Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus berupaya meningkatkan kualitas layanan bidang teknologi informasi. Hal tersebut tidak hanya didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni di bidangnya. Lebih dari itu juga mengejar penerapan sistem manajemen mutu berstandar internasional ISO 9001:2015. Salah satunya di Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (UPT-TIK). Audit dilaksanakan secara daring pada 25 sampai 27 Juli 2022.
Acara ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I. Ia yang mewakili Rektor menyampaikan UPT TIK adalah unit yang kedua ingin menerapkan ISO 9001:2015 di Undiksha. “Setelah tahun lalu sudah dilakukan oleh FTK yang syukur sudah tersertifikasi,” terangnya.
Langkah Ini adalah salah satu komitmen dari rektor bahwa sebuah organisasi tidak boleh menutup mata terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam rangka melangsungkan aktivitas atau kegiatan operasional untuk meningkatkan daya saing dari sebuah organisasi. “Di tahun 2018 pada saat kepemimpinan Bapak Rektor, beliau meletakkan satu milestone yang sangat penting bagi Undiksha, yaitu terkait fokus teknologi informasi komunikasi. Jadi dalam kepemimpinan beliau menginginkan bahwa tidak ada lagi sistem-sistem yang bersifat sektoral dan semua terintegrasi dalam sebuah wadah yang dikelola oleh Unit Pelaksana Teknis Teknologi, Informasi, Komunikasi dan itu tertuang juga dalam organisasi tata kerja dari Undiksha,” katanya.
Disampaikan lebih lanjut, saat ini Undiksha telah memiliki sejumlah sistem informasi dalam rangka operasional, baik akademik maupun non akademik. “Dan saat ini Undiksha terus berbenah untuk menjadi salah satu Universitas yang harus menjadi trend setter university dan juga reputable university,” kata Rasben Dantes.
Penerapan sistem manajemen mutu berstandar internasional ISO 9001:2015 diharapkan dapat berdampak pada peningkatan kualitas layanan kepada publik, baik secara internal di Undiksha maupun publik secara eksternal. “Karena banyak sistem-sistem yang dikembangkan oleh UPT TIK juga melayani masyarakat yang ada di luar Undiksha. Baik itu penerimaan mahasiswa baru, pengesahan ijazah, transkrip dan lain sebagainya yang tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan dari Undiksha,” imbuhnya.
Sementara itu, Auditor, Poernomo Amiprodjo menjelaskan audit ini untuk meninjau kemampuan dan keefektifan sistem manajemen dalam memastikan kepatuhan yang berkesinambungan dengan persyaratan pelanggan, hukum dan peraturan dalam memenuhi tujuan yang ditentukan. Selain itu juga untuk meninjau pencapaian hasil yang diinginkan dari sistem manajemen organisasi, untuk meninjau kesesuaian sistem manajemen dengan kriteria yang dinyatakan, serta untuk memverifikasi perbaikan hasil audit sebelumnya. (hms)