Undiksha dan PTSB Malaysia Bahas Kerjasama, Garap Pertukaran Mahasiswa

Singaraja – Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus memperluas kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Yang terbaru, pembahasan dilakukan dengan Politeknik Tuanku Sultanah Bahiyah (PTSB) Malaysia, Sabtu (31/8/2019). Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Ganesha I Rektorat Undiksha. Lima delegasi PTSB, yang dipimpin langsung Puan Yusma Binti Yusof. Diterima Wakil Rektor III Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd didampingi Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LPPPM) Undiksha, Prof. Dr. AAIN Marhaeni, M.A., dan Kepala Kantor Urusan Internasional Undiksha, Dr. Ni Made Ratminingsih, M.A.
Pada kesempatan itu, komunikasi berjalan sangat hangat. Puan Yusma Binti Yusof menyampaikan kehadirannya untuk membahas kerjasama dengan Undiksha dalam pengembangan kualitas pendidikan dan Sumber Daya Manusia, terutama mahasiswa. Sebagai Politeknik, pihaknya menawarkan program pertukaran mahasiswa untuk sejumlah bidang, seperti mekanik, sipil engineering, dan keuangan. “Termasuk ilmu pendidikan juga kami terima untuk membantu disana,” jelasnya. Sebagai kerjasama awal, pihaknya menginginkan minimal ada satu mahasiswa tahun ini yang mengikuti program pertukaran pelajar, dan selanjutnya bisa dua atau empat orang. “Kami juga melihat kemampuan anggaran,” katanya.
Sementara itu, Prof. Suastra menyambut positif komunikasi kerjasama ini. Menurutnya itu juga sebagai langkah strategis bagi Undiksha untuk menyukseskan program internasionalization at home yang telah dicanangkan Rektor pada tahun 2019. “Ini tidak hanya pertukaran mahasiswa. Tetapi juga dosen. Kerjasama ini tentu kami tindaklanjuti, supaya bisa berjalan dalam upaya untuk meningkatkan kualitas SDM dan menambah wawasan,” jelasnya.
Akademisi bidang Fisika ini menyebutkan Undiksha sangat memungkinkan untuk menjalin kerjasama dengan PTSB, karena memiliki beberapa program studi yang sama. “Bisa bidang otomotif, elektronik engineering. Mahasiswa bisa berkolaborasi untuk memecahkan persoalan, termasuk sampai tingkat industri,” katanya didampingi Dekaj Fakultas Teknik dan Kejuruan, Dr. I Gede Sudirtha, S.Pd.,M.Pd.
Sebagai perguruan tinggi yang mengusung visi menjadi universitas unggul berlandaskan falsafah Tri Hita Karana di Asia pada tahun 2045, Undiksha sudah banyak menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di luar negeri. Beberapa diantaranya tersebar di Malaysia, Vietnam, Philipina, dan Thailand. Program yang digulirkan berupa PKL dan PPL luar negeri. Selain itu, ada pula kerjasama dengan perguruan tinggi dalam negeri, salah satunya dalam pengembangan riset. (hms)
Informasi Publik