Page 35 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 35
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 35
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
halnya dengan lulusan didorong siap terjun ke tersebut tidak hanya ditunjukkan dengan perbaikan
dunia kerja maupun menjadi entreperenur. Se- proses pembelajaran, namun juga mengembang-
jalan dengan hal tersebut, perguruan tinggi yang kan kerjasama dengan perguruan tinggi, baik da-
memiliki delapan fakultas ini tidak hanya mening- lam negeri maupun luar negeri.
katkan kualitas pembelajaran. Tahun tahun 2019
juga melakukan revisi terhadap kurikulum tahun Kerjasama tersebut mencakup sejumlah program,
2016 yang sudah berbasis kompetensi berorienasi yaitu pertukaran mahasiswa berupa program PKL
KKNI. Kurikulum KKNI. Kurikulum yang disiapkan dan PPL luar negeri, da nada pula Pertukaran Ma-
sejalan dengan tuntutan kebutuhan. hasiswa Tanah Air Nusantara – Sistem Alih Kred-
it dengan Teknologi (Permata Sakti). Kerjasama
Kurikulum juga dirancang lebih fleksibel. Da- bidang tenaga pendidik berupa visiting lecturer.
lam artian, mahasiswa diberikan ruang untuk Tahun 2019, Undiksha menerima Prof. Dr. Es-
meningkatkan kemampuan di luar program studi trella R. Pacis, Ph.D., akademisi Mariano Marcos
yang dipilih. Misalnya, mahasiswa Program Stu- State University, Philipina yang mengajar di Juru-
di Pendidikan Bahasa Inggris, untuk bisa unggul san Matematika Fakultas MIPA. Kerjasama berupa
nantinya, perlu menguasai teknologi. Matakuliah joint research dan publikasi jurnal juga dijalin oleh
terkait itu bisa diambil di Prodi Iinformatika atau perguruan tinggi negeri terbesar di Bali Utara ini.
ilmu computer di Fakultas Teknik dan Kejuruan.
Demikian juga halnya jika ingin mengetahui ten- Sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tang-
tang sejarah bisa mengambil mata kuliah tersebut gung jawab melahirkan Sumber Daya Manusia
di Prodi Sejarah Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial. (SDM) unggul dan kompeten di bidangnya, Un-
diksha yang telah memiliki fakultas kedokteran
Falsafah Tri Hita Karana yang menjadi landasan juga menjalin kerjasama untuk program magang
dalam mewujudkan visi Undiksha menjadi univer- dengan pihak luar. Dalam negeri, dijalin dengan
sitas unggul di Asia pada tahun 2045 juga turut beberapa BUMN, pihak swasta, dan perusahaan
masuk sebagai materi perkuliahan dan terakomo- daerah. Sementara itu untuk luar negeri, dijalin
dir dalam kurikulum. Falsafah yang sifatnya uni- dengan sejumlah hotel di Jepang. Program ini su-
versal itu juga sebagai bagaian untuk membentuk dah diikuti sejumlah mahasiswa.
karakter lulusan dan mampu meningkatkan daya
saing. Revisi ini bergulir sejak Februari lalu. Guna Kehadiran Undiksha tidak hanya sebagai tempat
mendapatkan hasil terbaik, sudah dilakukan bela- untuk melahirkan lulusan yang kompeten. Memi-
san kali diskusi. Bahkan juga menerima masukan liki sumber daya manusia dengan berbagai keah-
dari sejumlah ahli di luar Undiksha. (*) lian, juga memiliki peran yang sangat vital dalam
mendukung pembangunan daerah, termasuk da-
KERJASAMA lam memecahkan persoalan di masyarakat. Dalam
hal ini, Undiksha menjalin kerjasama dengan Pe-
Penguatan Kerjasama Mewujudkan Undiksha merintah daerah. Program yang digulirkan terfokus
Unggul pada Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi
pendidikan dan pengajaran, penelitian dan peng-
abdian kepada masyarakat.
Undiksha tahun 2019 telah merintis program in-
ternationalization at home. Melalui itu, kampus
yang sebelumnya Sekolah Tinggi Keguruan dan
Ilmu Pendidikan (STKIP) ini diinginkan menjadi
rumah untuk masyarakat internasional. Atas hal
itu, dilakukan upaya peningkatan kualitas Sum-
ber Daya Manusia (SDM), salah satunya dalam
penguasaan bahasa asing. Strategi yang diambil
berupa kerjasama denga International Cemter of
English Excellence (ICEE). Program berupa speak-
ing dan concersation class sudah bergulir sejak
tahun 2016 ini cukup diminati mahasiswa dan
dosen, terlihat dari sisi kepersertaan yang semakin
meningkat.
Peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). Hal