Page 66 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 66
66 66 LAPORAN TAHUNAN REKTOR
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
Workshop Pengembangan workshop ini juga menyiapkan perangkat pembe-
lajaran matakuliah THK, sehingga matakuliah baru
Pembelajaran Dalam Jaringan ini memiliki pedoman untuk pelaksanaannya.
Insersi Mitigasi Bencana dalam Mata Kuliah
Kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop sela- IAD dan ISBD
ma 1 (satu) hari yaitu pada hari Selasa 26 Maret
2019 bertempat di Ruang Seminar LPPPM Un-
diksha. Narasumber adalah 2 orang dosen dari LPPPM Undiksha mengadakan “Workshop
setiap matakuliah yang telah mendapatkan pela- Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Alam
tihan pada tahun 2018. Peserta diberikan peng- Dasar dan Ilmu Sosial Budaya Dasar dengan In-
etahuan secara umum oleh narasumber dari UPT sersi Mitigasi Bencana”. Kegiatan digelar di Ruang
TIK yang selanjutnya menyebar ke dalam kelom- Smeinar LPPPM Undiksha, Kamis (07/02/2019).
pok-kelompok kecil untuk setiap bidang studi.
Ketua LPPPM Undiksha, Prof. Dr. A.A.I.N. Mar-
Kegiatan ini berlangsung dengan diikuti oleh 56 pe- haeni, M.A. yang membuka acara ini, dalam sam-
serta yang dibagi dalam 6 kelompok kecil dengan butannya menyampaikan pentingnya edukasi mit-
14 dosen pendamping yang membahas tentang igasi bencana di setiap perguruan tinggi, sehingga
konten dari daring pada matakuliah yang diam- menjadi pengetahuan dasar bagi mahasiswa. Ia
pu. Diskusi antar mahasiswa yang lebih aktif juga juga menegaskan bahwa pendidikan tentang miti-
dapat dilaksanakan lebih efektif dan dosen dapat gasi bencana alam ini akan menjadi pengetahuan
selalu memonitor diskusi yang dilakukan sewak- bagi mahasiswa sehingga dapat disebarluaskan
tu-waktu. Proses pembelajaran yang berpusat pada ke masyarakat umum. “Selain untuk pribadi ma-
mahasiswa niscaya dapat dilaksanakan dengan hasiswa, nantinya edukasi mitigasi bencana dapat
efektif dan efisien dengan memanfaatkan daring. disosialisasikan kepada masyarakat melalui pro-
gram KKN”, pungkasnya.
Adapun peserta yang mengikuti Workshop ini ada-
lah sebanyak 38 dosen, yang sebagian besar ada-
lah pengampu mata kuliah IAD dan ISBD, selain
itu juga diikuti oleh dosen pengampu Matakuliah
Pembentukan Kepribadian (MPK) di lingkungan
Undiksha. Produk yang dihasilkan dari kegiatan
tersebut yakni perangkat pembelajaran mata kuli-
ah IAD dan ISAB dalam bentuk Silabus, RPS, dan
Kontrak Kuliah.
PROGRAM PPL SEMESTER GANJIL, RIBUAN
Tri Hita Karana Menjadi Insersi Utama dalam MAHASISWA TERJUN DI 4 KABUPATEN
Kurikulum Dipandang dari sudut kurikulum, PPL adalah
Falsafah Tri Hita Karana sebagai jiwa dari Visi Un-
diksha dirasa perlu untuk diterapkan dalam semua suatu program mata kuliah, proses belajar men-
lini kehidupan di Undiksha. Salah satunya dengan gajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan pen-
menginsersi Tri Hita Karana (THK) sebagai bagian jabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk meny-
dari kurikulum di Undiksha. LPPPM Undiksha iapkan mahasiswa calon guru agar memiliki atau
menyelenggarakan FGD dan Workshop Penyusu- menguasai kemampuan guru terpadu secara utuh,
nan Perangkat Pembelajaran berbasis Tri Hita Ka- sehingga setelah mahasiswa calon guru tersebut
rana, di Hotel Puri Sharon Singaraja, Jumat - Sab- menjadi guru, mereka dapat mengemban tugas
tu (23/08/2019 - 24/08/2019). dan tanggung jawab secara profesional.
Falsafah Tri Hita Karana (THK) sebagai local genius Sementara itu, Program PKL dilaksanakan bagi
budaya Bali, yang tidak saja mengandung nilai- mahasiswa program Vokasi di lingkungan Undik-
nilai budaya lokal tetapi juga mengandung nilai- sha, baik program D3 ataupun S1. Berikut dis-
nilai universal. Oleh Undiksha, falsafah ini diyakini ampaikan data sebaran Program PKL mahasiswa
mampu mewujudkan kelembagaan, menejemen Undiskha.
kelembagaan, dan tatanan kehidupan masyarakat
kampus yang memiliki keunggulan secara holis-
tic. Selain melatih kepekaan dosen terhadap THK,