Pendidikan Teknik Informatika Gelar SENAPATI ke-8 Serangkaian HUT PTI ke-10

Jadwal PLPG Gelombang 1 Rayon 121 Undiksha 2017
8 September 2017
Undiksha Seminarkan Pendidikan Pancasila Untuk Guru
13 September 2017

Serangkaian HUT ke-10, Jurusan Pendidikan Teknik Informatika (PTI) kembali mengadakan SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN TEKNIK INFORMATIKA (SENAPATI) (9/9). Kegiatan SENAPATI dilaksanakan di Hotel Nikki Denpasar, dengan mengambil tema “BIG DATA in EDUCATION”. SENAPATI tahun ini mengundang tiga orang pembicara utama, yakni Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS, Ph.D, Dr. I Nyoman Sukajaya, M.T, dan Dr. Ketut Agustini, S.Si.,M.Si.

SENAPATI 2017 adalah SENAPATI ke-8 yang merupakan kegiatan berskala nasional, dimana kegiatan yang diadakan ini bertujuan untuk memfasilitasi bertemunya mahasiswa, praktisi, dan ahli bidang kependidikan dan teknologi informatika dalam sebuah forum ilmiah resmi dalam mensosialisasikan hasil studi, hasil-hasil penelitian, ataupun evaluasi kondisi terkini dari pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah di bidang kependidikan dan teknologi informatika.

Sesuai dengan tema yang diangkat, ketiga narasumber secara umum menyampaikan bahwa saat ini merupakan era “big data” atau data dalam skala besar. Disebut “big data” karena perkembangan data saat ini cukup pesat. Indonesia dikatakan sebagai penyumbang data yang cukup besar, dalam kaitannya dengan dunia pendidikan, hal tersebut tentu menjadi tantangan untuk mewujudkan tranformasi data ke big data dalam pencarian struktur ekosistem pendidikan yang tepat.

Selain diisi dengan presentasi dari pembicara kunci, kegiatan SENAPATI juga diisi dengan sesi paralel yang dihadiri oleh peneliti dari berbagai kampus di Indonesia, guna menyampaikan hasil penelitiannya serta saling berdiskusi terkait tema yang diangkat.

Indonesia