parallax background

Produktif Menulis Di Masa Pandemi Covid-19

Deskripsi Singkat:

Salah satu cara berkomunikasi adalah melalui menulis. Menulis merupakan sebuah keterampilan produktif, yang sangat penting dikuasai oleh pebelajar dalam upaya mempelajari bahasa target. Bukan hanya pebelajar bahasa yang memerlukan keterampilan ini, mereka yang bergelut di dunia pendidikan, guru dan dosen wajib memiliki keterampilan menulis. Dalam upaya pengembangan profesi, mereka dituntut terampil menulis berupa makalah presentasi, artikel jurnal nasional atau internasional. Melalui menulis mereka dapat mengekspresikan buah pikiran dan perasaan, dapat menjelaskan sesuatu yang penting, dan bagi mereka yang tidak suka mengekspresikan dirinya secara lisan, mereka dapat mengutarakannya melalui kata-kata yang disusun secara tertulis.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, salah satu keterampilan yang bisa dilakukan untuk mencegah kebosanan tinggal dan berdiam di rumah dengan adanya aturan social dan phisical distancing adalah menulis. Keterampilan ini tidak membutuhkan banyak fasilitas. Bisa dilakukan kapan saja secara konvensional dengan hanya menyiapkan kertas dan pulpen saja atau dengan teknologi yang berkembang pesat saat ini seperti laptop, HP atau gadget lainnya. Terdapat tiga klasifikasi utama menulis yang bisa dilakukan sesuai dengan ketertarikan penulis, yaitu (1) menulis personal, (2) menulis transaksional, dan (3) menulis kreatif. Menulis adalah suatu proses menemukan dan mengorganisasikan ide, menyusunnya dalam bentuk sebuah tulisan dengan mengikuti persyaratan atau struktur tertentu sesuai dengan jenis tulisan. Semakin sering seseorang melatih kemampuan menulis, semakin baik kualitas menulis yang dimilikinya. Dengan kata lain, menulis merupakan sebuah proses yang panjang, tidak dapat diselesaikan dalam satu kali, namun proses ini perlu dipraktikan dan dilatih secara terus-menerus untuk memperoleh hasil yang optimal. Practice makes perfect.

Jadwal Kegiatan: Jumat, 26 Juni 2020

Jam Pelaksanaan: Jam 11.00 – 12.00 wita

 


Prof.Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.

Dosen Undiksha


"Ni Made Ratminingsih adalah seorang dosen dan guru besar di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang kesehariannya disibukkan oleh kegiatan rutin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris di almamaternya tercinta yang sekarang bernama Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) sejak tahun 1991. Kegiatan tulis menulis sudah digelutinya dalam puluhan tahun karirnya, baik itu mengajarkan menulis kepada para mahasiswanya, maupun menulis akademik pada berbagai jurnal ilmiah nasional dan internasional, termasuk menulis makalah untuk berbagai ajang konferensi nasional dan internasional. Lima karya monumental telah terpublikasi pada jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus sejak tahun 2015 dan puluhan makalah yang dipublikasikan pada prosiding nasional dan internasional telah dipresentasikan di beberapa negara, seperti Filipina, Jepang, Kamboja, Malaysia, dan Thailand. Sejak tahun 2015 penulis aktif berkontribusi menuliskan artikel opini di beberapa media cetak nasional, terutama Bali Post. Artikel-artikelnya yang berjumlah puluhan tersebut sudah diterbitkan dalam sebuah buku yang berjudul Pengajaran, Karakter, dan Cinta pada tahun 2019. Masa pandemi Covid-19 tidak memudarkan semangatnya menulis. Aturan social dan physical distancing yang mengharuskannya Work from Home (WFH) memotivasinya untuk lebih banyak memperoduksi tulisan. Dalam 2 bulan masa pandemi, 4 karya artikel opini di surat kabar telah terpublikasi di Bali Post dan akan disusul oleh tulisan-tilisan lainnya.
Yang bersangkutan juga mulai menjajal keterampilan menulis jenis baru berbentuk puisi dan sudah mengkreasikan 15 puisi selama masa pandemi ini. Tulisannya terakhir ini akan segera diterbitkan bersama dengan penulis lainnya dalam bentuk sebuah antologi puisi. Semoga karya-karyanya dapat menginspirasi generasi muda. "

Form Pendaftaran