Page 87 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 87
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 87
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
ta memperkuat peningkatan klasterisasi perguruan ma, program unggulan tersebut minimal melipu-
tinggi, (3) mendorong penguatan dan peningkatan ti: (1) penguatan internasionalisasi at home, (2)
komponen dan aspek akreditasi institusi dan pro- peningkatan publikasi ilmiah, (3) peningkatan
gram studi, (4) merujuk dan mendukung ketercapa- status akreditasi institusi dan program studi, (4)
ian kontrak kinerja kementerian pendidikan dan ke- penguatan mutu pembelajaran, (5) penguatan
budayaan dengan rektor, dan (5) memperkuat dan kurikulum, khususnya bidang vokasi, (6) akredita-
mempercepat tercapainya restrukturisasi kinerja si laboratorium, (7) penguatan Lembaga sertifikasi
kelembagaan dan terproduksinya SDM yang unggul. profesi, (8) peningkatan produktivitas dan efektivi-
tas kerjasama, (9) penguatan research investment,
dan (10) peningkatan hilirisasi inovasi. Sementara
pada bidang administrasi, keuangan, dan sumber
daya, program kegiatannya menukik pada upaya:
(1) percepatan kualifikasi SDM, (2) normalisasi ra-
sio guru besar dan lektor kepala, (3) kapitalisasi
SDM dan asset, (4) penguatan manajemen asset
dan SDM, (5) peningkatan digitalisasi layanan
kelembagaan, (6) optimalisasi kinerja BPU, (7)
penguatan tata kelola keuangan, (8) pemenuhan
rasio ideal sarana dan prasarana, (9) peningka-
tan income generating, dan (10) pemberlakuan
E-Budgetng secara total. Pada bidang kemaha-
Dalam rangka merealisasikan program tersebut, siswaan, program yang dikembangkan merujuk
diimbangin adanya pengembangan berbagai as- pada: (1) peningkatan prestasi akademik dan non
pek, antara lain melakukan digitalisasi pembe- akademik, (2) peningkatan capaian Pimnas, (3)
lajaran, penguatan conten e-learning, publikasi pembinaan bakat dan minat, (4) peningkatan pub-
ilmiah, dan pemerolehan HAKI atau hak paten likasi mahasiswa, (5) penguatan majemen lemba-
dosen maupun mahasiswa. Disamping itu, pro- ga kemahasiswaan, (6) peningkatan karya pres-
gram-program yang dikembangkan juga diarahkan tisius mahasiswa, (7) peningkatan kinerja UKM,
pada pencapaian status mandiri dalam bidang (8) penguatan soft skill dan entrepreneur maha-
penelitian dan pengabdian dari perspektif kelem- siswa, (9) diversifikasi program prestasi maha-
bagaan. Di bidang sarana dan prasarana serta siswa, dan (10) optimalisasi income generating .
SDM, program juga diarahkan pada upaya ter-
wujudnya idealisasi rasio SDM dengan layanan di Berbagai upaya yang digulirkan itu tidak han-
semua lini, serta terwujudnya sarana dan prasa- ya sebatas untuk mempercepat mewujudkan visi
rana yang memadai untuk lahirnya SDM yang un- Undiksha sebagai universitas unggul berlandas-
ggul dan kompetitif. Di bidang kemahasiswaan, kan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun
strategi yang dikembangkan bisa melalui pengua- 2045. Tetapi juga menjadikan Undiksha sebagai
tan jejaring prestasi mahasiswa terutama yang reputable international university dan trend set-
bersifat akademik dengan tanpa mengabaikan ter university, sesuai dengan visi rektor jabatan
pengembangan bakat dan minat mahasiswa. 2019-2023. Merealisasikan program-program
itu, dukungan civitas akademika tidak bisa dile-
Berdasarkan strategi pokok itu, ada penekanan paskan, dengan sanggup dan mampu berbenah
dan program-program prioritas yang menjadi ung- yang disandarkan pada satu dimensi tujuan, yai-
gulan dan sekaligus barometer efektivitas program tu keunggulan Undiksha dalam perspektif prestasi
itu sendiri. Pada bidang pendidikan dan kerjasa- akademik dan non akademik, menuju Undiksha
Unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana.