UP PPG Retaker di Undiksha: Berjalan Lancar, Pelayanan Pengawas Diapresiasi

Penyelia UP PPG Retaker di Undiksha, Drs. Eded Tarmedi, M.A., memantau pelaksanaan berbincang dengan pengawas ujian untuk memastikan kesiapan teknis.

Singaraja– Pelaksanaan Ujian Pengetahuan Pendidikan Profesi Guru (UP-PPG) Retaker yang dilaksanakan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) pada 16 dan 17 Oktober 2021 berjalan lancar. Hal ini mendapat apresiasi dari Penyelia, Drs. Eded Tarmedi, M.A. Demikian juga dengan kinerja pengawas yang dinilai luar biasa. “Pengawas kami lihat sangat luar biasa, bagaimana mereka membantu para peserta,” ungkapnya.

Ia menegaskan pelayanan prima sangat perlu diberikan oleh pengawas kepada peserta, terutama pada segi teknis. Jangan sampai peserta tidak lulus ujian karena ketidaktelatenan para pengawas. “Peserta hanya boleh gagal dalam ujian karena memang tidak bisa menjawab soal. Bukan karena teknis,” ucapnya.

Penyelia yang juga akademisi Universitas Pendidikan Indonesia ini mengharapkan ujian selanjutnya dapat berjalan lancar. Secara khusus ia memberikan penilaian terhadap ujian berbasis domisili ini. Menurutnya memiliki sejumlah keuntungan, seperti mampu menekan biaya para peserta dan mengurangi mobilitas. Tidak kalah penting lagi, pelaksanaan ujian dapat lebih objektif karena pengerjaannya secara individu. “Di tengah pandemi seperti ini, model penyelenggaraan ujian ini paling tepat. Ini bisa dijadikan role model untuk ujian serupa,” imbuhnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, UP retaker adalah kesempatan ujian ulang bagi peserta PPG yang belum lulus pada ujian sebelum-sebelumnya. Peserta ujian ini sebanyak 760 orang yang terdiri atas 21 bidang studi. Ujian dilaksanakan secara online, dengan peserta berada di tempat tinggal masing-masing atau tempat yang terjangkau akses internet. Ujian berlangsung empat sesi, dengan peserta 190 orang setiap sesi dan melibatkan 13 orang pengawas. (hms)

Informasi Publik