Page 36 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 36
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
huan dan keterampilan, menguasai the emerging skill, riset, dan sebagainya.
yang mampu mengisi the emerging jobs dan inovatif da-
lam membangun the emerging business serta juga kom- Penelitian dilakukan dengan mengacu pada Rencana
petitif dalam karakter. Hal demikian sangat penting bagi Induk Penelitian (RIP) yang juga merujuk pada pengem-
generasi penerus bangsa, seiring meningkatnya kompe- bangan dan penemuan model serta materi pendidikan
tisi global di era revolusi industri 4.0, yang diwarnai pe- karakter kebangsaan, yang diwadahi oleh Pusat Pe-
rubahan semakin cepat dan persaingan semakin ketat. nelitian. Penelitian dilaksanakan dengan berorientasi
pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Selain secara khusus dalam pembentukan karakter, secara global dengan berlandaskan pada Tri Hita Ka-
Undiksha juga melakukan penguatan sumber daya rana. Pelaksanaan penelitian juga didukung kerjasama
manusia melalui implementasi Tri Dharma Perguruan dengan perguruan tinggi lain, dunia usaha, dan dunia
Tinggi, yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan industri.
pengabdian kepada masyarakat. Terkait dengan pendi-
dikan dan pengajaran, disiapkan kurikulum pembela- Program pengabdian kepada masyarakat menjadi pro-
jaran yang relevan dengan kebutuhan. Undiksha telah gram yang paling gencar dilaksanakan Undiksha. Pada
melakukan reorientasi kurikulumnya di tahun 2019 un- tahun 2020, Undiksha memberikan pendanaan kepada
tuk mangadopsi tantangan di era revolusi industri 4.0 301 judul kegiatan pada dosen pengabdi dan terdapat
dengan memberikan kesempatan kepada peserta didi- 16 kegiatan PkM yang didanai dari dana DRPM. Ter-
knya untuk memperoleh literasi data, teknologi, dan hu- dapat 437 orang dari total dosen aktif di Undiksha yang
manities. Oleh karena itu, pada kurikulum 2019 pula, terlibat dalam program ini. Program pengabdian dilaku-
Undiksha sebenarnya telah menerapkan konsep merde- kan dalam berbagai bidang, baik dalam satu bidang
ka belajar dalam skala lebih kecil, dengan memberi- keilmuan maupun yang sifatnya kolaboratif dengan
kan kebebasan kepada peserta didik untuk mengambil berbagai luaran, seperti modul pembelajaran, sistem in-
matakuliah lintas prodi. Selain itu pula, Undiksha tel- formasi dalam pengembangan pariwisata, dan berbagai
ah melaksanakan beberapa kegiatan merdeka belajar, jenis buku.
seperti: asistensi mengajar di satuan pendidikan dan
membangun masyarakat/KKN tematik. Di tahun 2020 Kehadiran pandemi Covid-19 juga mendorong Un-
pun kembali dilakukan perbaikan kurikulum dengan diksha untuk semakin gencar melaksanakan program
lebih merealisasikan konsep “merdeka belajar, kampus pengabdian kepada masyarakat. Sebagai upaya un-
merdeka”, dengan memberikan kesempatan kepada pe- tuk mencegah penyebaran virus yang telah mendunia
serta didik untuk belajar di luar prodinya selama 3 se- ini, Undiksha menyumbangkan alat pelindung diri dan
mester (1 semester di luar prodi dalam perguruan tinggi masker kepada para tenaga medis, masker untuk mas-
dan 2 semester di luar prodi, di luar perguruan tinggi). yarakat, dan fasilitas lainnya. Selain itu, Undiksha juga
Implementasi “Merdeka Belajar, Kampus Merdeka” ber- menyalurkan bantuan sembako kepada warga kurang
tujuan untuk memberikan pengalaman lapangan lebih mampu. Selain gerakan itu, akademisi Undiksha juga
banyak dan lebih luas kepada para mahasiswa, serta menggulirkan program inovasi. Pada tahun 2020, be-
membekali multi-kompetensi/multi-skill dengan mem- berapa diantaranya berupa peningkatan produksi dan
berikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di inovasi loloh kunyit di Desa Bengkala, Kabupaten Bule-
luar bidang keilmuannya sebelum menyelesaikan stu- leng, penerapan teknologi termokramik buatan untuk
dinya di perguruan tinggi. Harapannya bahwa para lu- menangani kesulitan bahan kerajinan cadas di Gianyar,
lusan dapat terserap di lapangan kerja dengan baik dan revitalisasi teknologi pewarnaan menggunakan dalam
memperoleh pekerjaan yang layak. pelestarian endek khas Buleleng, produksi minyak atsiri
dengan bantuan fermentasi, produk dan teknologi kayu
Sebagai upaya mempercepat terwujudnya visi, Undik- sintetik diperkuat nanokomposit silika-karbon, produksi
sha juga mendukung implementasi dalam bidang pen- wine salak Bali dan produksi handsanitizer.
didikan dan pengajaran dengan perluasan kerjasama, Selain itu, akademisi Undiksha juga membuat produk
baik dengan perguruan tinggi dalam negeri maupun protive. Beberapa diantaranya pelatihan dan pembua-
luar negeri. Kerjasama yang dilakukan berupa pertu- tan alat pendeteksi kebocoran LPG, pencegahan pa-
karan mahasiswa (student exchange), pertukaran dosen paran Covid 19 menggunakan Anticov 20, sistem word
(faculty exchange), joint research, joint publication, in- spotting untuk indeksasi koleksi citra digital lontar Bali,
ternational credit transfer, dan sebagainya. Kerjasama program IPTEKS bagi masyarakat minyak atsiri. Ada
ini sudah berjalan dan terus ditingkatkan, baik dari sisi pula pengolahan limbah serbuk gergaji kayu, dan se-
kualitas maupun kuantitas peserta. Selain itu juga ter- bagainya. Harapannya program serupa dapat semakin
dapat kerjasama dengan pemerintah daerah maupun banyak dilahirkan oleh para akademisi sehingga mampu
pihak swasta dalam implementasi kebijakan Merdeka memberikan kontribusi dalam percepatan mewujudkan
Belajar dan Kampus Merdeka yang memberikan kes- visi Undiksha maupun mewujudkan Indonesia maju.
empatan kepada mahasiswa mengasah kompetensi
melalui industri, masyarakat, satuan pendidikan, badan
36