Page 68 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 68
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
(PISA) tahun 2019 menunjukkan kemampuan matem-
atika siswa masih rendah, berada di peringkat 72 dari
78 negara. Lebih lanjut, hasil penelitian dari Research
on Improvement of System Education (RISE) 2018,
menunjukkan kemampuan siswa memecahkan soal
matematika sederhana tidak berbeda secara signifikan
antara siswa baru masuk sekolah dasar (SD) dan yang
sudah lulus sekolah menengah atas (SMA).
Memperhatikan kondisi tersebut, akademisi Univer-
sitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berupaya men-
gambil langkah strategis dalam upaya peningkatan
kualitas pembelajaran matematika di Sekolah Dasar
(SD) melalui program Pengabdian kepada Masyarakat
(PKM). Program ini menyasar SD yang tergabung dalam
Gugus V Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.
Akademisi tersebut, I Putu Pasek Suryawan, S.Pd.,
M.Pd., Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.Pd., dan
Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, S.Kom., M.Pd.
Mereka yang tergabung dalam satu tim mengimplemen-
tasikan program dengan tajuk Aktivasi Sumber Belajar
Matematika Berbasis ICT dan Media Manipulatif Konk-
rit.
Dari data di atas dapat dilihat bahwa luaran terbesar di-
peroleh dari prosiding seminar nasional, yaitu sebanyak Pelaksanaan program yang didanai Direktorat Riset dan
254 buah. Jumlah tersebut sebagian besar dari kegia- Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ristek-Brin ini
tan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat terdiri dari penguatan kompetensi guru dalam pembela-
(SENADIMAS UNDIKSHA) Tahun 2020. Perbandingan jaran matematika melalui pemantapan materi ajar dan
jumlah artikel terbit di Senadimas di bandingkan di strategi pembelajarannya, perancangan dan pembuatan
seminar nasional lain dapat di lihat pada bagan berikut. media manipulatif konkrit (alat peraga matematika) dan
media matematika berbasis ICT untuk SD, pembuatan
Math Lab sebagai sebuah lab matematika mini yang
berada di ruang kelas, meningkatkan kemampuan guru
dalam mendesain pembelajaran matematika yang me-
nekankan aktivitas matematika (hand on – mind on),
dan membiasakan siswa melakukan eksplorasi matem-
atika secara mandiri di Math Lab. Upaya memfasilitasi
aktivasi sumber belajar matematika inovatif pada siswa
SD merupakan salah satu alternatif untuk mendukung
LPPM Undiksha juga menggenjot lahirnya produk-pro- paradigma pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.
duk inovasi maupun prototype yang diharapkan dapat
memberikan manfaat untuk masyarakat maupun indus-
tri. Pada tahun 2020, terdapat 12 prototipe industri.
Jumlah ini lebih tinggi besar dari target sebanyak 7
protitipe. Sementara untuk produk inovasi, terdapat 7
produk. Jumlah ini juga melampui target sebanyak 5
produk. Sedangkan jumlah kekayaan intelektual yang
didaftarkan sebanyak 136, lebih besar dari target se-
banyak 110.
LENSA PKM UNDIKSHA
Aplikasikan Aktivasi Sumber Belajar Matematika Inova-
tif di SD Gugus V Kecamatan Kintamani
Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam P2M Undiksha di Desa Bengkala, Tingkatkan Produksi
kehidupan manusia. Bahkan penguasaan terhadap pe- dan Inovasi Usaha Loloh Kunyit di Masa Pandemi
lajaran ilmu pasti ini sering dijadikan tolak ukur kema-
juan sebuah bangsa. Di Indonesia, berdasarkan hasil Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) berupa
studi Programme for International Students Assessment pengembangan usaha loloh kunyit di Desa Bemgkala,
68