Page 5 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 5

BAB 1
                                                  PENDAHULUAN


                             Visi  Program  Studi  S3  Pendidikan  Bahasa  Inggris  (PBI)  adalah
                      mengembangkan  inovasi  pendidikan  Bahasa  Inggris  berbasis  kearifan  lokal  dan
                      menjadi  rujukan  di  tingkat nasional  dan  internasional.  Berdasarkan  visi  tersebut,
                      empat  misi  program  studi  S3  PBI  dikembangkan  yaitu  menyelenggarakan
                      pendidikan dan pembelajaran yang melahirkan SDM yang kolaboratif, kompetitif, dan
                      berkarakter  pada  bidang  pembelajaran  bahasa  Inggris  berlandaskan  falsafah  Tri
                      Hita Karana; menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif
                      dalam  mengembangkan  ilmu  pengetahuan  dan  memecahkan  masalah  masyarakat
                      terkait  dengan  pendidikan  bahasa  Inggris  berlandaskan  falsafah  Tri  Hita  Karana;
                      menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang akomodatif, kompetitif, kolaboratif
                      dan inovatif dalam bidang bahasa pendidikan bahasa berlandaskan falsafah Tri Hita
                      Karana;  dan  menyelenggarakan  tatapamong  yang  akuntabel  dan  transparan
                      berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
                             Misi  yang  dikembangkan  tersebut  sejalan  dengan  tujuan  pendidikan  tinggi
                      seperti yang  dinyatakan  dalam  Peraturan  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayaan
                      Republik  Indonesia  Nomor  3  Tahun  2020  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan
                      Tinggi.  Pasal  3  menyatakan  bahwa  (1)  Standar  Nasional  Pendidikan  Tinggi
                      bertujuan untuk: a. menjamin tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi yang berperan
                      strategis  dalam  mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  memajukan  ilmu  pengetahuan
                      dan  teknologi  dengan  menerapkan  nilai  humaniora  serta  pembudayaan  dan
                      pemberdayaan  bangsa  Indonesia  yang  berkelanjutan;  b.  menjamin  agar
                      pembelajaran pada program studi, penelitian, dan pengabdian  kepada  masyarakat
                      yang  diselenggarakan  oleh  perguruan  tinggi  di  seluruh  wilayah  hukum  Negara
                      Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan
                      dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan c. mendorong agar perguruan tinggi
                      di  seluruh  wilayah  hukum  Negara  Kesatuan  Republik  Indonesia  mencapai  mutu
                      pembelajaran,  penelitian,  dan  pengabdian  kepada  masyarakat  melampaui  kriteria
                      yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan.
                             Sesuai  dengan  tujuan  SNPT  tersebut,  setiap  pendidikan  tinggi  memiliki
                      kewajiban untuk melaksanakan tri dharma untuk menjamin ketercapaian dari tujuan
                      tersebut.  Oleh  sebab  itu,  setiap  program  studi  di  pendidikan  tinggi  perlu
                      mengembangkan strategi pengembangan Prodi agar tujuan SNPT dan misi program
                      studi terlaksana secara efektif untuk menjamin tercapainya tujuan program studi.
                             Salah  satu  strategi  yang  dilaksanakan  oleh  S3  Pendidikan  Bahasa  Inggris
                      adalah membuat Kelompok Research (KR). Kelompok Research (KR) ini merupakan
                      wadah bagi dosen dengan bidang peminatan yang berkaitan dan saling melengkapi
                      untuk  bersama-  sama  mewujudkan  tujuan  utama  berdasarkan  roadmap
                      penelitiannya.  KR  ini  juga merupakan  suatu  upaya  peningkatan  kualitas  penelitian
                      yang dilakukan dosen dengan mengidentifikasi potensi dari tiap-tiap dosen yang ada
                      di  tiap-tiap  kelompok  untuk  secara bersama-sama  bisa  melakukan  inovasi-inovasi
                      penelitian dalam bidang terkait.
                      Ada empat KR yang dibentuk di S3 Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Kelompok Riset
                      dalam bidang English Language Education and Literacy  (Kajian Kependidikan Bahasa
                      Inggris dan Literasi); Kelompok   Riset   dalam   bidang   English and Linguistics



                                                           1
   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10