Page 98 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 98
Universitas Pendidikan Ganesha dari Januari 2012 sampai Juli 2014. Sebagai seorang dosen
yang memiliki tugas untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, selain mengajar di
almamaternya, ia juga diberi tugas tambahan sebagai pengelola di beberapa jurnal
terakreditasi SINTA. Ia juga pernah diundang sebagai visiting scholar di Universitas
Oldenburg pada Juli 2019.
Publikasi Ilmiah
Keilmuannya di bidang linguistics telah menghasilkan berbagai tulisan yang dimuat
dalam jurnal nasional terakreditasi maupun internasional bereputasi. Beberapa tulisannya
yang berkolaborasi dengan dosen dari Universitas lain terbit di jurnal terindeks SCOPUS.
Berkolaborasi dengan peneliti lain, ia banyak mengkaji tentang pemerolehan bahasa pertama,
khususnya pemerolehan bahasa pertama bilingual. Ketertarikannya terhadap penelitian di
bidang pemerolehan bahasa anak terinspirasi dari penelitian Soenjono Dardjowidjojo dengan
karyanya yang dipublikasikan dalam sebuah buku berjudul “ECHA Kisah Pemerolehan
Bahasa Anak Indonesia”. Ia kemudian tertarik untuk meneliti pemerolehan bahasa anak-
anaknya yang dibesarkan dalam dua bahasa yang berbeda yakni Indonesia dan Jerman secara
simultan sejak lahir. Adapun tokoh-tokoh dalam bidang pemerolehan bahasa anak bilingual
(Bilingual First Language Acquisition) yang menginspirasi penelitian-penelitiannya
diantaranya Aafke Hulk, Annick de Houwer, Antonia Soriente, Elena Nicoladis, Fred
Genesee, Coralie Hervé, Johanne Paradis, Jürgen Meisel, Ludovica Serratrice , Natascha
Müller, Susanne Döpke, Tanja Kupisch, Virginia Yip & Stephen Matthews.
Berikut adalah beberapa publikasi yang dipilih untuk menggambarkan keahliannya:
Publikasi Ilmiah di Jurnal Internasional
Adnyani, N.L.P.S., Wisudariani, N.M.R., & Swandana,I.W. Lexical Development in an
Indonesian-Balinese bilingual child. Indonesian Journal of Applied Linguistics
(IJAL). (In Press)
Adnyani, N. L. P. S., & Pastika, I. W. (2016). Phonological development in the early speech
of an Indonesian-German bilingual child. Research in Language, 14(3), 329-350.
Adnyani, N. L. P. S., Beratha, N. L. S., Wayan Pastika, I., & Nyoman Suparwa, I. (2018).
The development of verbal morphology and word order in an Indonesian-German
bilingual child: A case study. Topics in Linguistics, 19(1), 33–53.
Adnyani, N. L. P.S., Beratha, N. L. S., Pastika, I. W., & Suparwa, I. N. (2018). The
development of verbal morphology and word order in an Indonesian-German
bilingual child: A case study. Topics in Linguistics, 19(1).
Suwastini, N. K. A., Adnyani, N. L. P. S., & Wiraningsih, P. (2020). An Analysis of
Interlanguage among EFL Students’ Speech Production in English Microteaching
Class. The Asian EFL Journal, 27 (4.5), 66–89.
Publikasi Ilmiah di Jurnal Nasional
Adnyani, N. L. P. S. (2021). EFL phonology: A case study of English fricative production by
Indonesian learners/fonologi bahasa Inggris sebagai bahasa asing: Studi kasus
pelafalan bunyi geser oleh mahasiswa Indonesia. Aksara, 33(2), 283-294.
94