Page 206 - KELOMPOK RESEARCH & PROFILE Prodi S3 Pendidikan Bahasa Inggris
P. 206
mengajar di prodi asal dan berupaya membagi waktu untuk kedua aktivitas penting tersebut.
Di tahun 2004, bisa lulus S2 dan kembali bertugas secara penuh di prodi.
Setelah beberapa lama bertugas di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris IKIP Negeri
Singaraja yang selanjutnya berubah menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha)
sebagai dosen dan sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Ramendra melanjutkan kuliah
S3 di Prodi Linguistik Universitas Udayana (Unud) Denpasar melalui beasiswa IM-HERE.
Keilmuan linguistik dipilih karena tertarik dan ingin mengembangkan kajian bahasa, baik
dalam perseptif mikro ataupun makrolinguistik dalam kaitannya dengan pembelajaran bahasa
Inggris. Selama kuliah, dia tetap mengajar sebagai dosen karena kebetulan jarak tempuh dari
Kota Singaraja ke kota Denpasar hanya sekitar 2-3 jam. Di tahun 2015, pada akhirnya bisa
lulus memperoleh gelar doktor di UNUD.
Setelah memperoleh gelar Doktor di tahun 2015, di tahun 2017 Ramendra dilibatkan
juga sebagai dosen pengajar di Prodi S2 Pendidikan Bahasa Inggris Undiksha, dan di tahun
2020 ikut mengajar di Prodi S3 Pendidikan Bahasa. Di tahun 2015-2017, selain sebagai
dosen, juga mendapat tugas tambahan sebagai ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris;
sebagai Ketua Jurusan Bahasa Asing pada tahun 2018-2019; dan sebagai wakil dekan bidang
akademik Fakultas Bahasa dan Seni untuk periode 2019-2022.
Pada bidang linguistik, Ramendra memiliki ketertarikan khusus pada kajian
sosiolinguistik dan sintaksis. Di tahun 2014-2017, sebagian besar karyanya didominasi oleh
kajian sosiolinguistik, khususnya yang mengkaji variasi bahasa dan sikap bahasa. Namun,
sejak tahun 2018-2022, kajiannya banyak berkaitan dengan sintaksis dalam kaitannya dengan
pembelajaran bahasa. Dia dalam hal ini tertarik untuk melakukan eksplorasi bagaimana
kajian-kajian linguistik dapat berkontribusi langsung pada peningkatan proses pembelajaran
Bahasa.
Publikasi Ilmiah
Ramendra telah menghasilkan sejumlah publikasi di dalam tim, beberapa murni dalam
bidang kajian linguistik dan yang lainnya berkaitan dengan bidang pembelajaran bahasa. Di
tahun 2014-2017, publikasinya didominasi oleh kajian variasi bahasa (tingkat tutur),
dinamikanya, dan sikap bahasa. Namun, setelahnya, publikasinya lebih bervariasi dalam
kaitannya dengan linguistik dan pembelajaran bahasa.
202