Page 54 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 54
Gambar ini menunjukkan tahapan pengenalan buku sejak dini. Gambar kiri Bu
Artini bersama cucu yang baru berumur 3 bulan yang dipangku dan diajak melihat
gamba-gambar sambal bercerita. Gambar kanan adalah saat bayi berusia 5 bulan
dan sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap buku dan gambar-gambar yang
ada di dalamnya. Kegiatan pengenalan buku dan membacakan cerita dijadwalkan
secara rutin dan sehingga semakin besar bayi semakin memiliki ketertarikan untuk
memilih sendiri buku yang disukainya dan mulai membuka halaman demi halaman
buku seperti gambar berikut.
Ini adalah pada saat bayi sudah berusia 6 bulan dan sudah memilih buku sendiri
dan membuka halaman demi halaman dan memperhatikan setiap gambar yang
ada.
4.3 Pengalaman dan Minat belajar tentang Literasi Awal
Pengalaman pribadi tentang kekuatan budaya membaca menginspirasi Bu
Artini untuk menekuni bidang Literasi Dini (Early Literacy) dalam penelitian
maupun karya-karyanya yang lain. Salah satu karya di bidang ini adalah buku yang
ditulis bersama koleganya yang berjudul: Literasi di Sekolah, dari Teori ke Praktek.
Pada tahun 2011, Bu Artini berkesempatan untuk belajar singkat (short course)
tentang Early Literacy di Indiana University, Bloomington, Amerika Serikat. Dalam
kegiatan ini dia belajar tentang tahapan membaca pada anak-anak, serta
pemilihan dan penggunaan bacaan yang tepat sesuai dengan usia dan tingkat
50