Page 27 - Laporan Tahunan Rektor Undiksha Tahun 2020
P. 27

LAPORAN TAHUNAN REKTOR    27
                                                                                          DIES NATALIS UNDIKSHA KE - 27
            Udayana  Singaraja  yang  menjadi  kampus pusat,  yang sama dalam mewujudkan Undiksha unggul.
            kampus Fakultas Bahasa dan Seni di Jalan A.Yani
            Singaraja dan kampus di Desa Jinengdalem, Keca-   Tri Hita Karana tak sebatas selogan di kampus yang
            matan/Kabupaten Buleleng. Ditargetkan seluruhn-   dulu menjadi Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendi-
            ya mampu bertaraf internasional. Mendukung op-    dikan (STKIP) Singaraja ini. Namun juga menjadi
            erasional universitas baik akademik maupun non  “napas’  dalam  bangunan  dan  kegiatannya.  Kes-
            akademik, Undiksha juga menggenjot penggunaan  eluruhan nafas dari pengembangan akademik kam-
            teknologi informasi. Sampai saat ini, tercacat ada  pus diarahkan pada penanaman dan impelementasi
            sekitar 50 sistem yang dimiliki. Hal tersebut sebagai  pendidikan karakter sebagai tujuan pembangunan
            salah  satu cara untuk  mempercepat pelayanan.    pendidikan  nasional. Jampel (2018) menyebut-
                                                              kan realisasi dari hal tersebut dapat dilihat pada
                                                              pelaksanaan  Tri  Dharma  di  lingkungan kampus.

                                                              Pertama adalah dalam kurikulum. Pengembangan
                                                              kurikulum di semua program studi diarahkan pada
                                                              elaborasi nilai-nilai budaya Bali dan elaborasi aja-
                                                              ran Tri Hita Karana, yang disesuaikan dengan ka-
                                                              rateristik keilmuannya, sehingga pada implemen-
                                                              tasinya dalam pembelajaran diharapkan terwujud
                                                              way of thinking, attitude, dan habitly yang mem-
                                                              personifikasikan nilai-nilai karakter keindonesiaan.

                                                              Kedua adalah dalam penelitian  dan pengab-
                                                              dian.  Program  yang  dilakukan oleh  dosen  ha-
            Di tengah tantangan global, seperti revolusi in-  rus merujuk pada Rencana Induk Penelitian
            dustri 4.0 dan era abad 21 Undiksha juga tidak  (RIP) yang didalamnya telah tegas dinyatakan
            diam. Langkah  untuk mengimbangi perubah-         merujuk  pada pengembangan dan penemuan
            an situasi itu juga telah diambil. Salah satunya  model serta materi pendidika karakter kebang-
            dengan mempersiapkan  kurikulum  pembelajaran  saan, yang diwadahi oleh pusat penelitian dan
            yang  relevan.  Undiksha telah  merevisi kuriku-  pusat layanan di kedua  lembaga  tersebut.
            lum 2016. Yang  terbaru, tetap berbasis kompe-
            tensi  berorientasi  KKNI,  namun  lebih  flesksibel.  Ketiga  adalah  dalam kegiatan  kemahasiswaan.
            Dalam hal ini, mahasiswa diberikan  ruang un-     Elaborasi dan implementasi nilai-nilai karak-
            tuk mengambil mata kuliah diluar program studi  ter dengan tegas dan nyata dilakukan  melalui
            yang diambil. Misalnya, mahasiswa Program Stu-    serangkaian program kemahasiswaan, khu-
            di Pendidikan Bahasa Inggris, untuk bisa unggul  susnya yang  bersentuhan dengan  pemben-
            nantinya,  perlu menguasai  teknologi.  Matakuliah  tukan mentalitas sosial dan ekonomi maha-
            terkait itu bisa diambil di Prodi Informatika atau  siswa,  sehingga  diharapkan akan lahir lulusan
            Ilmu Komputer di Fakultas Teknik  dan Kejuruan.  yang kompeten dan berkarakter  keindonesiaan.
            Demikian juga halnya jika ingin mengetahui ten-
            tang sejarah bisa mengambil mata kuliah tersebut  Keempat  adalah  kebijakan  dalam  iklim akade-
            di Prodi Sejarah Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial.  mik. Hal  tersebut dinyatakan pada  buku pe-
                                                              doman studi  serta kebijakan akademik. Dalam
            Tri Hita Karana juga terus dikampanyekan Undik-   buku pedoman dengan tegas diatur tentang bu-
            sha. Sebuah konsep yang menjadi landasan da-      daya antiplagiasi dan pengembangan aktivitas
            lam mewujudkan visi sebagai  unversitas unggul  pembelajaran yang berbudaya akademik tinggi.
            di Asia pada tahun 2045. Falsafah  ini sebagai  Sejak tercetus pada 2015 menjadi bagian dari
            “roh” pembangunan. Alasan memilih falsafah  visi lembaga, Tri Hita Karana, sudah terimple-
            yang sifatnya universal itu karena mengajarkan  mentasikan dengan baik di lingkungan kampus.
            bagaimana menjaga hubungan baik dengan tu-
            han,  dengan  alam,  dan dengan  antarsesama
            manusia. Dari itu akan memunculkan suatu har-
            monisasi kehidupan, menjadi pangkal terciptanya
            kebahagian. Dari itu, akan terlahir suatu semangat
   22   23   24   25   26   27   28   29   30   31   32