Page 34 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 34
Menjadi reviewer sama dengan belajar, dan merupakan
bagian dari kegiatan pengembangan profesi karena dengan
membaca artikel orang lain, kita akan selalu membaca isu-isu
terkini yang diteliti orang lain, yang kemudian dipublikasikan ke
jurnal. Disamping sebagai penambahan ilmu, menjadi reviewer
juga menambah wawasan dalam keterampilan menulis dalam
jurnal ilmiah. Membaca adalah awal untuk menjadi terampil
dalam menulis.
3.1.8 Menulis Puisi dan Menerbitkannya menjadi sebuah Antologi
Meskipun sudah menjadi guru besar, Bu Dewi masih
terus menulis. Menulis merupakan bagian dari kehidupan sehari-
hari. Baginya, ini adalah cara untuk „melarikan diri‟ dari
kegiatan-kegiatan lain yang membosankan. Jika terasa bosan
menulis hal-hal ilmiah yang “kaku”, Bu dewi akan loncat
menuangkan rasa dan emosi dalam sebuah puisi, ataupun
menulis pengalaman-pengalaman lain dalam sebuah buku. Ada
beberapa buku yang sudah diterbitkannya.
Meskipun Bu Dewi bukan orang yang memiliki latar
belakang pendidikan tentang sastra dan kesastraan, dia menulis
puisi sebagai upaya untuk menuangkah „sampah-sampah emosi‟
yang bertebaran di kepalanya. Dia menerbitkan beberapa buku
puisi, dua ditulis sendiri (dalam bahasa Indonesia dan bahasa
Inggris) dan ada satu lagi bersama-sama dengan dua kolega
lainnya.
Bu Dewi mengolah emosi dan menuangkan menjadi kata-
kata dalam sebuah untaian puisi, dan proses ini bisa membuat
dia nyaman, emosi tertuangkan tetapi tidak menyakiti orang
lain. Di samping itu, olahan emosi dalam puisi ini bisa dipakai
sebagai bahan ajar dalam pembelajaran bahasa, misalnya dalam
perkualihan Creative Writing, atau Analisis Wacana / Discourse
Analysis.
30