Page 111 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 111
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
demik. Undiksha sebagai institusi akademik harus tetap terbangunnya keunggulan Undiksha di Asia pada ta-
memberikan layanan kepada seluruh stakeholder-nya, hun 2045, (2) secara nyata memperkuat peningkatan
terutama dalam pelaksanaan Tri Dharma Pergu ruan klasterisasi perguruan tinggi, (3) mendorong penguatan
Tinggi. dan peningkatan komponen dan aspek akreditas institu-
si dan program studi, (4) merujuk dan mendukung ke-
tercapaian kontrak kinerja kementerian pendidikan dan
kebudayaan dengan rektor, dan (5) memperkuat dan
mempercepat tercapainya restrukturisasi kinerja kelem-
bagaan dan terproduksinya SDM yang unggul.
Dalam rangka merealisasikan program tersebut perlu
didukung pengembangan berbagai aspek, antara lain
melakukan digitalisasi pembelajaran, penguatan cont-
en e-learning, publikasi ilmiah, dan pemerolehan HAKI
atau hak paten dosen maupun mahasiswa. Disamping
itu, program-program yang dikembangkan juga diarah-
kan pada pencapaian status mandiri dalam bidang pe-
nelitian dan pengabdian dari perspektif kelembagaan.
Di bidang sarana dan prasarana serta SDM, program
juga diarahkan pada upaya terwujudnya idealisasi rasio
Pembangunan pendidikan tinggi tidak dapat dilepaskan SDM dengan layanan di semua lini, serta terwujudn-
dari tantangan. Tantangan di era globalisasi ini pada ya sarana dan prasarana yang memadai untuk lahirn-
dasarnya terpusat pada 5 (lima) persoalan utama, yaitu: ya SDM yang unggul dan kompetitif. Di bidang kema-
(1) kemampuan mengelaborasi dan mengoptimalisasi hasiswaan, strategi yang dikembangkan bisa melalui
teknologi yang sesuai dengan nafas revolusi 4.0, (2) penguatan jejaring prestasi mahasiswa terutama yang
penyelarasan berbagai kebijakan akademik agar meru- bersifat akademik dengan tanpa mengabaikan pengem-
juk pada klasterisasi kelembagaan menuju universitas bangan bakat dan minat mahasiswa.
unggu, (3) restrukturisasi dengan melakukan penye-
larasan paradigm Tri Dharma Perguruan Tinggi agar Berdasarkan strategi pokok itu, pada tahun 2021, ada
sejalan dengan tagihan jaman, (4) reorientasi kuriku- penekanan dan program-program prioritas yang menjadi
lum, digitalisasi pembelajaran dan penguatan blended unggulan dan sekaligus barometer efektivitas program
learning online untuk menghasilkan sumber daya ma- itu sendiri. Pada bidang pendidikan dan kerjasama, pro-
nusia (SDM) unggu dan kompetitif, dan (5) kemampuan gram unggulan minimal meliputi: (1) penguatan inter-
setiap PT untuk melakukan hilirisasi produk teknologi nasionalisasi at home, (2) peningkatan publikasi ilmiah,
dengan penguatan manajemen Dharma penelitian dan (3) peningkatan status akreditasi institusi dan program
pengabdian bagi masyarakat luas. studi, (4) penguatan mutu pembelajaran, (5) pengua-
tan kurikulum, khususnya bidang vokasi, (6) akreditasi
Pada tahun 2021, tantangan tersebut harus dijawab laboratorium, (7) penguatan Lembaga sertifikasi pro-
Undiksha dengan melakukan reorientasi dalam peny- fesi, (8) peningkatan produktivitas dan efektivitas ker-
usunan program dan kegiatan yang diselaraskan den- jasama, (9) penguatan research investment, dan (10)
gan alokasi anggaran yang dimiliki. Tantangan tersebut peningkatan hilirisasi inovasi. Sementara pada bidang
dijadikan sebagai pemicu inovasi multiguna oleh Un- administrasi, keuangan, dan sumber daya, program ke-
diksha sebagaimana yang menjadi tagihan oleh mas- giatannya menukik pada upaya: (1) percepatan kualifi-
yarakat saat ini. Perencanaan dan pelaksanaan berb- kasi SDM, (2) normalisasi rasio guru besar dan lektor
agai program kegiatan pendidikan tinggi disesuaikan kepala, (3) kapitalisasi SDM dan asset, (4) penguatan
dan menyesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja, manajemen asset dan SDM, (5) peningkatan digitalisasi
yaitu mengikuti kebutuhan pasar dan beriringan den- layanan kelembagaan, (6) optimalisasi kinerja BPU, (7)
gan keinginan pemodal kehidupan. Penelitian yang penguatan tata kelola keuangan, (8) pemenuhan rasio
dilakukan juga didorong harus mampu menghasilkan ideal sarana dan prasarana, (9) peningkatan income
produk-produk teknologi tepat guna dengan diiringi generating, dan (10) pemberlakuan E-Budgetng se-
publikasi ilmiah yang kompatibel agar mampu men- cara total. Pada bidang kemahasiswaan, program yang
dongkrak program hilirisasi dan pencapaian world class dikembangkan merujuk pada: (1) peningkatan prestasi
university. akademik dan non akademik, (2) peningkatan capaian
Pimnas, (3) pembinaan bakat dan minat, (4) peningka-
Merujuk pada tantangan dunia global dan kebijakan tan publikasi mahasiswa, (5) penguatan majemen lem-
umum pembangunan pendidikan tinggi itu, pada 2021, baga kemahasiswaan, (6) peningkatan karya prestisius
Undiksha menetapkan minimal lima program priori- mahasiswa, (7) peningkatan kinerja UKM, (8) pengua-
tas yang mesti dirujuk dan dikembangkan oleh semua tan soft skill dan entrepreneur mahasiswa, (9) diversifi-
civitas akademika, yaitu: (1) merujuk dan mendorong kasi program prestasi mahasiswa, dan (10) optimalisasi
income generating (beasiswa).
111