Sasar Warga Difabel, BEM-REM Undiksha Bagikan Sembako

Aksi berbagai dilaksanakan BEM-REMA Undiksha.

Singaraja- Gerakan Badan Eksekutif Mahasiswa Republik Mahasiswa (BEM-REMA) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) untuk berbagi kepada masyarakat yang kurang mampu terus berlanjut. Minggu (19/9/2021), aksi sosial tersebut menyasar sejumlah warga di Desa Sidatapa dan Desa Pedawa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng. Kegiatan yang bekerjasama dengan Baliaga Pedawa dan English Corner ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd.

Presiden Mahasiswa Republik Mahasiswa Undiksha, Kadek Andre Karisma Dewantara menjelaskan pelaksanaan kegiatan ini sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat yang masuk ke dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Bantuan yang disalurkan berupa sembako dengan sasaran sejumlah warga difabel. “Bantuan ini memang tidak banyak. Tetapi kami berharap ini dapat meringankan benan ekonomi warga penerima,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Prof. Suastra memberikan apresiasi terhadap program ini. Hal tersebut dinilai menunjukkan BEM-REMA memiliki kepekaan terhadap kondisi masyarakat. “Kegiatan ini luar biasa. Masyarakat sangat membutuhkan uluran tangan dari mahasiswa. Sehingga ini sangat saya paresiasi,” ungkapnya.

Disampaikan lebih lanjut, kegiatan ini juga sejalan dengan falsafah Tri Hita Karana yang juga menjadi landasan untuk mewujudkan visi Undiksha menjadi universitas unggul di Asia pada tahun 2045. Salah satu yang ada dalam falsafah tersebut adalah pawongan, yaitu menjalin hubungan baik antarsesama. “Jadi ini salah satu bentuk realisasi kemanusiaan yang diwujudkan oleh mahasiswa yang tergabung dalam BEM-REMA,” katanya.

Wakil Rektor yang pernah menjabat sebagai Direktur Pascasarjana Undiksha ini juga berharap selain menyalurkan bantuan, mahasiswa dapat mengindentifikasi persoalan-persoalan lain yang dihadapi oleh masyarakat dan selanjutnya dapat dicarikan solusi penanganan. “Dengan hadir langsung ke lapangan, mahasiswa bisa tahu kondisi riil dari masyarakat. Persoalan yang ada bisa diidentifikasi. Mahasiswa bisa membuat program yang sifatnya solusi,” tegasnya. Sebelumnya, BEM-REMA juga menyalurkan bantuan sembako untuk warga di Desa Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng. Sasarannya adalah warga tuna rungu dan tuna wicara. (hms)

Informasi Publik