Page 102 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 102
umur 1;2 sampai 1;5. Seminar Nasional Bahasa Ibu VIII (pp. 181-190).Universitas
Udayana
Puspawati, N. W. N., Suwastini, N. K. A., Hutapea, J. V., Dantes, G. R., & Adnyani, N. L. P.
S. (2021, March). Consumption and production of short film: Toward the
conceptualization of multimodal language learning for developing 6Cs skills in the
digital age. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1810, No. 1, p.
012054). IOP Publishing.
Buku Ajar/Referensi dan HKI
Selama berkarir sebagai dosen, ia berkolaborasi dengan
berbagai penulis untuk menyusun buku referensi dan bahan
ajar. Dengan pengalamannya bertugas sebagai ketua Unit
Layanan Bahasa membuatnya terinspirasi untuk
mengembangkan bahan ajar Bahasa Indonesia untuk Penutus
Asing (BIPA). Berkolaborasi dengan pengajar Bahasa
Indonesia dan mahasiswa, ia menyusun bahan ajar berupa buku
LKS untuk BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing).
Minatnya ke pengajaran Bahasa Inggris serta concern-nya dalam
melestarikan bahasa daerah Bali membuatnya bersama timnya
juga menyusun kamus Trilingual tiga bahasa (Indonesia-Bali-
Inggris). Berkolaborasi dengan pengajar bahasa Indonesia dan
bahasa Bali, kamus bergambar ini berisikan kosa kata dasar yang
bisa dipelajari untuk anak sekolah dasar kelas satu. Selain kosa
kata, kamus tersebut juga mencantumkan contoh penggunaan
katanya dalam sebuah kalimat sederhana.
Selain untuk pelajar bahasa Inggris di tingkat umum, ia juga
menyusun bahan ajar bahasa Inggris untuk pembelajar
berkebutuhan khusus, yaitu DHH (Deaf and Hard of Hearing).
Salah satu buku ajar yang disusunnya adalah kamus Trilingual
SIBI, ASL, dan KATA KOLOK. Kamus ini ditujukan untuk
pembelajar tuli bisu yang menggunakan tiga sistem bahasa isyarat
yang berbeda yaitu SIBI (nasional), ASL (internasional) dan KATA
KOLOK (bahasa Bali).
Berikut adalah karya buku referensi dan ajar yang telah disusun dan ber-ISBN.
98