Page 37 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 37

3.1.1             Dosen Berprestasi Terbaik

                                   Sesuai  dengan  piagam  berikut  ini,  prestasi  lain  yang
                            pernah diperoleh adalah sebagai dosen berprestasi terbaik yang
                            diberikan  oleh  Fakultas       Bahasa     dan    Seni    Undiksha.
                            Penghargaan ini memberikan semangat kepadanya tentang apa
                            arti  komitmen  dalam  mengajar,  tentang  makna  pelayanan
                            untuk mahasiswa.




















                               Mahasiswa  adalah  sumber  informasi  yang  bisa  dipakai
                            sebagai  salah  satu  indikator  apakah  strategi  mengajar  sudah
                            diterima  dengan  baik  dan  mahasiswa  merasa  nyaman  serta
                            terinspirasi dalam belajar. Ada kalanya apa yang dianggap baik
                            dan benar oleh dosen, tidak diterima seperti apa adanya oleh
                            mahasiswa.  Oleh  sebab  itu,  sebagai  dosen  perlu  memahami
                            peserta  didik  dalam  memberikan  pembelajaran,  dan  berupaya
                            mengadaptasi      pembelajaran      secara    kontekstual    sesuai
                            kebutuhan  mereka.  Jadi  mengajar  mereka  bukan  sekedar
                            mentransfer informasi dari  sebuah buku dan diberikan kepada
                            mahasiswa tanpa mengolah informasi. Tetapi dibutuhkan lebih
                            banyak  proses  sebelumnya  yaitu  mengolah  informasi  dari
                            sebuah sumber, menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan
                            mahasiswa,      menyisipkan      dengan     nilai-nilai   kehidupan
                            kontekstual,  sehingga pembelajaran  yang  diterima  mahasiswa
                            “down  to  earth”,  mudah diimplementasikan  dan  jadi  acuan
                            dalam hidup.

                 3.1.2      Sebagai  Ketua  Program  Studi  Pendidikan  Bahasa  Jepang  Undiksha
                            Dalam  perjalanannya  mengabdi  di  Undiksha,  Bu  Dewi  pernah
                            ditugaskan  sebagai  Koordinator  Program  Studi  pendidikan  Bahasa
                            Jepang  ketika  dosen-dosen  di  Prodi  Pendidikan  Bahasa  Jepang belum
                            memenuhi  persyaratan  untuk  menjadi  Koordinator  sebuah  program
                            studi.  Dalam tugasnya,  Bu  Dewi  berhasil  mengantarkan  dua  lembaga
                            (saat  itu)  Diploma 3  Pendidikan  Bahasa  Jepang  dan  S1  Pendidikan




                                                      33
   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41   42