Page 40 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 40
3.1.1 Mengikuti kegiatan non-degree training di Indiana University
Pada tahun 2008, Bu Dewi bersama seorang kolega mengikuti
kegiatan non-degree training di Indiana University Amerika
Serikat selama 4 bulan. Bidang yang ditekuni adalah tentang
Teaching English for Young Learners. Beberapa hal baru
dipelajari saat itu adalah tentang Bilingualism dan Bilingual
Education, Differensiated Instruction dan tentang Early
Literacy. Hal ini kemudian memberikan inspirasi Bu Dewi untuk
memberdayakan TK/PAUD yang dibangunnya dan menjadi
filosofi utama dalam pembuatan SD yang dibangunnya.
3.1.2 Menjadi pembicara di beberapa konferensi internasional di luar
negeri Melalui hasil penelitian yang dilakukannya, Bu Dewi
secara konsisten rajin mempresentasikan topik-topik dalam
bidang Pembelajaran Bahasa Inggris dalam konferensi-
konferensi. Banyak negara yang sudah dikunjungi baik itu
Amerika, Australia, Hongkong, Korea, Jepang, dan negara-
negara ASIA lainnya. Perjalanan mengikuti konferensi-
konferensi ini membuat Bu Dewi tidak saja mengembangkan
pengalaman akademik tetapi juga mengembangkan network
dengan berbagai pihak di luar negeri.
3.1.3 Mengunjungi beberapa sekolah di luar negeri untuk bench
marking tentang penerapan pendidikan anak berkebutuhan
khusus. Kegiatan lain yang sangat penting dalam pengembangan
profesional yang telah dilakukan Bu Dewi adalah melakukan
kunjungan ke sekolah- sekolah di luar negri. Secara teoritis, hal-
hal baru bisa kita pelajari dan pahami dengan membaca teori-
teori terkait yang tersedia di berbagai sumber baik dalam
buku-buku yang diterbitkan penerbit terkenal atau membaca
artikel-artikel diterbitkan dalam jurnal-jurnal bereputasi. Tetapi
praktek-praktek baik suatu implementasi teori akan bisa kita
pelajari dan saksikan dengan berkunjung langsung dan
mengobervasi penerapannya. Bu dewi mendapatkan
kesempatan dan bisa mengobservasi bagaimana suatu konsep
diimplementasikan dalam dunia nyata, melakukan kunjungan
langsung ke sekolah-sekolah ternama, mengobervasi proses
pembelajarannya dan melihat secara langsung penataan dan
pengaturan berbagai fasilitas pendukungnya. Hal ini sangat
inspiratif dan mampu meningkatkan pengetahuan dan
pengembangan profesi untuknya. Hal ini dilakukan pada bulan
Februari 2020. Beberapa sekolah yang ada di Melbourne
Australia dikunjungi, dia mengobervasi langsung penerapan
literasi, pembelajaran inovatif yang ada, serta tentang
pelaksanaan pendidikan anak berkebutuhan khusus di sekolah
yang menerapkan sistem inklusi. Beberapa foto berikut
menunjukkan kegiatan kunjungan yang pernah dilakukan.
36