Page 111 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 111
Pekerjaan mengajar pertamanya di sekolah umum dimulai segera
setelah dia lulus pada tahun 2005. Dia bertanggung jawab atas siswa
kelas satu dan dua di sebuah Sekolah Dasar negeri di desa Gitgit, Bali.
Pengalaman awal ini membantu memperkuat pemahaman praktisnya
tentang mengajar pelajar muda karena tantangan menuntut solusi
kritis yang mungkin melampaui apa yang dia alami selama gelar
sarjananya. Kemampuan mengajar dan pemahaman pedagogisnya
dikembangkan lebih lanjut saat bekerja sebagai tutor bahasa Inggris
pada tahun 2005-2006 di kursus bahasa Inggris swasta bergengsi
bernama English First di Denpasar, Bali. Selama waktu ini, dia
bertanggung jawab untuk mengajar beberapa kelas tingkat pemula
serta bahasa Inggris kelas bisnis. Rekan-rekannya sebagian besar
adalah guru bahasa Inggris penutur asli. Karena banyak kelas yang
diajarkan dalam tim, komunikasi dan kerjasama antar guru cukup
intens selama periode ini. Dia menerapkan apa yang dia pelajari di
perguruan tinggi untuk digunakan, dan pengalaman langsung ini
membantunya meningkatkan keterampilan pedagogisnya, seperti cara
membuat rencana pelajaran yang ringkas namun efektif, cara memilih
materi yang sesuai, dan jenis tugas apa yang sesuai untuk
karakteristik siswa tertentu.
Mengajar di Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha
Selama tahun ajaran 2006-2007,
Bu Lokita bekerja sebagai dosen
untuk mahasiswa program sarjana
(Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris), dimana beliau mengajar
mata kuliah Intensive English
course, Writing course, and
Reading course Ia juga menjadi
.
anggota program pengabdian
masyarakat dengan dosen lain di
Figure 2 . Postingan Mahasiswa Kelas Microteaching berbagai sekolah dasar, serta
di FB
107