Page 143 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 143

direvitalisasi dengan tidak hanya mengelola lab-lab fisik yang bersifat offline, namun
                  pengembangan  lab  virtual  dengan  pembelajaran  digital  dan  daring  disiapkan
                  sehingga  bisa  menyesuaikan  dengan  perkembangan  jaman  dan  tuntutan  era
                  pembelajaran abad ke-21 dan revolusi industri 4.0 saat ini.
                         Di luar lembaga, ia aktif menjadi Board Member di dua asosiasi di Indonesia.
                  Ia  membantu  sebagai  Direktur  Pengembangan  Program  di  Indonesia  Technology
                  Enhanced Language Learning (iTELL) dan juga sebagai pendiri dan anggota inti tetap
                  dan  juga  dipercaya  menjadi  Direktur  Divisi  Pengabdian  di  Indonesian  Extensive
                  Reading Association (IERA). Ia juga aktif sebagai anggota asosiasi di TESOL, Asia
                  Pacific  Association  on  Computer  Assisted  Language  Learning  (APACALL),  dan
                  TEFLIN. Ia juga aktif berperan sebagai Pendiri dan Direktur dengan Yayasan yang ia
                  dirikan untuk membantu pendidikan dan aspek sosial pihak-pihak, khususnya anak-
                  anak  kurang  mampu  dengan  memberikan  edukasi  dan  pendidikan  karakter  secara
                  terus  menerus  di  seluruh  Bali.  Sampai  saat  ini,  ia  juga  adalah  Leading  Trainer  di
                  British Council Indonesia yang melatih duru-guru di seluruh Indonesia keterampilan-
                  keterampilan inti yang diperlukan untuk bisa berperan di dunia saat ini.
                         Dalam hal karya akademik, ia juga aktif berkecimpung di dunia penulisan, baik
                  sebagai  penulis  artikel,  bab  buku,  buku,  prosiding,  maupun  sebagai  editor  jurnal,
                  editor artikel, dan penelaah naskah artikel. Beberapa peran terkait ini di level jurnal
                  bereputasi  meliputi  peran  sebagai  editor  artikel  di  SAGE  Open  (Scopus  Q1),
                  penelaah  naskah  artikel  di  jurnal  TESOL  (Scopus  Q1),  TESL  EJ  (Scopus  Q1),
                  Frontiers  in  Psychology  (Scopus  Q1),  Sustainability  (Scopus  Q1),  Springer  Nature
                  Social  Sciences  (Scopus  Q1),  Kasertsart  Journal  of  Social  Sciences  (Scopus  Q2),
                  Journal  of  English  as  a  Foreign  Language  (JEFL)  (Sinta  2),  Journal  of  English
                  Education  and  Linguistic  Studies  (JEELS)  (Sinta  2),  Jurnal  Ilmu  Sosial  dan
                  Humaniora (JISH) (Sinta 2), Journal of Educational Technology (JET) (Sinta 2), dan
                  banyak lagi, baik di dalam maupun di luar institusi.

                  12.2   Pengalaman Organisasi
                         Sejak kecil, Pak Hery suka berorganisasi. Di SD, ia aktif mengikuti Pramuka.
                  Dari  sini,  ia  banyak  belajar  tentang  kepemimpinan,  kolaborasi,  dan  keterampilan-
                  keterampilan  dasar  di  alam.  Di  tingkat  SMP,  ia  mencoba  organisasi  Palang  Merah
                  Remaja  (PMR)  agar  mendapat  pengalaman  baru.  Dari  organisasi  ini,  ia  belajar
                  banyak hal juga, seperti penanganan dan pengobatan tingkat dasar, kolaborasi tim,
                  keterampilan  mengambil  keputusan,  dan  bertukar  ide  dalam  komunikasi  baik  antar
                  tim.  Di  tingkat  SMA,  ia  kembali  mencoba  organisasi  berbeda  dengan  tujuan
                  menambah pengalaman yang perlu, yaitu Pecinta Alam. Dari organisasi ini, ia banyak
                  sekali belajar keterampilan bertahan hidup ketika naik gunung atau berkemah di alam
                  bebas,  membuka  jalur  baru  di  tengah  hutan  dan  jurang,  membaca  arah  dan  mata
                  angin  dengan  kompas  atau  alat  sederhana  lainnya,  memasak  dengan  peralatan
                  seadanya, memotong jalur perjalanan dengan pengukuran, menyusuri jalur terjal, goa
                  dalam  saluran  air,  memasang  tenda  atau  bahkan  bivouac  –  semacam  tenda
                  sederhana  darurat  –  dan  tentunya  pelatihan  mental  tangguh  serta  kerja  sama  tim.
                  Organisasi-organisasi ini banyak sekali memberi pengalaman dan menumbuhkannya.
                  Ketika  masa  kuliah,  ia  aktif  di  kepengurusan  Himpunan  Mahasiswa  Program  Studi
                  (HMPS) dan mengikuti unit kegiatan semisal Teater.
                         Ketika  sudah  mulai  bekerja,  ia  memulai  karir  dengan  menjadi  pendidik  di
                  Jurusan  Pendidikan  Bahasa  Inggris  di  Undiksha.  Dalam  perjalanannya,  ia  bertemu
                  dengan  banyak  jejaring  di  bidang  Pendidikan  Bahasa  Inggris,  khususnya  yang
                  berkaitan dengan teknologi dan pihak-pihak yang bergerak di aktivitas sosial. Dalam

                                                             139
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148