Segera Terjunkan Mahasiswa ke RS, FK Undiksha Gelar TOT Dokter Pendidikan Klinis

FK Undiksha menggelar TOT Dokter Pendidikan Klinis.

Singaraja- Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) kembali menggelar Training of Tutor (TOT), Jumat (15/10/2021). Kegiatan yang diperuntukkan bagi dokter pendidikan klinis ini sebagai salah satu upaya untuk mewujudkan pelaksanaan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas bagi mahasiswa yang akan segera terjun ke Rumah Sakit.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang Pertemuan RSUD Buleleng ini diikuti 50 peserta. Terdapat dua narasumber yang dihadirkan, yaitu Dr. dr. I Gusti Putu Suka Aryana, Sp.PD., K-Ger.,FINASIM dan dr. Made Darmayasa, Sp.OG(K). Narasumber dari Universitas Udayana ini membawakan materi tentang proses pembelajaran klinik yang berkualitas dan tata cara penilaian peserta didik dengan Work Based Place Assessment.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., yang membuka kegiatan tersebut mewakili Rektor menyampaikan apresiasi atas dukungan dan komitmen RSUD Buleleng untuk selalu mendukung FK Undiksha, khususnya dalam pembelajaran. Ia juga mengakui selalu mengikuti perkembangan RS yang berlokasi di Jalan Ngurah Rai Singaraja ini. “Perkembangan RSUD Buleleng memang bagus,” katanya.

Melalui TOT, sambung Suastra peserta akan mendapatkan sebuah pengalaman dalam rangka mempersiapkan mahasiswa FK untuk mengikuti pendidikan profesi. Diakui, tugas pada dokter terbilang lebih berat dari pada tugas dosen. Meski demikian, ia berharap para dokter ini dapat selalu memberikan dukungan kepada FK Undiksha agar nantinya dapat melahirkan lulusan yang berkualitas dan berdaya saing. “Oleh karena itu kami dari Universitas Pendidikan Ganesha mengucapkan terima kasih atas komitmen dan waktu untuk membimbing adik-adik (mahasiswa, red) kami yang di bulan Februari terjun ke rumah sakit,” katanya. Pada kesempatan itu, ia juga memberikan apresiasi atas kehadiran para narasumber. Diharapkan materi yang disampaikan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para peserta.

Sementara itu, Direktur RSUD Buleleng, dr. Putu Arya Nugraha, Sp.PD., mengaku komitmen untuk mendukung pendidikan para calon dokter dari Undiksha. Selain itu, ia menyebutkan keterlibatan rumah sakit dalam menjalankan pendidikan dokter akan memberikan nilai positif. Meski demikian, ia menegaskan dalam hal ini pada dokter yang nantinya terlibat dalam pendidikan, harus tetap dapat memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat. (hms)

Informasi Publik