parallax background

Dapatkah Sistem Pengendalian Manajemen dan Manajemen Risiko Terintegrasi: Kajian Konseptual Pendekatan Kontinjensi dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perguruan Tinggi

Deskripsi Singkat:

Perubahan di era disrupsi pada hakikatnya tidak hanya berada pada perubahan cara atau strategi tetapi juga pada pada aspek fundamental bisnis. Implikasinya, pengelolaan organisasi tidak lagi berpusat pada individual, tetapi menjadi pembagian peran atau kolaborasi atau gotong royong (Kasali, 2017). Sistem pengendalian manajemen (SPM) merupakan salah satu aspek penting dalam perilaku organisasi. SPM bertujuan untuk menjamin tercapainya kinerja (Anthony et al., 1991). SPM digunakan untuk memastikan perusahaan mencapai kinerja yang telah ditetapkan dengan menggunakan informasi tersedia dan membandingkan hasil aktual dengan rencana (Waterhouse dan Tiesen, 1978; Fisher, 1998).

Desain SPM harus mempertimbangkan risiko yang dihadapi perusahaan yang akan berdampak terhadap kinerja (Widener, 2007). Risiko harus dikelola oleh organisasi dalam suatu manajemen risiko yang dikenal dengan konsep enterprise risk management (ERM) sebagai fenomena yang ditandai dengan penghitungan dan kuantifikasi yang diharapkan untuk mempengaruhi sistem pengendalian manajemen (Rad, 2016).

Pentingnya menganalisis SPM dan ERM berdasarkan argumen bahwa ERM memiliki peran dalam mengatur dewan dan direktur atau pimpinan organisasi. Hal ini dipandang sebagai aspek kritis dari sistem pengendalian organisasi yang berhubungan dengan identifikasi, penilaian, dan manajemen portofolio risiko yang dihadapi oleh entitas terkait dengan pencapaian sasaran dan tujuannya (Beasley et al., 2005; Mikes, 2009). Membangun sistem manajemen risiko organisasi memerlukan investasi dalam mengelola berbagai pertumbuhan risiko dalam lingkungan bisnis yang semakin bergejolak dan dinamis (Subramaniam et al., 2011). Integrasi SPM dan ERM dengan mempertimbangkan faktor kontinjen yang mempengaruhi pelaksanaan sistem tersebut akan menjadi penting bagi perusahaan baik privat maupun publik (seperti institusi pendidikan) dalam menjalankan aktivitas operasionalnya sehingga dapat mempengaruhi kinerjanya.

Jadwal Kegiatan: Jumat, 22 Mei 2020

Jam Pelaksanaan: Jam 14.00 – 15.00 wita


I Made Pradana Adiputra, S.E., S.H., M.Si.

Dosen Undiksha


Menjadi dosen sejak 2011 dan sebagai pengampu mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen, memerlukan perluasan wawasan dan kajian terhadap bidang tersebut sebagai dasar pengembangan materi kuliah SPM di masa yang akan datang. Dalam status masih menjalankan studi pada Prodi S3 Ilmu Akuntansi Program Pascasarjana FEB Universitas Indonesia, materi ini marupakan pemikiran dalam disertasi yang sedang disusun.


Form Pendaftaran

[gravityform id="29" title="false" description="false"]