UP PPG Daljab I dan Prajabatan di Undiksha, Kesiapan Teknis dan Pengawasan Diapresiasi

Pelaksanaan UP PPG Daljab I dan Prajabatan di Undiksha secara daring, Minggu (5/9/2021)

Singaraja- Ujian Pengetahuan (UP) bagi peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan I dan Prajabatan di Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) telah berlangsung pada 4 dan 5 September 2021. Pelaksanaan ujian secara daring berbasis domisili ini mendapat respon positif karena Undiksha telah mempersiapkan teknis dan pengawasan dengan baik. “Undiksha sebagai pelaksana sudah bagus kok,” ungkap Penyelia UP PPG, Drs. I Wayan Sutama, M.Pd, Minggu (5/9/2021)

Tercatat sebanyak 565 peserta yang mengikuti ujian ini, terdiri atas tujuh bidang studi. Yaitu Bahasa Arab, Bahasa Bali, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan IPS, dan Teknik Elektronika. Peserta ini tidak hanya yang mengikuti PPG di Undiksha, tetapi juga di perguruan tinggi pelaksana lain di Indonesia.

Pelaksanaan ujian, kata Sutama dari segi kepengawasan berjalan dengan lancar. Kendala sempat terjadi pada sistem, seperti tidak munculnya opsi jawaban soal. Hal tersebut kemungkinan akibat gangguan pada server pusat. Akan tetapi, hambatan itu dapat segera teratasi setelah dikomunikasikan dengan pusat.  “Kalau sesi pertama kemarin lancar, sesi kedua sempat error. Tetapi itu tidak hanya kita, di penyelenggara lain juga sama. Mungkin karena pengalaman pertama. Tapi itu sudah langsung ditangani, misalnya ada perpanjangan waktu. Mungkin karena servernya terlalu berat sehingga beberapa bagian itu lost,” terangnya.

Lebih lanjut pria asal Kabupaten Tabanan ini menyampaikan kendala yang dihadapi oleh para peserta sudah disampaikan secara tertulis ke pusat. Hal tersebut juga akan kembali disampaikan dalam pertemuan secara khusus dan sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan ujian selanjutnya. “Biasanya Penyelia akan diundang untuk laporan hasil pengawasan meskipun secara tulis kita harus upload. Sebenarnya bagus sistem ini, kita lebih hemat, ya kita belajar dari pengalaman ini. Kalau ada kekurangannya, itu ya dimaklumi. Kita perbaiki di sistem mana,” imbuhnya.

Sementara itu, Koordinator PPG Undiksha, Drs. I Gede Nurjaya, M.Pd., menjelaskan dalam rangka mendukung kelancaran ujian, Undiksha sebelumnya telah melakukan persiapan, yaitu memberikan pembekalan kepada seluruh peserta yang di dalamnya terdapat teknis pelaksanaan ujian maupun ketentuan yang berlaku. Selain itu juga memberikan pembekalan untuk para pengawas dan melakukan uji coba ujian. “Kami berupaya semakimal mungkin agar ujian ini berjalan lancar dan sesuai harapan,” terangnya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, UP untuk mengukur pemahaman konsep/materi para peserta dalam capaian pembelajaran lulusan (CPL) dan sekaligus sebagai tahapan akhir dari program PPG. (hms)

Informasi Publik