Ayo Kuliah di Undiksha

Audiensi Dengan Wantimpres
6 April 2017
ICIRAD 2017
18 April 2017

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada tahun ajaran baru ini siap membuka penerimaan mahasiswa baru sebanyak 3 ribu orang melalui tiga jalur. Selain menawarkan segudang beasiswa, universitas di Bali Utara ini juga menerapkan biaya pendidikan yang merakyat.

Rektor Undiksha, Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menjelaskan jika dibandingkan dengan 2016, jumlah penerimaan mahasiswa tahun ini lebih sedikit, yakni sekitar 3000 ribu orang. Penentuan itu salah satunya dilakukan berdasarkan fasilitas yang ada. “Pada 2016, kami menerima sekitar 3.200 orang, sehingga cukup padat untuk aktivitas pembelajaran,” ujarnya didampingi Wakil Rektor I,  Prof.  Dr.  Ida Bagus Arnyana, M. Si. dan Ketua Panitia Sosialisasi SNMPTN/SBMPTN 2017, Prof. Dr.  I Made Sutama,  M. Pd., Jumat (3/3).

Jalur penerimaan mahasiawa, sambungnya dilakukan melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang masing-masing kuotanya minimal 30 persen. Penerimaan juga dilakukan melalui jalur dengan kuota maksimal 30 persen. “Penerimaannya diprioritaskan pada dua jalur SNMPTN dan SBMPTN. Kalau itu sudah memenuhi maka tidak lagi dilakukan penerimaan pada jalur mandiri. Tetapi kalau dilihat pengalaman sebelumnya, beberapa prodi koutanya masih kurang dari penerimaan jalur SNMPTN dan SBMPTN,” sebutnya.

Lebih lanjut, Jampel memaparkan pendaftaran jalur SNMPTN sudah dibuka pada 21 Februari dan berakhir pada 6 Maret 2017 yang sebelumnya didahului pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dan verifikasi PDSS. Proses seleksinya akan berlangsung pada 16 sampai 15 Maret dan hasilnya diumumkan pada 26 April 2017 yang dapat diunduh pada lamanhttp://www.snmptn.ac.id.

Sementara untuk pendaftaran SBMPTN dilakukan secara online melalui websitependaftaran.sbmptn.ac.id. Pendaftaran sistem online untuk Paper Based Testing (PBT) dan Computer Based Testing (CBT) pada 11 April sampai 5 Mei 2017 pukul 22.00 Wib. Ujian tertulisnya akan diselenggarakan pada 16 Mei dan ujian keterampilan pada 17 Mei dan/atau 18 Mei 2017. Pengumuman hasil seleksi berlangsung pada 13 juni mulai pukul 17.00 Wita dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.ac.id. Khusus untuk jalur mandiri, pendaftaran dilakukan untuk prodi Diploma III yang dimulai sejak 20 Februari sampai dengan 31 Maret di panitia SMBJM Undiksha, Jalan Udayana Nomor 11 Singaraja. “Pengumuman lain berkaitan dengan jalur seleksi dapat dilihat websiteundiksha.ac.id atau menghubungi Humas melalui telepon (0362) 22570,” jelas Jampel.

Jampel menambahkan, sebagai perguruan tinggi negeri, dalam penerimaan mahasiwa, Undiksha menawarkan segudang program beasiswa, mulai dari bidik misi yang kuotanya 498 orang, PPA, ADik Papua, BI, Beasiswa Rektor Undiksha dan lain sebagainya. “Kami di undiksha juga menawarkan biaya pendidikan yang merakyat,”

Indonesia