Undiksha Lepas 1.741 Wisudawan Siap Kerja dan Berkarakter

Fakultas Teknik dan Kejuruan Undiksha Melepas 85 Calon Wisudawan Periode Agustus 2017
30 Agustus 2017
Ralat Pemanggilan Peserta PLPG Tahap I Rayon 121
31 Agustus 2017

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Bali melepas sebanyak 1.741 wisudawan/wisudawati dari berbagai program studi yang dilaksanakan selama dua hari bertempat di gedung Auditorium Kampus Tengah, Rabu (30/8). Lulusan yang sudah mengantongi ijazah resmi tersebut siap untuk terjun dalam dunia kerja di segala sektor.

Para wisudawan dilantik langsung Rektor Undiksha Dr. I Nyoman Jampel M.Pd. Dalam pelaksanaannya, periode wisuda agustus ini total melepas sebanyak 262 lulusan magister berbagai jenjang, sebanyak 1.332 lulusan strata satu (sarjana) dan juga sebanyak 147 orang lulusan diploma tiga. Dari periode wisuda ke-53, Undiksha Singaraja telah menamatkan 52.000 lebih mahasiswanya. Menurut Jampel, pada wisuda kali ini, prestasi membanggakan ditunjukkan oleh mahasiswa dengan peraih predikat cumlaude 464 orang.

“Visi kami masih tetap melahirkan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Kami juga menomorsatukan Tri harma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pengajaran, baru kemudian pada sektor penelitian dan pengabdian pada masyarakat” kata Rektor Undiksha, Dr I Nyoman Jampel M.Pd.

Undiksha, kata Jampel, kedepan tetap fokus pada tugas pokok yakni mencetak lulusan yang berkualitas dan berdaya saing baik guru maupun tenaga profesional. Rektor Jampel juga mengungkapkan, Undiksha dalam proses pendidikan dan pembelajaran tetap berpegang teguh pada pendidikan karakter dan moral, dengan tetap berdasar pada kerangka kualitas dan prestasi.

“Guna mencetak lulusan yang berdaya saing harus diperhatikan mengenai karakter dan moralnya. Seseorang dengan kemampuan intelektual dan moral yang sama baik, kami kira akan sangat mudah mencari pekerjaan atau bahkan membuka lapangan kerja,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan wisuda ke-53 Universitas Pendidikan Ganesha juga memberikan penghargaan kepada sejumlah mahasiswa yang meraih nilai puncak. Indeks prestasi komulatif tertinggi yakni 3,96 diraih Ni Luh Ayu Putri Utari, S.Pd dari Jurusan Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS). Penghargaan yang sama juga diberikan kepada tujuh mahasiswa lainnya yang meraih IPK tertinggi di masing-masing fakultas.

Diantaranya Gede Nugraha Sudarsana M.Pd, Fakultas Pascasarjana dengan IPK 3,82, Luh Putu Ayu Lakshemini Oka A.Md dari Fakultas MIPA dengan IPK 3,96, Putu Sindy Cintya Dewi Griadhi A.Md dari Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial dengan IPK 3,93, I Gede Fajar Dian Mahendra S.Pd dari Fakultas Ilmu Pendidikan dengan IPK 3,92, Ida Ayu Savitri A.Md dari Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,89, Sanaji S.Pd dari Fakultas Olahraga dan Kesehatan dengan IPK 3,88, dan Luh Putu Lya Anggriayani A.Md dari Fakultas Teknik dan Kejuruan dengan IPK 3,87.

Melalui pelaksanaan wisuda ke-53 ini, rektor Dr. I Nyoman Jampel M.Pd. berharap lulusan Undiksha tetap dapat membawa nama baik perguruan tinggi yang selama ini sudah diakui dapat melahirkan tenaga kerja, baik guru maupun tenaga profesional yang terampil dan berdaya saing.

Indonesia