parallax background

Memperkenalkan Permainan Olahraga Tradisional Dari Rumah

Deskripsi Singkat:

Mengenalkan Permainan Olahraga Tradisional dari Rumah I Ketut Semarayasa Semenjak virus korona memasuki Indonesia, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk mengurangi aktivitas masyarakat di luar rumah. Masyarakat dihimbau untuk bekerja dari rumah, belajar dari rumah, dan beribadah dari rumah. Dengan kebijakan ini, masyarakat memiliki banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga di rumah. Selama di rumah saja, ada banyak hal yang bisa kita lakukan bersama keluarga.

Salah satunya adalah dengan melakukan permainan olahraga tradisional bersama anak. Sebagai generasi Z, tidak sedikit dari anak-anak yang tidak tahu tentang bentuk-bentuk permainan olahraga tradisional, seperti cingklak, mekelas-kelasan, mepintil karet, macan-macanan, metembing, jangkrik-jangkrikan, mepintil, dan megala-gala. Mereka terbiasa terpapar dengan permainan berbasis teknologi yang ada di handphone atau laptop (game online). Game online tidaklah buruk, tetapi jika dimainkan sepanjang hari juga tidak baik bagi perkembangan dan kesehatan anak. Momen selama di rumah saja bisa dijadikan upaya pengenalan bentuk-bentuk permainan tradisional kepada anak sehingga anak-anak bisa bermain secara seimbang. Dalam mata kuliah online ini akan dijelaskan beberapa bentuk permainan olahraga tradisional yang bisa dimainkan di rumah dan bagaimana cara memainkannya. Dengan demikian, peserta kuliah bisa menerapkannya di rumah tidak hanya selama masa pandemi tetapi juga setelah pandemi berakhir.

Jadwal Kegiatan: Jumat, 26 Juni 2020

Jam Pelaksanaan: Jam 14.00 – 15.00 wita

 


Dr. I Ketut Semarayasa, S.Pd., M.Or.

Dosen Undiksha


Staf pengajar di Prodi Penjaskesrek, Jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Universitas Pendidikan Ganesha. Memegang mata kuliah Permainan Olahraga Tradisional.

Form Pendaftaran