Page 48 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 48
MICROTEACHING : UNTUK MENYIAPKAN 9786026428257 UNDIKSHA
GURU BAHASA JEPANG YANG PRESS
PROFESIONAL
(Penulis pertama)
PANDUAN PELAKSANAAN 9786026428288 UNDIKSHA
PEMBELAJARAN MIKRO PENDIDIKAN PRESS
BAHASA JEPANG
(penulis pertama)
PENGANTAR MICRO TEACHING 9786024251857 Rajawali Pers
(penulis Pertama)
SOSIOLINGUISTIK 9786022623847 Graha Ilmu
(Penulis pertama)
STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA 9786021213131 UNDIKSHA
(penulis utama) PRESS
Ada beberapa buku yang sedang dalam proses cetak, semoga
tahun ini buku baru akan bertambah lagi.
3.9 Menerbitkan Hak Kekayaan Intelektual
Sebagai seorang akademisi, Bu Dewi menerbitkan beberapa
produk dan telah didaftarkan untuk mendapatkan Hak Cipta. Jumlah
Hak Cipta yang dimiliki adalah berkenaan dengan beberapa buku,
instrumen, booklet panduan sebuah kegiatan, serta berkenaan
dengan produk terkait kurikulum.
3.10 Menjadi asesor internal Undiksha untuk borang sebelum
dikirim untuk Akreditasi oleh BAN PT
Ada beberapa pengalaman yang diberikan oleh pimpinan
kepada Bu Dewi yaitu menjadi asesor internal (“asesor bayangan”)
saat pimpinan lembaga melakukan simulasi sebelum Asesmen
Lapangan (AL) dilakukan oleh pihak assessor akreditasi.
Tugas ini pertama kali diberikan oleh seorang teman/panitia
ketika Undiksa akan akreditasi institusi beberapa tahun yang lalu.
Hal yang menarik untuk diceritakan adalah informasi menjadi
assessor “bayangan” untuk persiapan akreditasi institusi saat itu
diberikan secara mendadak, yaitu sehari sebelum simulasi, padahal
dokumen borang saat itu lumayan tebal. Menariknya adalah saat itu
Bu Dewi masih dalam perjalanan dari Malaysia dan baru sampai di
Singaraja tengah malam, jadi otomatis tidak bisa membaca
dokumen tersebut. Kebanyakan orang pasti menolak tugas ini jika
kondisinya demikian, tetapi beberapa pertimbangan menyebabkan
Bu Dewi tidak menolaknya. Dengan kata lain, kepatuhan sama
pimpinan dan menghormati pilihan panitia dan sekaligus untuk
membantu panitia, Bu Dewi tidak bisa menolak tugas tersebut.
Meskipun tidak dapat membaca dokumen sama sekali,
pengetahuan tentang Undiksha secara umum dan pengalaman
yang berulang kali dalam menyusun borang akreditasi, sangat
cukup bagi Bu Dewi untuk bisa menemukan gap informasi dan
44