Page 32 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 32

dengan praktisi di bidang ini yang  ada  di  luar  negeri,  dia
                                  merasa  memiliki  bekal  yang  cukup  untuk  menangani  hal
                                  ini.

                 3.1.2      Sebagai Koordinator program Studi S2 Pendidikan Bahasa Inggris
                               Peran  dan  tugas  sebagai  Koorprodi  memberikan  banyak
                            sekali  pengalaman,  tidak  hanya  secara  administratif  dan
                            manajerial,  tetapi  juga  memiliki  kesempatan  yang  menambah
                            pengalaman  untuk  mengasah  kematangan  mental  dan
                            emosional terutama dalam penanganan mahasiswa-mahasiswa
                            dewasa dalam menyelesai program atau tesis yang dibuatnya.
                               Selama menjadi Korprodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris, hal-
                            hal  yang  paling  berkesan  dan  membentuk  kepribadian  serta
                            keterampilan  Bu  Dewi  dalam  berorganisasi  dan  mempimpin
                            sebuah Prodi adalah ketika Bu Dewi dan team mendapat tugas
                            menyiapkan  akreditasi  prodi.  Di  bawah  koordinator  Bu  Dewi,
                            team  harus  berusaha  keras  menyiapkan  semua dokumen yang
                            dibutuhkan  dalam  akreditasi  prodi.  Hal  yang  menarik  adalah
                            kesempatan  yang  dia  miliki  harus  mengembangkan  semua
                            instrumen  yang dibutuhkan  dan  mengatur  strategi,  agar  data-
                            data yang dibutuhkan untuk sebuah borang bisa tersedia untuk
                            memenuhi  nilai  maksimal.  Dia  mengembangkan  instrumen-
                            instrumen  sendiri  dan  sekaligus  membuat  laporan  agar
                            dokumen bisa disiapkan tepat waktu. Berkat kerja kerasnya dan
                            dokungan  pimpinan,  dan  didukung team  Prodi,  akhirnya  prodi
                            S2  Pendidikan  Bahasa  Inggris  mendapat  nilai  yang  sangat
                            bagus  yang  meyakinkan dan  berhak  mendapat  nilai A dengan
                            nilai 377.
                 3.1.3      Mengembangkan Kurikulum berbasis OBE
                            Outcome Based Education merupakan pelaksanaan pendidikan
                            yang  memberikan  penekanan  pada  gagasan  yang  dinyatakan
                            dengan  jelas  tentang  apa  yang  diharapkan  siswa  untuk
                            diketahui  dan  dapat  dilakukan  setelah  mereka  tamat,  baik  itu
                            yang  berkenaan  dengan  keterampilan  ataupun  pengetahuan
                            yang perlu mereka miliki, ketika mereka meninggalkan sekolah.
                            Pascasarjana  mulai  menerapkan  kurikulum  berbasis OBE  yang
                            banyak  digunakan  oleh  institusi  internasional.  Oleh  sebab  itu,
                            agar  S2  Pendidikan  Bahasa  Inggris  bisa  mendapat  pengakuan
                            dan  menerima  mahasiswa  asing,  maka  kurikulumnya  harus
                            diubah agar berbasis OBE.
                 3.1.4      Bu Dewi dan team harus mengembangkan kurikulum berbasis OBE dan
                            sebagai produknya, Kurikulum S2 Pendidikan Bahasa Inggris memiliki
                            kurikulum berbasis OBE yang sudah didaftarkan dengan HKI. Menjadi
                            penguji Program Doktor di Universiti Malaya, Malaysia
                                   Universiti Malaya merupakan salah satu universitas yang
                            masuk  dalam  daftar  100  universitas  top  di  dunia,  sehingga
                            dipilih  untuk  menjadi  penguji  luar  untuk  program  doctor  di



                                                      28
   27   28   29   30   31   32   33   34   35   36   37