Page 148 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 148

Inggris”  ini  terwujud  seiring  perkembangan  situasi  terkini  terkait  transformasi
                  perkembangan teknologi yang pesat, derasnya perubahan pada revolusi industri 4.0,
                  tuntutan  pembelajaran  abad  ke-21,  dan  munculnya  pandemi  yang  membuat
                  pergeseran  kebiasaan,  termasuk  di  aspek  pendidikan.  Para  guru  dan  calon  guru
                  harus  mengajar  dalam  situasi  yang  bisa  dikatakan  belum  ideal,  dalam  kondisi
                  terpaksa  dan  minim  bantuan,  baik  yang  sifatnya  teknis  seperti  kuota,  perangkat,
                  fasilitas  sampai  pemahaman  pedagogis  akan  pentingnya  integrasi  teknologi  yang
                  tepat  dan  relevan  agar  tercipta  pembelajaran  yang  bermakna.  Buku  ini  bertujuan
                  untuk  mendokumentasikan  cerita-cerita  para  guru  dan  calon  guru  yang  mengalami
                  pembelajaran  daring,  termasuk  tatap  muka  terbatas.  Tulisan-tulisan  ini  memuat
                  banyak hal menarik yang terjadi di masing-masing situasi sekolah di beberapa tempat
                  di Indonesia bahkan termasuk Filipina, permasalahan-permasalahan  yang ada, dan
                  bagaimana  proses  adaptasi  dengan  situasi  nyata  di  lapangan  dilakukan.  Buku  ini
                  berisi tulisan-tulisan sederhana namun penting untuk dibaca dan direplikasikan pada
                  situasi  yang  mirip.  Buku  ini  menunjukkan  pemanfaatan  teknologi  yang  efektif  dan
                  penguasaan pedagogi dan literasi digital sesuai perkembangan abad ke-21 saat ini di
                  masa pandemi dan sudah terbit serta tersedia dalam bentuk digital dan cetak. Buku
                  versi       digital     bisa        diperoleh       dari       Google        Book        di
                  https://bit.ly/integrasipembelajarandaring dan https://bit.ly/daringadaptif.
                         Saat ini, ICELLT terus menyiapkan tulisan-tulisan dan terdiri dari beberapa tim
                  penulis dengan sasaran beragam. Pak Hery berharap, semoga bisa membantu para
                  penulis yang bersemangat menulis untuk bisa berkarya dengan jalan positif dengan
                  tagline #writetogrow.

                  12.2.4    The Splash Magazine
                         Tahun  2007,  Pak  Hery  sempat  mengikuti  pelatihan  Newspaper  in  Education
                  (NIE) yang diselenggarakan oleh The Jakarta Post. Pelatihan ini menekankan pada
                  bagaimana  memanfaatkan koran-koran (bekas) sebagai  media/materi  pembelajaran
                  otentik,  khususnya  untuk  belajar  bahasa  Inggris.  Pelatihannya  sangat  menarik  dan
                  asyik. Dari pengalaman mengikuti pelatihan tersebut, Pak Hery kemudian mencoba
                  mereplikasikannya  pada  kelasnya.  Dimulai  dari  kelas  Writing,  ia  menularkan  ilmu
                  yang  diperoleh  semasa  pelatihan  tersebut  dengan  tujuan  membuat  sebuah  wadah
                  mengekspresikan gagasan, ide, dan karya dalam bentuk majalah. Dari sekian grup,
                  terpilihlah satu nama grup, yaitu “The Splash.” Tagline-nya adalah “Absolutely Fresh!”
                  Namanya  disepakati  oleh  semua  mahasiswa  yang  kemudian  bergabung  bersama
                  mendirikan majalah pertama di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Undiksha. Tahun
                  2008, The Splash secara resmi berdiri. Edisi pertamanya diluncurkan tanggal 1 Maret
                  2008.















                                           Gambar 9. Logo The Splash Magazine


                                                             144
   143   144   145   146   147   148   149   150   151   152   153