Torehkan Prestasi, Mahasiswa Undiksha Diberikan Penghargaan

Wakil Rektor Undiksha Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat menyerahkan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi, Kamis (17/12/2020).

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi di tahun 2020. Sebagai angkah awal, penghargaan diberikan kepada mahasiswa yang lolos dalam ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Selain itu penghargaan juga diberikan oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Bali kepada peserta Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS). Penyerahannya berlangsung di Ruang Ganesha III Rektorat oleh Wakil Rektor BIdang Kemahasiswaan, Alumni dan Hubungan Masyarakat, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., Kamis (17/12/2020).

Disela acara ini, Prof. Suastra memberikan apresiasi kepada mahasiswa karena mampu membawa nama Undiksha di ajang kompetisi dan mampu menorehkan prestasi. Hal ini memberikan dampak positif untuk universitas, salah satunya dalam Sistem Informasi Pemeringakatan Kemahasiswaan yang berlangsung setiap tahun. Pemberian penghargaan ini sebagai upaya untuk memacu mahasiswa untuk terus berprestasi. “Kami dari Undiksha memberikan insentif untuk Tim PIMNAS yang lolos ke nasional karena mereka harus bersaing ketat dengan perguruan tinggi lain. Untuk PEKSIMINAS juga ada insentif dari BPSMI. Ini sebagai bentuk apresiasi kepada adik-adik mahasiswa yang sudah berjuang begitu ketat,” ungkapnya.

Sementara itu, untuk mahasiswa berprestasi lainnya, Suastra yang sempat menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Undiksha menyatakan penghargaan akan diberikan pada tahun 2021. “Bentuknya medali, piagam. Pasti kami berikan. Yang berjenjang tentunya. Yang internasional lebih besar, yang nasional, kemudian regional maupun di Bali kami berikan. Yang sekarang ini sebagai trigger untuk memotivasi mahasiswa yang lain,” jelasnya.

Salah satu mahasiswa yang lolos pada ajang PIMNAS, I Gusti Agung Mirah Puspitayani menyambut positif adanya penghargaan ini. Mahasiswa Fakultas Kedokteran ini juga menyatakan prestasi tersebut sangat penting untuk lembaga maupun program studi, salah satunya dalam akreditasi. Penghargaan ini dijadikan sebagai pemacu untuk meraih prestasi pada kompetisi yang lain.

Ia juga mengharapkan dorongan kepada mahasiswa untuk meraih prestasi didukung dengan pembinaan yang semakin maksimal, baik untuk kompetisi tingkat nasional maupun internasional. (hms)

Informasi Publik