Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Undiksha Mantapkan Usulan Peningkatan Status D-3 ke D-4

Pendampingan penyusunan instrumen pengusulan prodi D3 ke D4.

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha mempersiapkan pengusulan peningkatan status program D-3 menjadi D-4. Hal tersebut diawali dengan pendampingan penyusunan instrumen usulan dengan menghadirkan narasumber, Prof. Dr. Ir. Era Purwanto, M.Eng., Kamis (25/2/2021). Kegiatan yang berlangsung secara daring ini mengundang Dekan, Ketua Jurusan dan Program Studi terkait.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.T.I., saat membuka acara tersebut mengatakan peningkatan status atau jenjang ini sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi lulusan, baik dalam bidang teoritis maupun praktis. “Karena jenjang D-4 ini saya kira akan memberikan kompetensi yang melebihi apa yang kita lakukan atau kita selenggarakan saat ini, yaitu D-3,” katanya.
Undiksha memiliki sebelas program studi D-3, yaitu bahasa Inggris, Desain Komunikasi Visual (DKV), teknik elektronika, manajemen informatika, budidaya kelautan, analis kimia, perpustakaan, survey dan pemetaan, akuntansi, perhotelan, dan kebidanan. Namun jelas Rasben, terdapat sepuluh prodi yang diusulkan peningkatan status. “Kecuali D-3 Kebidanan, berdasarkan diskusi yang kami lakukan, kemudian berdasarkan arahan dari asosiasi yang membawahi prodi ini, kita membawa D-3 Kebidanan menjadi pendidikan akademik kebidanan dan pendidikan profesi kebidanan. Begitu juga saat ini kita mengusulkan pendidikan akademik keperawatan dan profesi ners,” ungkapnya.

Akademisi yang sempat menjabat sebagai Wakil Dekan di Fakultas Teknik dan Kejuruan ini menyebutkan peningkatan status perlu dilengkapi dengan pemantapan berbagai aspek, seperti kurikulum, data dosen, maupun unit pengelola program studi. Hal ini perlu didukung oleh kinerja tim. “Saya kira tim ini sudah dibentuk oleh fakultas,” ucapnya. Ia pun berharap peningkatan status ini dapat segera terealisasi. Tentunya, hal tersebut perlu didukung dengan usaha yang maksimal dari program studi maupun pihak terkait lainnya. “Mudah-mudahan semua usaha, semua kerja keras yang dilakukan teman-teman di masing-masing fakultas, bisa membuahkan hasil yang lebih baik,” pungkasnya. (hms)

Informasi Publik