Page 35 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 35
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
UNDIKSHA BERKARYA
UNTUK INDONESIA MAJU
Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd / Rektor Undiksha
Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di dunia ngunan bangsa melalui penguatan sumber daya ma-
yang kaya akan sumber daya alam dan budaya menarg- nusia. Undiksha selalu siap berkarya untuk Indonesia
etkan menjadi negara maju pada tahun 2045. Berbagai maju, Indonesia yang tangguh, dan berdaya saing.
upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk memper-
cepat mewujudkan cita-cita tersebut. Pembangunan Mewujudkan sumber daya manusia unggul, Undiksha
infrastruktur sebagai salah satu strategi meningkatkan sebagai salah satu pendidikan tinggi yang bersandar
perekonomian masyarakat terus dikebut. Hal ini tidak pada keluhuran nilai-nilai pendidikan telah melak-
hanya terfokus pada daerah perkotaan ataupun ibu sanakan terobosan-terobosan baik dari sisi input,
kota. Tetapi sudah merambah hingga ke pelosok desa, proses, output, dan outcome. Diawali dengan sistem
bahkan menyasar daerah-daerah pedalaman. Dorongan rekrutmen yang profesional hingga peningkatan kual-
untuk bekerja cepat dan kompetitif yang berorientasi itas SDM yang dilakukan melalui pelatihan-pelatihan,
pada hasil pun tak henti-hentinya ditujukan kepada studi lanjut, dan program-program peningkatan SDM
masyarakat, terlebih para generasi muda yang kini san- unggul lainnya. Salah satu program yang dicanangkan
gat bersahabat dengan teknologi informasi. Undiksha adalah Internationalization at Home. Pro-
gram ini menjadikan Undiksha sebagai rumah belajar
Hal lain yang dianggap sebagai syarat negara untuk masyarakat internasional sekaligus untuk memberikan
mencapai status negara maju adalah sumber daya ma- ruang kepada civitas akademika dalam meningkatkan
nusia unggul, produktif, dan inovatif. Hal ini yang turut pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman internasi-
menjadi perhatian serius pemerintah Indonesia untuk onal yang menjadi tuntutan global saat ini.
dapat diwujudkan. Akan tetapi, langkah tersebut tidak
cukup diserahkan pada satu pihak, yaitu pemerintah Selain itu, Undiksha yang mengusung visi menjadi uni-
semata, melainkan perlu adanya dukungan dari pihak versitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana
lain, salah satunya perguruan tinggi. di Asia pada tahun 2045 memberikan kontribusi untuk
mewujudkan Indonesia maju melalui program character
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sebagai building bagi pendidik dan tenaga kependidikan serta
salah satu perguruan tinggi terakreditasi unggul memi- mahasiswa. Dengan kata lain, SDM Undiksha didorong
liki komitmen untuk terus berkontribusi dalam pemba- mampu kompetitif dalam penguasaan ilmu pengeta-
35