Tiga Tahun Berdiri, Rektor Undiksha Ajak FK Terus Tingkatkan Mutu

Fakultas Kedokteran Undiksha yang telah memasuki usia ke tiga tahun.

Singaraja- Civitas akademika Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menggelar apel pagi, Senin (11/10/2021). Momen ini tidak hanya dijadikan sebagai ruang oleh Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., untuk menyampaikan arahan kepada peserta, tetapi juga memberikan ucapan selamat kepada Fakultas Kedokteran (FK) yang telah berdiri tiga tahun, dengan puncak peringatan dilaksanakan pada, Minggu (10/10/2021). Fakultas ke delapan ini diharapkan dapat terus meningkatkan mutu sehingga semakin berdaya saing. “Dalam ulang tahun yang ketiga ini, saya berharap FK dapat tetap menjaga dan meningkatkan mutu. Karena yang diutamakan mutu, disamping memang karakter. Kalau karakter kita sudah semua sepakat untuk dijadikan pegangan dalam setiap tindakan baik dosen, pegawai, maupun mahasiswa,” ungkap Rektor Jampel.

Mutu yang dimaksud adalah menyangkut pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, terdiri atas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tiga hal itu diminta dapat berjalan baik dan selaras. “Kalau satu saja tidak berjalan baik, artinya dapat kita nilai, kualitas mutu kurang,” katanya.

Disampaikan lebih lanjut, sepanjang tiga tahun ini, sejumlah prestasi sudah berhasil diraih oleh mahasiswa FK. Capaian ini diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan, baik untuk prestasi regional, nasional, dan internasional. Prestasi tersebut dapat meningkatkan daya saing fakultas maupun universitas. Guna mewujudkan ini, sangat perlu pembinaan maksimal oleh para dosen. Hal penting lainnya yang juga disampaikan adalah FK dengan ciri khasnya memiliki konsentrasi pariwisata mampu mencetak calon dokter yang unggul, yang nantinya dapat menangani persoalan medis yang berhubungan dengan pariwisata. “Dalam setiap diskusi, kita dinilai tepat sekali membentuk FK dengan konsentrasi pariwisata. Kita tunjukkan nantinya dapat menanganai persoalan medis berhubungan dengan pariwisata. Saya hanya mengingatkan, untuk menyemangati. Pendirian FK ini sangat panjang sekali perjuangannya,” imbuhnya.

Seperti diketahui, FK Undiksha berdiri pada tahun 2018. Di usia yang masih sangat muda, fakultas ini masuk sebagai persaingan ketat dalam seleksi penerimaan mahasiswa baru dengan pelamar mencapai ratusan orang, jauh lebih besar dari pada kuota penerimaan yang masih sebanyak 50 orang. Fakultas ini tengah bersiap menghadapi asesmen lapangan dalam rangka akreditasi. (hms)

Informasi Publik