Page 37 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 37
3.1.1 Dosen Berprestasi Terbaik
Sesuai dengan piagam berikut ini, prestasi lain yang
pernah diperoleh adalah sebagai dosen berprestasi terbaik yang
diberikan oleh Fakultas Bahasa dan Seni Undiksha.
Penghargaan ini memberikan semangat kepadanya tentang apa
arti komitmen dalam mengajar, tentang makna pelayanan
untuk mahasiswa.
Mahasiswa adalah sumber informasi yang bisa dipakai
sebagai salah satu indikator apakah strategi mengajar sudah
diterima dengan baik dan mahasiswa merasa nyaman serta
terinspirasi dalam belajar. Ada kalanya apa yang dianggap baik
dan benar oleh dosen, tidak diterima seperti apa adanya oleh
mahasiswa. Oleh sebab itu, sebagai dosen perlu memahami
peserta didik dalam memberikan pembelajaran, dan berupaya
mengadaptasi pembelajaran secara kontekstual sesuai
kebutuhan mereka. Jadi mengajar mereka bukan sekedar
mentransfer informasi dari sebuah buku dan diberikan kepada
mahasiswa tanpa mengolah informasi. Tetapi dibutuhkan lebih
banyak proses sebelumnya yaitu mengolah informasi dari
sebuah sumber, menyesuaikan dengan kondisi dan kemampuan
mahasiswa, menyisipkan dengan nilai-nilai kehidupan
kontekstual, sehingga pembelajaran yang diterima mahasiswa
“down to earth”, mudah diimplementasikan dan jadi acuan
dalam hidup.
3.1.2 Sebagai Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha
Dalam perjalanannya mengabdi di Undiksha, Bu Dewi pernah
ditugaskan sebagai Koordinator Program Studi pendidikan Bahasa
Jepang ketika dosen-dosen di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang belum
memenuhi persyaratan untuk menjadi Koordinator sebuah program
studi. Dalam tugasnya, Bu Dewi berhasil mengantarkan dua lembaga
(saat itu) Diploma 3 Pendidikan Bahasa Jepang dan S1 Pendidikan
33