Siapkan Layanan Pendukung Civitas Akademika Undiksha, UPT-TIK Adakan Workshop Sistem Terpadu Universitas Pendidikan Ganesha (E-Ganesha) 

Panduan Administratif Orientasi Kehidupan Kampus (OKK) Tahun 2017
22 Juni 2017
Pelepasan Peserta KKN, Undiksha Komitmen Dukung Pembangunan Desa
23 Juni 2017

Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) menyelenggarakan workshop E-Ganesha yang diselenggarakan di UPT-TIK Undiksha (Rabu, 21/6/2017). Pelatihan tersebut diselanggarakan untuk mengoptimalkan peran layanan pendukung dengan sistem online yang mendukung proses kegiatan civitas Akademika di Undiksha.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Rektor I Prof. Dr. Ida Bagus Arnyana, M.Si. Dalam sambutannya, WR I menjelaskan bahwa dalam mendukung proses layanan di Undiksha diperlukan sebuah sistem yang terintegrasi, sistematis, dan menunjang kinerja antara dosen, pegawai dan mahasiswa. Dengan layanan ini, kegiatan maupun aktivitas yang dilaksanakan dapat direkam dan didokumentasikan dengan baik. Diharapkan melalui 10 sistem (e-ganesha) yang akan digunakan ini mampu mendukung proses akreditasi undiksha dan memberikan layanan yang lebih mudah. Wakil Rektor I juga menyampaikan bahwa tahun 2018 dicanangkan sebagai Tahun Teknologi Informasi bagi Undiksha. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Universitas yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Direktur Pascasarjana, Kabiro di lingkungan Undiksha, Ketua UPT di lingkungan Undiksha, Kabag di Lingkungan Undiksha, dan Kasubag di lingkungan Undiksha.

Sementara itu, Ketua UPT-TIK Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D. menekankan pada pengembangan sistem yang diselesaikan oleh UPT-TIK sebagai unit pengembangan sistem di Undiksha. Sistem yang dimaksud meliputi Sistem Kinerja, Sistem Pangkalan Data Dosen, Sistem Pangkalan Data Pegawai, Sistem Hukum dan Tata Laksana, dan Data Center. Semua sistem ini dapat diakses hanya dengan sekali login yang dikenal dengan sama SSO (Single Sign On). Jadi, dosen maupun pegawai hanya cukup memiliki satu username dan password.

Kegiatan utama workshop ini adalah pemaparan dari masing-masing pengembang sistem mengenai sistem yang telah dirancang.  Diharapkan dengan workshop ini sistem E-Ganesha dapat dipergunakan dengan baik dan konsisten.

Indonesia