Page 43 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 43
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 43
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
kepada para stakeholder-nya. Komitmen Undik- gan online (https://e-bugeting.undiksha.ac.id) dan
sha terhadap layanan prima ini diwujudkan den- sistem monitoring online (https://e-monev.undik-
gan dikeluarkannya Keputusan Rektor Undiksha sha.ac.id ) dan Sistem Remunerasi. Pada tahun ini
Nomor 607/U/2016 tentang Standar Pelayanan sudah dilounching Sistem Pengesahan Ijasah On-
Universitas Pendidikan Ganesha. Layanan prima line (https://legalisir.undiksha.ac.id/) yang memu-
bukan sekadar memberikan layanan, namun mem- dahkan alumni dari luar daerah di seluruh Indone-
berikan pelayanan ekstra dan sesuai dengan hara- sia dalam melakukan pengesahan ijasah dengan
pan pengguna layanan yang mengharapkan pe- jasa antaran ke tempat tujuan. Undiksha menggan-
layanan terbaik. Layanan prima (exellent services/ deng PT. Pos Indonesia untuk jasa pengantarann-
customer care) berarti pelayanan yang sangat baik, ya. Layanan host to host dengan pihak bank mitra
atau pelayanan yang terbaik yang diberikan kepa- semakin memudahkan mahasiswa dalam melaku-
da pengguna layanan. kan pembayaran UKT setiap semester kapan dan
dari mana saja. Selain pembayaran UKT juga bisa
Dengan kekuatan SDM sebanyak 1.085, Undik-
sha memberikan layanan pendidikan tinggi ke- melayani pembayaran yang lain seperti khursus,
test toefl dan yang lainnya. Semua layanan dikem-
pada tidak kurang dari 12.500 mahasiswa serta
berbagai stakeholder-nya. Jumlah total pegawai bangkan dengan terintegrasi dengan fasilitas login
satu user untuk semua layanan atau lebih dikenal
tidak sampai 6% bila dibandingkan dengan jum-
lah yang dilayani, namun layanan prima tetap bisa dengan single sign on (sso).
dilakukan. Hal ini tidak terlepas dari mayoritas Untuk pengembangan aplikasi administrasi pada
sisi SDM Undiksha dikembangkan aplikasi antara
layanan yang diberikan, baik akademik maupun lain Sistem Informasi Dosen (https://dosen.un-
nonakademik didisain berbasis IT yang membuat diksha.ac.id ) Sistem Informasi Pegawai (https://
pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat dilaku- pegawai.undiksha.ac.id), Sistem Penilaian Angka
Kredit Dosen (https://pak.undiksha.ac.id), Sistem
kan, dikendalikan, serta dievaluasi melalui sistem, Kinerja Undiksha (https://sso.undiksha.ac.id),
sehingga tidak memerlukan jumlah pegawai yang Sistem Inventaris Undiksha (https://inventaris.un-
diksha.ac.id )
banyak.
LAYANAN INTERNET DAN LABORATORIUM
KOMPUTER
Adapun layanan online yang sudah berjalan dan
terus menerus dikuatkan guna mendukung layanan
administrasi baik dalam perencanaan, keuangan Universitas Pendidikan Ganesha secara bertahap
maupun monitoring yaitu Sistem Perencanaan dan melayani dirinya sendiri untuk kebutuhan pe-
Penganggaran Undiksha http://sipepeng.undiksha. menuhan data center, hal ini membuat Undiksha
ac.id , denagn sub sistem perencanaan online mandiri dalam pelayanan fasilitas sistem infor-
(https://eplaning.undiksha.ac.id), sistem keuan- masi. Untuk fasilitas internet dan jaringan lokal