Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Undiksha Genjot Program Magang

Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd (Rektor Undiksha)

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus melakukan upaya meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk mempercepat serapan di dunia kerja. Program mahasiswa magang bersertifikat di perusahaan menjadi salah satu strategi yang terus digenjot. “Mahasiswa ini harus ada di dunia usaha selama satu semester. Sangat bagus programnya,” tegas Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd usai dikusi antisipasi kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar dari Mendikbud, di Fakultas Ekonomi, Kamis (13/2/2020).

Rektor yang pernah menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha ini menjelaskan program magang juga dikampanyekan oleh pemerintah pusat. Hal tersebut sangat penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan keterampilan yang berujung pada peningkatan daya saing di dunia kerja. “Keuntungan yang dapatkan mahasiswa, mendapat gaji, dan bisa langsung di rekrut jika kerjanya bagus, dan mungkin bisa di sekolahkan jika perlu di sekolahkan,” sebutnya.

Sejumlah mahasiswa universitas yang telah memiliki Fakultas Kedokteran ini sudah mengikuti program magang di BUMN. Hal ini difasilitasi Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Mahasiswa (UPT-PKKM). Mengingat program tersebut sangat penting, mahasiswa lain didorong untuk turut serta. “Ini juga perlu dukungan prodi. Apalagi pemerintah juga mendorong. Ini sudah nge-link. Sudah dari atas kebijakannya,” ungkap Jampel. Disampaikan lebih lanjut, melancarkan program ini, Undiksha juga mengupayakan perluasan kerjasama dengan perusahaan, termasuk dalam penyusunan kurikulum. “Perguruan tinggi tidak bisa dilepaskan dengan user. Jadi harus bersinergi,” ucapnya. (hms)

 

 

 

 

 

Informasi Publik