Sukseskan MBKM, FOK Undiksha Bahas Kerjasama dengan PSSI

Singaraja– Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Pendidikan Ganesha (FOK-Undiksha) mengambil langkah strategis untuk menyukseskan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang menjadi kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Langkah tersebut melalui perluasan kerjasama dalam implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini salah satunya dibahas dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Selasa (30/11/2021).

Pembahasan tersebut berlangsung di Kampus FOK, di Desa Jinengdalem, Kabupaten Buleleng. Pada kesempatan tersebut hadir Wakil Dekan I FOK, Dr. Ketut Yoda dan Wakil Dekan II, Dr. I Wayan Artanayasa yang didampingi sejumlah dosen. Ia bertemu bersama Head of Coaching Education PSSI, Yeyen Tumena.

Usai pertemuan, Ketut Yoda memberikan apresiasi atas kehadiran perwakilan PSSI ke Undiksha. Disampaikan, dari diskusi ada sejumlah hal yang dirumuskan untuk bisa dikerjasamakan, yaitu implementasi kebijakan MBKM, Pendidikan Kepelatihan untuk para mahasiswa khususnya untuk olahraga sepak bola, maupun program lain dalam rangka meningkatkan capaian Indikator Kinerja Utama (IKU) fakultas maupun Universitas. “Ini adalah kunjungan yang luar bisa bagi kami di Fakultas Olahraga dan Kesehatan dalam rangka menghasilkan alumni-alumni yang tangguh dan berkualitas dalam bidang keolahragaan,” ungkapnya.

Sementara itu, Yeyen Tumena menyatakan keinginannya untuk menjalin kerjasama dengan Undiksha terkait dengan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia bidang kepelatihan di sepak bola Indonesia. Hal tersebut dipandang penting karena banyak para pelatih lahir dari kalangan universitas. “Dan kami ingin mempertebal Kerjasama itu. Ini juga seiring dengan program kementerian yaitu MBKM,” ucapnya.

Kerjasama ini diharapkan memberi dampak positif bagi Undiksha. Nantinya para lulusan tidak hanya mendapatkan gelar S-1 Kepelatihan, tetapi juga mendapatkan sertifikat pendamping yang diakui AFC dan PSSI. Dengan demikian, para lulusan semakin siap terjun ke masyarakat dan siap diterima untuk menjadi pelatih.

Mengingat esensi kerjasama ini sangat penting, berikutnya akan dilanjutkan dengan MoU antara Ketua Umum PSSI bersama Rektor Undiksha, dan selanjutnya diikuti kerjasama dengan fakultas maupun jurusan. (hms)

Informasi Publik