Page 27 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 27
LAPORAN TAHUNAN REKTOR 27
DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
Udayana Singaraja yang menjadi kampus pusat, yang sama dalam mewujudkan Undiksha unggul.
kampus Fakultas Bahasa dan Seni di Jalan A.Yani
Singaraja dan kampus di Desa Jinengdalem, Keca- Tri Hita Karana tak sebatas selogan di kampus yang
matan/Kabupaten Buleleng. Ditargetkan seluruhn- dulu menjadi Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendi-
ya mampu bertaraf internasional. Mendukung op- dikan (STKIP) Singaraja ini. Namun juga menjadi
erasional universitas baik akademik maupun non “napas’ dalam bangunan dan kegiatannya. Kes-
akademik, Undiksha juga menggenjot penggunaan eluruhan nafas dari pengembangan akademik kam-
teknologi informasi. Sampai saat ini, tercacat ada pus diarahkan pada penanaman dan impelementasi
sekitar 50 sistem yang dimiliki. Hal tersebut sebagai pendidikan karakter sebagai tujuan pembangunan
salah satu cara untuk mempercepat pelayanan. pendidikan nasional. Jampel (2018) menyebut-
kan realisasi dari hal tersebut dapat dilihat pada
pelaksanaan Tri Dharma di lingkungan kampus.
Pertama adalah dalam kurikulum. Pengembangan
kurikulum di semua program studi diarahkan pada
elaborasi nilai-nilai budaya Bali dan elaborasi aja-
ran Tri Hita Karana, yang disesuaikan dengan ka-
rateristik keilmuannya, sehingga pada implemen-
tasinya dalam pembelajaran diharapkan terwujud
way of thinking, attitude, dan habitly yang mem-
personifikasikan nilai-nilai karakter keindonesiaan.
Kedua adalah dalam penelitian dan pengab-
dian. Program yang dilakukan oleh dosen ha-
Di tengah tantangan global, seperti revolusi in- rus merujuk pada Rencana Induk Penelitian
dustri 4.0 dan era abad 21 Undiksha juga tidak (RIP) yang didalamnya telah tegas dinyatakan
diam. Langkah untuk mengimbangi perubah- merujuk pada pengembangan dan penemuan
an situasi itu juga telah diambil. Salah satunya model serta materi pendidika karakter kebang-
dengan mempersiapkan kurikulum pembelajaran saan, yang diwadahi oleh pusat penelitian dan
yang relevan. Undiksha telah merevisi kuriku- pusat layanan di kedua lembaga tersebut.
lum 2016. Yang terbaru, tetap berbasis kompe-
tensi berorientasi KKNI, namun lebih flesksibel. Ketiga adalah dalam kegiatan kemahasiswaan.
Dalam hal ini, mahasiswa diberikan ruang un- Elaborasi dan implementasi nilai-nilai karak-
tuk mengambil mata kuliah diluar program studi ter dengan tegas dan nyata dilakukan melalui
yang diambil. Misalnya, mahasiswa Program Stu- serangkaian program kemahasiswaan, khu-
di Pendidikan Bahasa Inggris, untuk bisa unggul susnya yang bersentuhan dengan pemben-
nantinya, perlu menguasai teknologi. Matakuliah tukan mentalitas sosial dan ekonomi maha-
terkait itu bisa diambil di Prodi Informatika atau siswa, sehingga diharapkan akan lahir lulusan
Ilmu Komputer di Fakultas Teknik dan Kejuruan. yang kompeten dan berkarakter keindonesiaan.
Demikian juga halnya jika ingin mengetahui ten-
tang sejarah bisa mengambil mata kuliah tersebut Keempat adalah kebijakan dalam iklim akade-
di Prodi Sejarah Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial. mik. Hal tersebut dinyatakan pada buku pe-
doman studi serta kebijakan akademik. Dalam
Tri Hita Karana juga terus dikampanyekan Undik- buku pedoman dengan tegas diatur tentang bu-
sha. Sebuah konsep yang menjadi landasan da- daya antiplagiasi dan pengembangan aktivitas
lam mewujudkan visi sebagai unversitas unggul pembelajaran yang berbudaya akademik tinggi.
di Asia pada tahun 2045. Falsafah ini sebagai Sejak tercetus pada 2015 menjadi bagian dari
“roh” pembangunan. Alasan memilih falsafah visi lembaga, Tri Hita Karana, sudah terimple-
yang sifatnya universal itu karena mengajarkan mentasikan dengan baik di lingkungan kampus.
bagaimana menjaga hubungan baik dengan tu-
han, dengan alam, dan dengan antarsesama
manusia. Dari itu akan memunculkan suatu har-
monisasi kehidupan, menjadi pangkal terciptanya
kebahagian. Dari itu, akan terlahir suatu semangat