Page 5 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 5
BAB 1
PENDAHULUAN
Visi Program Studi S3 Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) adalah
mengembangkan inovasi pendidikan Bahasa Inggris berbasis kearifan lokal dan
menjadi rujukan di tingkat nasional dan internasional. Berdasarkan visi tersebut,
empat misi program studi S3 PBI dikembangkan yaitu menyelenggarakan
pendidikan dan pembelajaran yang melahirkan SDM yang kolaboratif, kompetitif, dan
berkarakter pada bidang pembelajaran bahasa Inggris berlandaskan falsafah Tri
Hita Karana; menyelenggarakan penelitian yang kompetitif, kolaboratif, dan inovatif
dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan memecahkan masalah masyarakat
terkait dengan pendidikan bahasa Inggris berlandaskan falsafah Tri Hita Karana;
menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang akomodatif, kompetitif, kolaboratif
dan inovatif dalam bidang bahasa pendidikan bahasa berlandaskan falsafah Tri Hita
Karana; dan menyelenggarakan tatapamong yang akuntabel dan transparan
berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.
Misi yang dikembangkan tersebut sejalan dengan tujuan pendidikan tinggi
seperti yang dinyatakan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan
Tinggi. Pasal 3 menyatakan bahwa (1) Standar Nasional Pendidikan Tinggi
bertujuan untuk: a. menjamin tercapainya tujuan Pendidikan Tinggi yang berperan
strategis dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan ilmu pengetahuan
dan teknologi dengan menerapkan nilai humaniora serta pembudayaan dan
pemberdayaan bangsa Indonesia yang berkelanjutan; b. menjamin agar
pembelajaran pada program studi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat
yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi di seluruh wilayah hukum Negara
Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu sesuai dengan kriteria yang ditetapkan
dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi; dan c. mendorong agar perguruan tinggi
di seluruh wilayah hukum Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai mutu
pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat melampaui kriteria
yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan Tinggi secara berkelanjutan.
Sesuai dengan tujuan SNPT tersebut, setiap pendidikan tinggi memiliki
kewajiban untuk melaksanakan tri dharma untuk menjamin ketercapaian dari tujuan
tersebut. Oleh sebab itu, setiap program studi di pendidikan tinggi perlu
mengembangkan strategi pengembangan Prodi agar tujuan SNPT dan misi program
studi terlaksana secara efektif untuk menjamin tercapainya tujuan program studi.
Salah satu strategi yang dilaksanakan oleh S3 Pendidikan Bahasa Inggris
adalah membuat Kelompok Research (KR). Kelompok Research (KR) ini merupakan
wadah bagi dosen dengan bidang peminatan yang berkaitan dan saling melengkapi
untuk bersama- sama mewujudkan tujuan utama berdasarkan roadmap
penelitiannya. KR ini juga merupakan suatu upaya peningkatan kualitas penelitian
yang dilakukan dosen dengan mengidentifikasi potensi dari tiap-tiap dosen yang ada
di tiap-tiap kelompok untuk secara bersama-sama bisa melakukan inovasi-inovasi
penelitian dalam bidang terkait.
Ada empat KR yang dibentuk di S3 Pendidikan Bahasa Inggris yaitu Kelompok Riset
dalam bidang English Language Education and Literacy (Kajian Kependidikan Bahasa
Inggris dan Literasi); Kelompok Riset dalam bidang English and Linguistics
1