Page 115 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 115

LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
                                                                                              DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
            dalam melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) ung-
            gul memiliki peran yang sangat besar menghadapi era
            tersebut. Gerakan yang dilakukan tidak hanya terbatas
            pada transfer of knowledge yang sudah diatur melalui
            kurikulum.  Lebih  dari itu, juga  menjadikan para gen-
            erasi penerus bangsa sebagai generasi yang andal dan
            mampu memiliki daya saing tinggi, yang pada akhirn-
            ya turut  mendongkrak  daya saing bangsa dan negara
            di kancah internasional. Perguruan  tinggi harus dan
            mesti mengambil langkah-langkah strategis yang mam-
            pu menjadi “pisau bedah” dalam era revolusi industri
            4.0. Beberapa usaha yang dapat dilakukan, antara lain
            membekali multi-kompetensi/multi-skill kepada lulusan,
            mendorong pendidik/peserta didik harus aktif mengek-
            splorasi sumber belajar (learning resources) yang sangat
            melimpah di dunia maya, memberikan ruang dan waktu
            yang lebih luas kepada peserta didik untuk membangun
            kemampuan softskill-nya, seperti: interpersonal skill,   WAKIL REKTOR 2
            communication,  collaboration, creative thinking, ana-  “Menjadikan Undiksha semakin ber-
            lytical thinking, teamwork, dan sebagainya. Selain itu   daya saing, dan menjadi IRUEL, kita
            juga memaksimalkan kontribusi dalam “program pem-
            belajaran sepanjang hayat” (Lifelong Learning/Continu-  harus  membawanya  menjadi smart
            ing Learning), karena pendidikan tidak berhenti setelah   campus. Kita mesti  terus berbenah
            memperoleh  ijazah.  Pengetahuan,  keterampilan,  atau   dalam segala lini”
            kompetensi baru terus dibutuhkan sesuai dengan peru-
            bahan teknologi/pekerjaan.

            Saat ini, kompetisi di pasar kerja terjadi sangat ketat,   Smart Campus
            banyak pekerja asing yang masuk ke Indonesia untuk
            memenuhi lowongan pekerjaan yang ada. Di sisi lain,   Usia Undiksha masih terbilang muda, yaitu baru 28 ta-
            banyak industri, khususnya industri  yang bergerak di   hun. Muncul penilaian perguruan tinggi ini kecil, yang
            bidang teknologi digital tidak lagi mengandalkan ijazah   lokasinya cukup jauh dari ibu kota Bali, Denpasar. Na-
            formal,  tetapi lebih mengutamakan daya inovatif dan   mun demikian, Undiksha yang juga berstatus sebagai
            kreatifitas anak muda. Realitas ini mesti menjadi per-  Lembaga  Pendidikan Tenaga  Kependidikan memiliki
            hatian  utama  untuk disikapi.  Perguruan tinggi  dapat   cita-cita yang besar, salah satunya menjadi smart kam-
            melakukan reorientasi kurikulum, dengan memberikan   pus untuk menjadikan semakin berdaya saing, terma-
            kesempatan kepada  peserta  didik untuk mengambil   suk dalam mewujudkan target Rektor untuk menjadikan
            mata kuliah di luar program studinya, baik di bidang   Undiksha sebagai International Reputable University in
            teknologi informasi dan komunikasi, bahasa, sosial hu-  Education and Leadership (IRUEL) pada tahun 2022.
            maniora, dan sebagainya.  Langkah  ini sebagai  salah   Mewujudkan cita-cita  itu, terdapat sejumlah program
            satu bentuk implementasi kebijakan Merdeka Belajar   yang dirancang. Pertama, dalam bidang perencanaan,
            yang  digulirkan Kementerian Pendidikan dan Kebu-  orientasi program tetap mengacu pada program priori-
            dayaan  Republik Indonesia. Hal  ini diharapkan dapat   tas pemerintah, program rencana strategis Kementerian
            memberikan  bekal kepada lulusan dalam kaitannya   Pendidikan dan Kebudayaan, program klasterisasi per-
            dengan literasi data, teknologi, dan humanities.  guruan tinggi, program sembilan standar BAN-PT, visi
                                                              dan misi Rektor, program rencana bisnis Undiksha dan
                                                              Indikator Kinerja Utama (IKU), maupun program oper-
                                                              asional rutin.
















                                                              Kedua, dalam bidang administrasi. Undiksha melakukan


                                                           115
   110   111   112   113   114   115   116   117   118   119   120