Page 68 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 68

LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
            DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
                                                              (PISA) tahun 2019 menunjukkan kemampuan matem-
                                                              atika siswa masih rendah, berada di peringkat 72 dari
                                                              78 negara. Lebih lanjut, hasil penelitian dari Research
                                                              on Improvement  of System Education (RISE) 2018,
                                                              menunjukkan kemampuan siswa  memecahkan soal
                                                              matematika sederhana tidak berbeda secara signifikan
                                                              antara siswa baru masuk sekolah dasar (SD) dan yang
                                                              sudah lulus sekolah menengah atas (SMA).

                                                              Memperhatikan kondisi tersebut, akademisi Univer-
                                                              sitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berupaya men-
                                                              gambil  langkah  strategis dalam  upaya  peningkatan
                                                              kualitas pembelajaran  matematika di  Sekolah  Dasar
                                                              (SD) melalui program Pengabdian kepada Masyarakat
                                                              (PKM). Program ini menyasar SD yang tergabung dalam
                                                              Gugus V Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli.
                                                              Akademisi tersebut, I Putu Pasek Suryawan, S.Pd.,
                                                              M.Pd., Gusti Ngurah Sastra Agustika, S.Si., M.Pd., dan
                                                              Adrianus I Wayan Ilia Yuda Sukmana, S.Kom., M.Pd.
                                                              Mereka yang tergabung dalam satu tim mengimplemen-
                                                              tasikan program dengan tajuk Aktivasi Sumber Belajar
                                                              Matematika Berbasis ICT dan Media Manipulatif Konk-
                                                              rit.
            Dari data di atas dapat dilihat bahwa luaran terbesar di-
            peroleh dari prosiding seminar nasional, yaitu sebanyak  Pelaksanaan program yang didanai Direktorat Riset dan
            254 buah. Jumlah tersebut sebagian besar dari kegia-  Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ristek-Brin ini
            tan Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat  terdiri dari penguatan kompetensi guru dalam pembela-
            (SENADIMAS UNDIKSHA) Tahun 2020. Perbandingan  jaran matematika melalui pemantapan materi ajar dan
            jumlah  artikel  terbit di  Senadimas di  bandingkan di  strategi pembelajarannya, perancangan dan pembuatan
            seminar nasional lain dapat di lihat pada bagan berikut.  media manipulatif konkrit (alat peraga matematika) dan
                                                              media matematika berbasis ICT untuk SD, pembuatan
                                                              Math Lab sebagai sebuah lab matematika mini yang
                                                              berada di ruang kelas, meningkatkan kemampuan guru
                                                              dalam mendesain pembelajaran matematika yang me-
                                                              nekankan aktivitas matematika (hand on – mind on),
                                                              dan membiasakan siswa melakukan eksplorasi matem-
                                                              atika secara mandiri di Math Lab. Upaya memfasilitasi
                                                              aktivasi sumber belajar matematika inovatif pada siswa
                                                              SD merupakan salah satu alternatif untuk mendukung
            LPPM Undiksha juga menggenjot lahirnya produk-pro-  paradigma pendidikan di Era Revolusi Industri 4.0.
            duk inovasi maupun prototype yang diharapkan dapat
            memberikan manfaat untuk masyarakat maupun indus-
            tri. Pada tahun 2020, terdapat 12 prototipe industri.
            Jumlah  ini lebih  tinggi  besar  dari  target  sebanyak 7
            protitipe. Sementara untuk produk inovasi, terdapat 7
            produk. Jumlah  ini juga  melampui target  sebanyak 5
            produk. Sedangkan jumlah  kekayaan  intelektual yang
            didaftarkan sebanyak 136, lebih besar dari target se-
            banyak 110.


            LENSA PKM UNDIKSHA
            Aplikasikan Aktivasi Sumber Belajar Matematika Inova-
            tif di SD Gugus V Kecamatan Kintamani


            Matematika memiliki peran yang sangat penting dalam  P2M Undiksha di Desa Bengkala, Tingkatkan Produksi
            kehidupan manusia. Bahkan penguasaan terhadap pe-  dan Inovasi Usaha Loloh Kunyit di Masa Pandemi
            lajaran ilmu pasti ini sering dijadikan tolak ukur kema-
            juan sebuah  bangsa.  Di Indonesia, berdasarkan hasil  Program Pengabdian kepada Masyarakat (P2M) berupa
            studi Programme for International Students Assessment  pengembangan usaha loloh kunyit di Desa Bemgkala,

                                                            68
   63   64   65   66   67   68   69   70   71   72   73