Page 33 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 33
universitas tersebut merupakan suatu prestasi. Bu Dewi
mendapatkan kesempatan untuk menjadi penguji pada tahun
2021 untuk mahasiswa S3 Program Linguistik untuk disertasi
tentang analisis wacana mengenai puisi kuno.
3.1.5 Menjadi penguji eksternal disertasi di sebuah universitas di
Australia Centre for Educational Research, Western Sydney
University, pernah mengundang Ibu Dewi sebagai external
examiner untuk disertasi S3 dengan judul “The scaffolding of
group work in teaching English as a foreign language(EFL) in
Indonesian primary classrooms” di tahun 2021. Pengalaman ini
merupakan sebuah prestasi karena pengalaman menulis dan
meneliti tentang scaffolding dan tentang kajian yang
berhubungan dengan pembelajaran bahasa Inggris di SD diakui
oleh universitas internasional sehingga dia dipilih untuk menjadi
penguji eksternal.
3.1.6 Menjadi reviewer untuk senior peneliti di bidang literasi untuk
dosen senior di Afrika Selatan Jejak digital dalam bidang literasi
membuat Bu Dewi diundang menjadi reviewer untuk menilai
senior peneliti dari Wits School ofEducation, University of the
Witwatersrand, Johannesberg Afrika Selatan. Tugas yang
dilakukan adalah menilai semua portofolio yang dibuat dalam
hal tulisan ilmiah yang dibuat oleh dosen/peneliti tentang
literasi dan apakah yang bersangkutan layak dipromosikan
menjadi peneliti senior dalam bidang literasi.
Penunjukkan sebagai reviewer oleh pihak Wits School of
Education menunjukkan bahwa jejak digital yang dimiliki Bu
Dewi sudah dianggap memadai secara internasional sehingga
layak dipilih untuk menilai kinerja dosen yang ada di negara lain.
3.1.7 Menjadi Reviewer untuk jurnal nasional dan jurnal internasional
bereputasi Jejak digital Bu Dewi juga memberikan kesempatan
kepadanya untuk dipercaya menjadi reviewer jurnal ilmiah
baik itu jurnal nasional maupun jurnal internasional. Beberapa
jurnal berikut menggunakan namanya
sebagai reviewer:
1) http://riset.unisma.ac.id/index.php/LTAR/about/displa
yMembers hip/156
2) https://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JOELE/about/dis
playMemb ership/58
3) https://jurnal.ikipsaraswati.ac.id/index.php/wacanasa
i
raswati/rev ewer
4) https://traverse.asia/editorial-board.php
5) https://ojs.unud.ac.id/index.php/ejl/index
6) https://www.asian-efl-journal.com/editorial-board/index.htm
7) https://edulearn.intelektual.org/index.php/EduLearn/a
bout/edito rialTeam
29