Page 66 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 66

66 66  LAPORAN TAHUNAN REKTOR
                DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
            Workshop Pengembangan                             workshop ini juga menyiapkan perangkat pembe-
                                                              lajaran matakuliah THK, sehingga matakuliah baru
            Pembelajaran Dalam Jaringan                       ini memiliki pedoman untuk pelaksanaannya.

                                                              Insersi Mitigasi Bencana dalam Mata Kuliah
            Kegiatan dilakukan dalam bentuk workshop sela-    IAD dan ISBD
            ma 1 (satu) hari yaitu pada hari Selasa 26 Maret
            2019 bertempat di Ruang Seminar LPPPM Un-
            diksha.  Narasumber adalah  2 orang dosen dari  LPPPM       Undiksha    mengadakan     “Workshop
            setiap matakuliah yang telah mendapatkan pela-    Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ilmu Alam
            tihan pada tahun 2018. Peserta diberikan peng-    Dasar dan Ilmu Sosial Budaya Dasar dengan In-
            etahuan secara umum oleh narasumber dari UPT  sersi Mitigasi Bencana”. Kegiatan digelar di Ruang
            TIK yang selanjutnya menyebar ke dalam kelom-     Smeinar LPPPM Undiksha, Kamis (07/02/2019).
            pok-kelompok  kecil  untuk setiap  bidang  studi.
                                                              Ketua LPPPM Undiksha, Prof.  Dr.  A.A.I.N.  Mar-
            Kegiatan ini berlangsung dengan diikuti oleh 56 pe-  haeni, M.A. yang membuka acara ini, dalam sam-
            serta yang dibagi dalam 6 kelompok kecil dengan  butannya menyampaikan pentingnya edukasi mit-
            14  dosen  pendamping yang  membahas  tentang  igasi bencana di setiap perguruan tinggi, sehingga
            konten dari daring pada matakuliah yang diam-     menjadi pengetahuan dasar bagi mahasiswa.  Ia
            pu. Diskusi antar mahasiswa yang lebih aktif juga  juga menegaskan bahwa pendidikan tentang miti-
            dapat dilaksanakan lebih efektif dan dosen dapat  gasi bencana alam ini akan menjadi pengetahuan
            selalu memonitor diskusi yang dilakukan sewak-    bagi mahasiswa sehingga dapat disebarluaskan
            tu-waktu. Proses pembelajaran yang berpusat pada  ke masyarakat umum. “Selain untuk pribadi ma-
            mahasiswa niscaya dapat dilaksanakan dengan  hasiswa, nantinya edukasi mitigasi bencana dapat
            efektif dan efisien dengan memanfaatkan daring.   disosialisasikan kepada  masyarakat  melalui pro-
                                                              gram KKN”, pungkasnya.
                                                              Adapun peserta yang mengikuti Workshop ini ada-
                                                              lah  sebanyak  38 dosen, yang sebagian besar ada-
                                                              lah pengampu mata kuliah IAD dan ISBD, selain
                                                              itu juga diikuti oleh dosen pengampu Matakuliah
                                                              Pembentukan Kepribadian (MPK) di lingkungan
                                                              Undiksha. Produk yang dihasilkan dari kegiatan
                                                              tersebut yakni perangkat pembelajaran mata kuli-
                                                              ah IAD dan ISAB dalam bentuk Silabus, RPS, dan
                                                              Kontrak Kuliah.



                                                              PROGRAM PPL SEMESTER GANJIL, RIBUAN
            Tri Hita Karana Menjadi Insersi Utama dalam       MAHASISWA TERJUN DI 4 KABUPATEN
            Kurikulum                                         Dipandang dari  sudut kurikulum, PPL  adalah


            Falsafah Tri Hita Karana sebagai jiwa dari Visi Un-
            diksha dirasa perlu untuk diterapkan dalam semua   suatu program  mata  kuliah,  proses belajar  men-
            lini kehidupan di Undiksha. Salah satunya dengan   gajar yang dipersyaratkan dalam pendidikan pen-
            menginsersi Tri Hita Karana (THK) sebagai bagian   jabatan guru. PPL sengaja dirancang untuk meny-
            dari kurikulum  di Undiksha.  LPPPM Undiksha      iapkan mahasiswa calon guru agar memiliki atau
            menyelenggarakan FGD  dan Workshop Penyusu-       menguasai kemampuan guru terpadu secara utuh,
            nan Perangkat Pembelajaran berbasis Tri Hita Ka-  sehingga  setelah  mahasiswa  calon guru tersebut
            rana, di Hotel Puri Sharon Singaraja, Jumat - Sab-  menjadi  guru,  mereka dapat  mengemban tugas
            tu (23/08/2019 - 24/08/2019).                     dan tanggung jawab secara profesional.
            Falsafah Tri Hita Karana (THK) sebagai local genius   Sementara itu,  Program  PKL  dilaksanakan bagi
            budaya Bali, yang tidak saja mengandung nilai-    mahasiswa program Vokasi di lingkungan Undik-
            nilai budaya lokal tetapi juga mengandung nilai-  sha,  baik program D3 ataupun S1. Berikut  dis-
            nilai universal. Oleh Undiksha, falsafah ini diyakini   ampaikan data sebaran Program PKL mahasiswa
            mampu  mewujudkan kelembagaan,  menejemen         Undiskha.
            kelembagaan, dan tatanan kehidupan masyarakat
            kampus yang  memiliki keunggulan  secara holis-
            tic. Selain melatih kepekaan dosen terhadap THK,
   61   62   63   64   65   66   67   68   69   70   71