Undiksha Lakukan Penarikan Mahasiswa KKN 2017

Fakultas Ekonomi Mendulang Emas Dan Perak dalam Pertandingan Basket
11 Agustus 2017
Pangdam Udayana Berikan Kuliah di Undiksha
15 Agustus 2017

Sebanyak 2247 mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang tersebar di seluruh desa di Bali dan 2 desa di 2 kabupaten di luar Bali telah selesai melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Penarikan mahasiswa KKN tahun 2017 dilaksanakan di Gedung Kesenian Gde Manik Singaraja (11/08), yang dihadiri langsung oleh perwakilan dari masing masing kabupaten yang diwakili oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga setempat.

Penyerahan kembali mahasiswa KKN dilakukan oleh Kadispora Provinsi Bali kepada Wakil Rektor I Undiksha Prof. Dr. IB Putu Arnyana, M.Si., mewakili Rektor Universitas Pendidikan Ganesha. Dalam acara penarikan tersebut dihadiri pula Mahasiswa, Ketua dan anggota LPM Undiksha, serta Panitia KKN.

Penarikan KKN dilakukan setelah mahasiswa mengabdi selama 40 hari. Melalui program KKN yang merupakan salah satu mata kuliah wajib bagi mahasiswa khususnya yang S-1, diharapkan mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar melalui keterlibatan secara langsung di masyarakat, memberikan kesempatan untuk mengembangkan pemikiran berdasarkan Ipteks secara dan multidisiplin. Selain itu, dapat pula untuk meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masalah yang dihadapi oleh masyarakat, meningkatkan kedewasaan dan kepribadian, meningkatkan daya saing nasional, dan jiwa peneliti, serta memelihara dan meningkatkan hubungan dan kerjasama antara Undiksha dan Pemerintah Daerah, instansi terkait dan masyarakat.

Kegiatan KKN yang telah menyasar 124 desa yang terdiri dari tujuh kabupaten di Bali dengan rincian Kabupaten Karangasem 51 desa, Kabupaten Klungkung 42 desa, Kabupaten Buleleng 12 desa, Kabupaten Bangli 8 desa, Kabupaten Badung 1 desa, Kabupaten Gianyar 2 desa, Kabupaten Jembrana 4 desa telah berlangsung dengan lancar. Pada tahun 2017 ini pula Undiksha melaksanakan kegiatan KKN diluar Bali untuk pertama kali, yang terlaksana di Kabupaten Lamongan Jawa Timur 1 desa, dan Kabupaten Lombok Utara 1 desa. Dengan berakhirnya kegiatan KKN ini, diharapkan para mahasiswa bisa menempatkan diri dengan baik di tengah-tengah masyarakat.

Indonesia