Page 36 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 36

LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
            DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
            huan dan keterampilan, menguasai the emerging skill,  riset, dan sebagainya.
            yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif da-
            lam membangun the emerging business serta juga kom-  Penelitian dilakukan dengan mengacu pada  Rencana
            petitif dalam karakter. Hal demikian sangat penting bagi  Induk Penelitian (RIP) yang juga merujuk pada pengem-
            generasi penerus bangsa, seiring meningkatnya kompe-  bangan dan penemuan model serta materi pendidikan
            tisi global di era revolusi industri 4.0, yang diwarnai pe-  karakter  kebangsaan, yang diwadahi oleh Pusat Pe-
            rubahan semakin cepat dan persaingan semakin ketat.  nelitian.  Penelitian dilaksanakan dengan  berorientasi
                                                              pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
            Selain secara khusus dalam pembentukan  karakter,  secara global  dengan  berlandaskan pada  Tri Hita  Ka-
            Undiksha juga melakukan penguatan sumber daya  rana. Pelaksanaan penelitian juga didukung kerjasama
            manusia melalui implementasi Tri Dharma Perguruan  dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, dan dunia
            Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan  industri.
            pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan pendi-
            dikan dan pengajaran,  disiapkan kurikulum  pembela-  Program pengabdian kepada masyarakat menjadi pro-
            jaran yang relevan dengan kebutuhan. Undiksha telah  gram yang paling gencar dilaksanakan Undiksha. Pada
            melakukan reorientasi kurikulumnya di tahun 2019 un-  tahun 2020, Undiksha memberikan pendanaan kepada
            tuk mangadopsi tantangan di era revolusi industri 4.0  301 judul kegiatan pada dosen pengabdi dan terdapat
            dengan memberikan kesempatan kepada peserta didi-  16 kegiatan PkM yang didanai dari dana DRPM. Ter-
            knya untuk memperoleh literasi data, teknologi, dan hu-  dapat 437 orang dari total dosen aktif di Undiksha yang
            manities. Oleh karena itu, pada kurikulum 2019 pula,  terlibat dalam program ini. Program pengabdian dilaku-
            Undiksha sebenarnya telah menerapkan konsep merde-  kan dalam berbagai bidang, baik dalam satu bidang
            ka belajar dalam skala lebih kecil, dengan memberi-  keilmuan maupun yang sifatnya kolaboratif dengan
            kan kebebasan kepada peserta didik untuk mengambil  berbagai luaran, seperti modul pembelajaran, sistem in-
            matakuliah lintas prodi. Selain itu pula, Undiksha tel-  formasi dalam pengembangan pariwisata, dan berbagai
            ah melaksanakan beberapa kegiatan merdeka belajar,  jenis buku.
            seperti: asistensi mengajar di satuan pendidikan  dan
            membangun masyarakat/KKN tematik. Di tahun 2020  Kehadiran  pandemi Covid-19 juga  mendorong Un-
            pun kembali dilakukan perbaikan kurikulum  dengan  diksha untuk  semakin gencar melaksanakan program
            lebih merealisasikan konsep “merdeka belajar, kampus  pengabdian kepada  masyarakat. Sebagai  upaya  un-
            merdeka”, dengan memberikan kesempatan kepada pe-  tuk mencegah penyebaran virus yang telah mendunia
            serta didik untuk belajar di luar prodinya selama 3 se-  ini, Undiksha menyumbangkan alat pelindung diri dan
            mester (1 semester di luar prodi dalam perguruan tinggi  masker kepada para tenaga medis, masker untuk mas-
            dan 2 semester di luar prodi, di luar perguruan tinggi).  yarakat, dan fasilitas lainnya. Selain itu, Undiksha juga
            Implementasi “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” ber-  menyalurkan  bantuan  sembako kepada warga kurang
            tujuan untuk memberikan pengalaman lapangan lebih  mampu. Selain gerakan itu, akademisi Undiksha juga
            banyak dan lebih luas kepada para mahasiswa, serta  menggulirkan program inovasi. Pada tahun 2020, be-
            membekali multi-kompetensi/multi-skill  dengan mem-  berapa  diantaranya berupa peningkatan produksi dan
            berikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di  inovasi loloh kunyit di Desa Bengkala, Kabupaten Bule-
            luar bidang keilmuannya sebelum menyelesaikan stu-  leng,  penerapan  teknologi  termokramik buatan  untuk
            dinya di perguruan tinggi. Harapannya bahwa para lu-  menangani kesulitan bahan kerajinan cadas di Gianyar,
            lusan dapat terserap di lapangan kerja dengan baik dan  revitalisasi teknologi pewarnaan menggunakan dalam
            memperoleh pekerjaan yang layak.                  pelestarian endek khas Buleleng, produksi minyak atsiri
                                                              dengan bantuan fermentasi, produk dan teknologi kayu
            Sebagai upaya mempercepat terwujudnya visi, Undik-  sintetik diperkuat nanokomposit silika-karbon, produksi
            sha juga mendukung implementasi dalam bidang pen-  wine salak Bali dan produksi handsanitizer.
            didikan dan pengajaran  dengan perluasan kerjasama,  Selain itu, akademisi Undiksha juga membuat produk
            baik dengan  perguruan tinggi  dalam  negeri  maupun  protive. Beberapa diantaranya pelatihan dan pembua-
            luar negeri.  Kerjasama  yang  dilakukan berupa pertu-  tan alat pendeteksi  kebocoran LPG, pencegahan pa-
            karan mahasiswa (student exchange), pertukaran dosen  paran Covid 19 menggunakan Anticov 20, sistem word
            (faculty exchange), joint research, joint publication, in-  spotting untuk indeksasi koleksi citra digital lontar Bali,
            ternational credit transfer, dan sebagainya. Kerjasama  program IPTEKS bagi masyarakat minyak atsiri. Ada
            ini sudah berjalan dan terus ditingkatkan, baik dari sisi  pula pengolahan limbah serbuk gergaji kayu, dan se-
            kualitas maupun kuantitas peserta. Selain itu juga ter-  bagainya. Harapannya program serupa dapat semakin
            dapat  kerjasama  dengan  pemerintah  daerah  maupun  banyak dilahirkan oleh para akademisi sehingga mampu
            pihak swasta dalam implementasi kebijakan Merdeka  memberikan kontribusi dalam percepatan mewujudkan
            Belajar dan Kampus Merdeka yang  memberikan kes-  visi Undiksha maupun mewujudkan Indonesia maju.
            empatan  kepada  mahasiswa  mengasah  kompetensi
            melalui industri, masyarakat, satuan pendidikan, badan





                                                            36
   31   32   33   34   35   36   37   38   39   40   41