Page 87 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 87

LAPORAN TAHUNAN REKTOR    87
                                                                                          DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
            ta memperkuat peningkatan klasterisasi perguruan  ma,  program unggulan tersebut minimal melipu-
            tinggi, (3) mendorong penguatan dan peningkatan  ti: (1) penguatan internasionalisasi at home,  (2)
            komponen dan aspek akreditasi institusi dan pro-  peningkatan publikasi ilmiah,  (3) peningkatan
            gram studi, (4) merujuk dan mendukung ketercapa-  status akreditasi institusi  dan program studi, (4)
            ian kontrak kinerja kementerian pendidikan dan ke-  penguatan  mutu pembelajaran,  (5) penguatan
            budayaan dengan rektor, dan (5) memperkuat dan  kurikulum, khususnya bidang vokasi, (6) akredita-
            mempercepat  tercapainya  restrukturisasi  kinerja  si laboratorium, (7) penguatan Lembaga sertifikasi
            kelembagaan dan terproduksinya SDM yang unggul.   profesi, (8) peningkatan produktivitas dan efektivi-
                                                              tas kerjasama, (9) penguatan research investment,
                                                              dan (10) peningkatan hilirisasi inovasi. Sementara
                                                              pada bidang administrasi, keuangan, dan sumber
                                                              daya, program kegiatannya menukik pada upaya:
                                                              (1) percepatan kualifikasi SDM, (2) normalisasi ra-
                                                              sio guru besar dan lektor kepala, (3) kapitalisasi
                                                              SDM dan asset, (4) penguatan manajemen asset
                                                              dan SDM, (5) peningkatan digitalisasi layanan
                                                              kelembagaan, (6) optimalisasi kinerja BPU, (7)
                                                              penguatan tata kelola keuangan, (8) pemenuhan
                                                              rasio ideal sarana dan prasarana, (9) peningka-
                                                              tan income generating, dan (10) pemberlakuan
                                                              E-Budgetng secara total. Pada bidang kemaha-
            Dalam rangka merealisasikan program tersebut,  siswaan, program yang dikembangkan merujuk
            diimbangin adanya pengembangan berbagai as-       pada: (1) peningkatan prestasi akademik dan non
            pek, antara lain melakukan digitalisasi pembe-    akademik, (2)  peningkatan  capaian  Pimnas,  (3)
            lajaran,  penguatan conten e-learning, publikasi  pembinaan bakat dan minat, (4) peningkatan pub-
            ilmiah,  dan  pemerolehan  HAKI  atau  hak  paten  likasi mahasiswa, (5) penguatan majemen lemba-
            dosen maupun mahasiswa. Disamping itu, pro-       ga  kemahasiswaan,  (6) peningkatan karya  pres-
            gram-program yang dikembangkan juga diarahkan  tisius mahasiswa,  (7) peningkatan kinerja UKM,
            pada pencapaian status mandiri dalam bidang  (8) penguatan soft skill dan entrepreneur  maha-
            penelitian dan pengabdian dari perspektif kelem-  siswa,  (9)  diversifikasi  program  prestasi  maha-
            bagaan.  Di bidang  sarana  dan  prasarana  serta  siswa, dan (10) optimalisasi income generating .
            SDM, program juga diarahkan pada upaya ter-
            wujudnya idealisasi rasio SDM dengan layanan di  Berbagai upaya yang digulirkan  itu tidak han-
            semua lini, serta terwujudnya sarana dan prasa-   ya sebatas untuk mempercepat mewujudkan visi
            rana yang memadai untuk lahirnya SDM yang un-     Undiksha  sebagai  universitas unggul  berlandas-
            ggul dan kompetitif. Di bidang kemahasiswaan,  kan falsafah  Tri Hita Karana di Asia pada tahun
            strategi yang dikembangkan bisa melalui pengua-   2045. Tetapi juga menjadikan Undiksha sebagai
            tan jejaring prestasi mahasiswa terutama yang  reputable international university dan trend set-
            bersifat akademik dengan tanpa mengabaikan  ter university, sesuai dengan visi rektor jabatan
            pengembangan bakat dan minat mahasiswa.           2019-2023. Merealisasikan  program-program
                                                              itu, dukungan  civitas akademika tidak bisa dile-
            Berdasarkan strategi pokok itu, ada penekanan  paskan,  dengan sanggup  dan mampu berbenah
            dan program-program prioritas yang menjadi ung-   yang disandarkan pada satu dimensi tujuan, yai-
            gulan dan sekaligus barometer efektivitas program  tu keunggulan Undiksha dalam perspektif prestasi
            itu sendiri. Pada bidang pendidikan dan kerjasa-  akademik dan non akademik, menuju Undiksha
                                                              Unggul  berlandaskan falsafah  Tri Hita  Karana.
   82   83   84   85   86   87   88   89   90   91   92