Sukseskan Internationalization at Home, Undiksha Mantapkan Kerjasama dengan Konjen Jepang

Undiksha mantapkan kerjasama dengan Konjen Jepang di Denpasar

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) semakin memantapkan kerjasama dengan Konsulat Jenderal Jepang di Denpasar. Kampus negeri terbesar di Bali Utara ini memohon dukungan dalam menyukseskan internationalization at home yang telah dicanangkan pada tahun 2019. Hal ini telah dibahas dalam pertemuan antara Wakil Rektor I Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.TI bersama Konjen Jepang Hirohisa Chiba, Jumat (19/7/2019). 

Usai pertemuan yang berlangsung di Ruang Warek I, Hirohisa Chiba mengungkapkan sejatinya kerjasama dengan Undiksha dalam bidang pendidikan sudah berjalan cukup lama dan telah pula berjalan baik. Namun demikian, dirinya mengharapkan hal itu bisa terus terjalin dan cakupannya bisa diperluas. “Saya berharap kerjasama bisa terus berjalan,” ungkapnya. 

Ia menegaskan, kehadirannya ke universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran ini juga sekaligus sebagai silaturahmi dengan pimpinan Undiksha, terlebih dengan Warek I yang baru dilantik 12 Juni 2019 lalu. “Saya sangat senang bisa bekerjasama dengan Undiksha,” katanya. 

Sementara itu, Warek Rasben Dantes mengatakan kerjasama dengan Konjen Jepang bukan hal baru dengan Undiksha. Sudah ada sejumlah program yang dilaksanakan, khususnya dalam bidang pendidikan Bahasa Jepang. “Dalam waktu dekat Mr. Chiba juga mengisi kuliah umum di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang,” jelasnya. 

Terkait program internationalization at home, akademisi bidang informatika ini menyebut juga dibahas dalam pertemuan. Pihaknya menginginkan kerjasama kedepan ada program pertukaran mahasiswa, visiting profesor, maupun joint research. “Kami ingin Undiksha ini menjadi rumah masyarakat internasional untuk menempuh pendidikan. Sehingga kami menginginkan ada kerjasama semakin banyak dengan Jepang. Mr. Chiba juga akan membantu itu, mengenalkan dengan perguruan tinggi yang ada di Jepang,” imbuhnya. (hms)

Informasi Publik