parallax background

Data Pribadi: Permasalahan dan Pengamanannya

Deskripsi Singkat:

Data merupakan satu unsur yang sangat penting di era serba digital saat ini. Pengolahan data akan menghasilkan informasi yang sangat berharga guna memberikan arah dalam usaha-usaha perbaikan kualitas hidup baik dalam bentuk layanan, pengambilan keputusan, dan lain-lain. Namun demikian, informasi yang diperoleh dari data tersebut juga rentan untuk disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Data pribadi merupakan salah satu sasaran utama pihak-pihak tersebut dimana data pribadi tersebut baik secara langsung maupun kombinasi dengan data lainnya dapat merujuk pada identitas satu individu tertentu. Regulasi sudah tentu memegang peranan sangat penting. Tapi regulasi tidaklah berarti bila pemilik datanya sendiri atau lingkungan di sekitarnya tidak secara sadar menjaga data sensitif yang dimilikinya.

Dalam kuliah ini akan dijelaskan beragam jenis data pribadi, bagaimana data tersebut menjadi sangat sensitif, beberapa penyebab terjadinya pencurian data, dan bagaimana kita dapat menjaga sejauh mungkin data pribadi kita serta apa yang harus dilakukan apabila terjadi kasus-kasus bobolnya data dalam sistem yang melibatkan kita di dalamnya. Kuliah ini diharapkan dapat menciptakan sebuah kesadaran (awareness) terhadap pentingnya data pribadi kita.

Jadwal Kegiatan: Kamis, 21 Mei 2020    

Jam Pelaksanaan: Jam 10.00 – 11.00 wita


Kadek Yota Ernanda Aryanto, S.Kom., M.T., Ph.D.

Dosen Manajemen Informatika Undiksha


Dosen di Undiksha sejak 2005, saat ini aktif mengajar di Jurusan Teknik Informatika, FTK, serta di Prodi Ilkom Pascasarjana. Menyelesaikan studi S1 dan S2 di ITS Surabaya dan S3 di University of Groningen. Dari pendidikan terakhir, memperoleh gelar Phd dengan fokus di bidang informatika kesehatan, dengan topik disertasi terkait pengamanan data personal dalam proses bagi data di bidang radiologi.


Form Pendaftaran

[gravityform id="3" title="false" description="false"]