kebijakan   tan publikasi mahasiswa, (5) penguatan majemen lem-
            umum pembangunan pendidikan tinggi itu, pada 2021,   baga kemahasiswaan, (6) peningkatan karya prestisius
            Undiksha  menetapkan minimal lima program priori-  mahasiswa, (7) peningkatan kinerja UKM, (8) pengua-
            tas yang mesti dirujuk dan dikembangkan oleh semua   tan soft skill dan entrepreneur mahasiswa, (9) diversifi-
            civitas akademika, yaitu: (1) merujuk dan mendorong   kasi program prestasi mahasiswa, dan (10) optimalisasi
                                                              income generating (beasiswa).


                                                           111
   106   107   108   109   110   111   112   113   114   115   116