Page 76 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2021
P. 76
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 2021
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 28
photo dan video tata cara berbusana secara klinis;
mahasiswa.
• Penanggulangan dampak sosial
c. Pembuatan Panduan Implementasi dan ekonomi akibat Covid-19;
THK dalam Berkehidupan Kampus di
• Penanggulangan dampak psikol-
Undiksha telah dilaksanakan 80%.
ogis akibat covid-19;
Pada saat ini pusat telah mendapat-
kan feedback dari para validator, yai- • Pendidikan/Pembelajaran di
tu para pimpinan Undiksha dan ahli masa/pasca Covid-19,
(Prof. Dr. Bawa Atmaja).
• Mekanisme/Tata Cara dan Etika
6. PUSAT PROGRAM KULIAH KERJA Penyusunan Konten Blog dan
NYATA (PKKN) Sejenisnya; dan
• Panduan Penggunaan Sistem
KKN merupakan salah satu mata kuliah wajib
KKN bagi Dosen dan Peserta
di Undiksha yang bertujuan agar mahasiswa
mendapatkan pengalaman langsung dalam
mengaplikasikan dan mengintegrasikan ilmu
pengetahuan yang dikuasai untuk memecah-
kan permasalahan di masyarakat. Idealnya,
KKN dilakukan secara konvensional, dima-
na mahasiswa bersentuhan langsung dengan
masyarakat yang menjadi khalayak sasarann-
ya. Akan tetapi, melihat perkembangan situasi
dan keadaan yang terjadi saat masa pandemi
kurang memungkinkan untuk melakukan akti- Gambar 9. Sosialisasi KKN Mandiri berbasis Daring
vitas-aktivitas fisik semacam itu, maka pelak- (KMbD) oleh kepala Pusat PKKN
sanaan KKN dirubah polanya menjadi KKN
Mandiri berbasis Daring (KMbD). Adapun ke-
giatan yang dilaksnakan oleh Pusat PKKN an-
tara lain:
7. PUSAT PENGEMBANGAN MEDIA
a. Melaksanakan KKN Madiri berbasis DAN SUMBER BELAJAR (PMSB)
Daring (KMbD)
Pusat ini merupakan pusat yang baru dibentuk
pada awal tahun 2020, untuk menggantikan
Pusat Pengembangan Digital Learning yang
telah ada ditahun sebelumnya. Latar belakang
b. Penyusunan Buku Panduan KMbD pembentukannya adalah dimana Undiksha se-
bagai salah satu LPTK yang berkewajiban un-
c. Penyusunan Materi KMbD tuk menjawab tantangan era Revolusi Industri
d. Pembuatan Video Pembekalan KMbD 4.0 di dunia pendidikan, khususnya pendidikan
(Video Umum Pembekalan, Video tinggi dengan pembelajaran berpusat pada
Materi, dan Video Penggunaan Sistem siswa (Students Center Learning) berbasis ICT
KMbD), seperti: dan upaya LPPPM melalui Pusat Pengemban-
gan Media dan Sumber Belajar untuk menga-
• Kebijakan dan Teknis Pelaksana- komodasi kebutuhan dosen dan mahasiswa
an KMbD; dalam proses belajar mengajar. Ada beberapa
• Pencegahan Pandemi Covid-19 kegiatan yang dikoordinir oleh Pusat Pengem-
76