parallax background

Program Kreativitas Mahasiswa

Merupakan suatu wadah yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Dikti) Republik Indonesia dalam memfasilitasi potensi yang dimiliki mahasiswa Indonesia untuk mengkaji, mengembangkan, dan menerapkan ilmu dan teknologi yang telah dipelajarinya di perkuliahan kepada masyarakat luas.

PKM merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Direktorat Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat (DITLITABMAS) Ditjen Dikti untuk meningkatkan mutu peserta didik (mahasiswa) di perguruan tinggi agar dapat menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademis yang tinggi serta dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian serta memperkaya budaya nasional. Dalam bahasa yang lebih mudah, dikalangan para mahasiswa PKM lebih dikenal sebagai salah satu lomba menulis proposal dalam berbagai bentuk (penelitian, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, inovasi teknologi atau karya tulis) yang diselenggarkaan oleh dikti untuk mengakomodir hasrat intelektual mahasiswa. Dan bagi para mahasiswa yang proposalnya lolos nanti akan diberikan dana insentif, dan bagi proposal terbaik akan dilombakan dalam suatu ajang tertinggi yaitu PIMNAS.

Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) secara umum bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang:

  1. Tahu dan taat aturan
  2. Kreatif dan inovatif
  3. Objektif kooperatif dalam membangun keragaman intelektual

Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki  academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan. Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dengan demikian, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan). Kemampuan berpikir dan bertindak kreatif pada hakikatnya dapat dilakukan setiap manusia apalagi yang menikmati pendidikan tinggi.

Kebijakan baru Mendikbud yang tertuang dalam Kepmendikbud No 754/P/2020 tentang 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang menjadi landasan transformasi pendidikan tinggi di Indonesia. Dalam 8 IKU tersebut penilaiannya berdasar beberapa hal dan yang langsung berhubungan dengan mahasiswa adalah lulusan PT mendapatkan pekerjaan yang layak serta mahasiswa mendapatkan pengalaman di luar kampus. Hal ini sesuai dengan program kreativitas mahasiswa ini. Kreativitas merupakan penjelmaan integratif dari tiga faktor utama dalam diri manusia, yaitu: pikiran (kognitif), perasaan (afektif), dan keterampilan (psikomotorik). Dalam faktor pikiran terdapat imajinasi, persepsi dan nalar. Faktor perasaan terdiri dari emosi, estetika dan harmonisasi. Sedangkan faktor keterampilan mengandung bakat, faal tubuh dan pengalaman. Dengan demikian, agar mahasiswa dapat mencapai level kreatif, ketiga faktor termasuk diupayakan agar optimal dalam sebuah kegiatan yang diberi nama Program Kreativitas Mahasiswa (PKM).

PKM dilaksanakan pertama kali pada tahun 2001, yaitu setelah dilaksanakannya program restrukturisasi di lingkungan Ditlitabmas Ditjen Dikti. Sedangkan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang dilaksanakan pada tahun 2002  adalah PIMNAS-I kegiatan PKM. Kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang selama ini sarat dengan partisipasi aktif mahasiswa, diintegrasikan ke dalam satu wahana, yaitu PKM. Sebelumnya, pada tahun 1997 Ditlitabmas sudah menginisiasi kegiatan khusus bagi mahasiswa yaitu Karya Alternatif Mahasiswa (KAM) digabungkan bersama Program Pengembangan Budaya Kewirausahaan di Perguruan Tinggi (PPBKPT). KAM kemudian tumbuh menjadi cikal bakal PKM.

PKM dikembangkan untuk mengantarkan mahasiswa mencapai taraf pencerahan kreativitas dan inovasi berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keimanan yang tinggi. Dalam rangka mempersiapkan diri menjadi pemimpin yang cendekiawan, wirausahawan mandiri dan arif, mahasiswa diberi peluang untuk mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap, tanggung jawab, membangun kerjasama tim maupun mengembangkan kemandirian melalui kegiatan yang kreatif dalam bidang ilmu yang ditekuni.

Pada awalnya, dikenal lima jenis kegiatan yang ditawarkan dalam PKM, yaitu PKM-Penelitian (PKM-P), PKM-Kewirausahaan (PKM-K), PKM-Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M), PKM- Penerapan Teknologi (PKM-T) dan PKM-Penulisan Ilmiah (PKM-I). Namun, sejak Januari 2009, Ditlitabmas mengelola 6 (enam) PKM. Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa (KKTM) yang semula menjadi tugas Direktorat Akademik dalam pengelolaannya, dilimpahkan kepada Ditlitabmas. Karena sifatnya yang identik dengan PKM-I, KKTM selanjutnya dikelola bersama-sama PKM-I dalam  PKM-Karya  Tulis (PKM- KT). Dengan demikian,  di dalam PKM-KT  terkandung dua program penulisan, yaitu: PKM- Artikel Ilmiah (PKM-AI) dan PKM-Gagasan Tertulis (PKM-GT). PKM-I atau selanjutnya disebut PKM-AI yang merupakan artikel hasil kegiatan, tidak lagi ditampilkan dalam PIMNAS, namun dipublikasikan pada e-journal. Sedangkan PKM-GT yang berpeluang didiskusikan dalam forum terbuka, diposisikan sebagai pengganti PKM-AI di PIMNAS. Pada tahun 2011, jumlah bidang PKM bertambah menjadi 7 (tujuh) dengan diperkenalkannya bidang PKM-Karsa Cipta. Pada tahun 2015, terjadi alih kelola PKM dari Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) ke Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen. Belmawa). Pada tahun 2019 mulai diperkenalkan satu lagi bidang PKM berbasis media sosial, yaitu PKM-GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif) yang berpeluang ditampilkan di PIMNAS. Perubahan Kementerian yang terjadi alih kelola kembali yang awalnya Ditjen. Belmawa menjadi Direktorat Belmawa di bawah Ditjen Dikti Kemdikbud RI tahun 2020.

Kejadian tidak terduga adanya Pandemi Covid-19 agar supaya PKM dapat dilaksanakan diperlukan perubahan pelaksanaan yang disesuaikan dengan kondisi global. Perubahan yang dilakukan adalah pelaksanaan, pendanaan dan luaran semua virtual yang dituangkan di dalam Addendum  Pelaksanaan PKM 2020. Sedangkan pelaksana PIMNAS 33 secara daring dan dikelola oleh Pusat Prestasi Nasional Kemdikbud RI.

Sejalan dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan istilah-istilah baku yang digunakan dalam tataran ilmu pengetahuan dan juga untuk memudahkan pemahaman tujuan utama masing-masing bidang PKM mulai tahun 2021, PKM-Penelitian (PKM-P) diganti menjadi PKMRiset (PKM-R) dan PKM-Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM-M) diubah menjadi PKM-PM sementara PKM Penerapan Teknologi (PKM-T) diubah menjadi PKM-Penerapan IPTEK (PKMPI). PKM Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK) yang awalnya mengajukan video untuk dinilai dan mendapatkan insentif mulai tahun 2021 ini PKM-GFK mengajukan proposal pendanaan untuk menyusun video bagi yang lolos didanai.

Program Kreativitas Mahasiswa kali ini diperuntukkan bagi mahasiswa strata 1 (S1) di seluruh Perguruan Tinggi melalui penyediaan dana yang bersifat kompetitif, akuntabel dan transparan. Kriteria yang meliputi inti kegiatan seperti materi kegiatan, strata pendidikan, jumlah anggota, Dosen Pendamping, alokasi biaya, laporan akhir, dan luaran dari kedelapan kegiatan PKM disajikan pada tabel berikut.

Topik Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tidak dibatasi diutamakan topik kekinian dan atau topik utama Sustainable Delovelopmens Goals (SDGs). Mahasiswa diajak menuju kampus merdeka merdeka belajar, mahasiswa belajar diluar kampus misal berinteraksi dengan masyarakat di luar kampus baik masyarakat pengusaha (orientasi profit) juga masyarakat non profit. Demikian pula mahasiswa dapat menumbuhkembangkan HOTS (Higher Order Thinking Skills), Creative Thinking dan Critical Thinking melalui implementasi filosofi Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu:

  1. Pendidikan dan pengajaran
  2. Penelitian dan pengembangan
  3. Pengabdian kepada masyarakat

Filosofi Program Kreativitas Mahasiswa

Jenis kegiatan PKM seperti telah diringkas pada Tabel 1 memiliki misi dan tuntunan teknis pelaksanaan yang berbeda. Perbedaan tersebut ditunjukkan melalui karakteristik masingmasing PKM sebagaimana dirinci pada Tabel 2. Pada dasarnya semua bidang PKM mensyaratkan adanya ide kreatif mahasiswa sebagai salah satu unsur penilaian utamanya.  Secara garis besar PKM dikelompokkan menjadi 3 (tiga), yaitu

  1. PKM 5 Bidang terdiri dari PKM-R, PKM-K, PKM-PM, PKM-PI dan PKM-KC
  2. PKM-Gagasan Futuristik Konstruktif (PKM-GFK)
  3. PKM-AI dan PKM-GT

Jenis kegiatan PKM ini melatih mahasiswa harus mampu menghadirkan solusi ke tengahtengah permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah, masyarakat, dan dunia kerja/industri,  sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara melangkah ke masa yang membawa Indonesia menjadi negara yang adil dan Makmur.

Jenis PKM Penjelasan Umum
PKM-R Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-RE bertujuan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya baik dalam aspek eksperimental maupun deskriptif. Mengingat sifat dan metode program yang berbeda maka PKM-R dikelompokkan menjadi PKM-Riset Eksakta (PKM- RE) dan Sosial Humaniora (PKM-RSH). PKM-RE meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksireaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif. PKM-RSH meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.
PKM-K Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-RE bertujuan untuk mengungkap hubungan sebab-akibat, aksi-reaksi, rancang bangun, perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya baik dalam aspek eksperimental maupun deskriptif. Mengingat sifat dan metode program yang berbeda maka PKM-R dikelompokkan menjadi PKM-Riset Eksakta (PKM- RE) dan Sosial Humaniora (PKM-RSH). PKM-RE meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, aksireaksi, rancang bangun, eksplorasi, materi alternatif, desain produk atraktif, blue print dan sejenisnya atau identifikasi senyawa kimia aktif. PKM-RSH meliputi penelitian yang mengungkap hubungan sebab-akibat, penelitian deskriptif tentang perilaku sosial, ekonomi, pendidikan, kesehatan atau budaya masyarakat baik terkait dengan kearifan lokal maupun perilaku kontemporer.
PKM-PM Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-PM bertujuan untuk menumbuhkan empati mahasiswa kepada persoalan yang dihadapi masyarakat melalui penerapan iptek kampus yang menjadi solusi tepat bagi persoalan atau kebutuhan masyarakat yang tidak berorientasi pada profit. Direkomendasikan merupakan respon persoalan yang disampaikan masyarakat dan bukan inisiatif mahasiswa. Diperlukan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan kelompok masyarakat calon mitra. Jika masyarakat mitra adalah kelompok masyarakat (bukan pemerintah desa atau dusun), maka yang bertanda tangan sebagai mitra bukan Kepala Desa atau RT/RW tetapi kelompok yang akan memperoleh manfaat program. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.
PKM-PI Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-PI bertujuan untuk membuka wawasan iptek mahasiswa terhadap persoalan yang dihadapi dunia usaha (usaha mikro sampai perusahaan besar) atau masyarakat yang berorientasi pada profit seperti bidan yang memiliki Klinik Bersalin, petani, nelayan, pedagang jamu gendong, tukang becak dan lain-lain. Solusi iptek yang diimplementasikan harus merupakan respon persoalan prioritas yang disampaikan calon mitra. PKM-PI mewajibkan adanya Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama antara Pengusul dan calon Mitra. Surat termaksud disertakan dalam lampiran proposal.
PKM-KC Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-KC bertujuan membentuk kemampuan mahasiswa mengkreasikan sesuatu yang baru dan fungsional atas dasar karsa dan nalarnya. Karya cipta tersebut bisa saja belum memberikan kemanfaatan langsung bagi pihak lain. PKM-KC tidak meniru produk eksisting baik di dalam maupun luar negeri, kecuali memodifikasi prinsip dan/atau fungsinya.
PKM-GFK Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-GFK bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia.
PKM-AI Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-AI bertujuan untuk memberi pengalaman mahasiswa menghasilkan karya tulis ilmiah. Merupakan program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari hasil kegiatan akademik lainnya dalam bidang pendidikan, penelitian atau pengabdian kepada masyarakat (misalnya studi kasus, praktik lapang, KKN, PKM, magang) yang merupakan hasil kerja kelompok.
PKM-GT Topik tidak dibatasi namun sedapat mungkin dikaitkan dengan penyelesaian masalah kekinian, judul hendaknya tidak menggunakan akronim atau singkatan yang tidak baku dan hanya diperbolehkan maksimal 20 kata. PKM-GT bertujuan untuk meningkatkan daya imajinasi mahasiswa dalam merespon tantangan zaman, umumnya berupa konsep perubahan dan/atau pengembangan dari berbagai aspek berbangsa, bersifat futuristik, jangka panjang, tetapi berpotensi untuk direalisasikan.

Secara ringkas alur awal perjalanan PKM dan muaranya dapat dilihat pada gambar berikut.

Bidang dan Muara Program Kreativitas Mahasiswa

Seluruh bidang PKM bermuara di PIMNAS, kecuali PKM-AI karena PKM-AI telah berwujud artikel ilmiah sehingga tidak relevan didiskusikan dalam PIMNAS.

JENIS PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PKM-R (Riset)

Bertujuan mengungkap fakta atau fenomena melalui pendekatan ilmiah dan menumbuhkan minat dan kemampuan meneliti, pemahaman metode penelitian dan cara analisis data. Melalui program ini mahasiswa diharapkan dapat menghasilkan penelitian berkualitas dan berpotensi untuk dipublikasikan di jurnal ilmiah dan berpeluang menghasilkan paten yang bermanfaat baik bagi masyarakat akademik maupun masyarakat luas.

PKM-K (Kewirausahaan)

Program pengembangan ketrampilan mahasiswa dalam berwirausaha dan berorientasi pada profit. Komoditas usaha yang dihasilkan dapat berupa barang atau jasa yang selanjutnya merupakan salah satu modal dasar mahasiswa berwirausaha dan memasuki pasar. Jadi pemeran utama berwirausaha dalam hal ini adalah mahasiswa, bukan masyarakat, ataupun mitra lainnya.

PKM-PM (Pengabdian Pada Masyarakat)

Program penerapan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yang berorientasi non profit dalam upaya untuk membantu mengakhiri kemiskinan, mengurangi kesenjangan dan melindungi lingkungan. Mitra dalam PKM-PM adalah masyarakat non profit seperti lembaga pendidikan (formal maupun nonformal), instansi pemerintah, karang taruna, kelompok PKK (Pembinaan Kesejahteraan Keluarga), panti asuhan, atau lembaga sosial kemasyarakatan yang lain.

PKM-PI (Penerapan IPTEK)

Program yang mempunyai tujuan utama mendorong mahasiswa mau keluar dari kampus guna melihat segala macam bentuk kebutuhan atau permasalahan pada masyarakat produktif dan sekaligus memberikan solusi IPTEK yang dibutuhkan dan dikehendaki oleh mitra. Tujuan PKM-PI adalah memotivasi mahasiswa untuk aktif berinteraksi membangun jejaring profesional dengan dunia usaha, mampu mengidentifikasi persoalan atau kebutuhan mitra usaha, dan menemukan solusinya berdasarkan iptek yang siap diterapkan.

PKM-KC (Karsa Cipta)

Wahana mahasiswa untuk mewujudkan ide konstruktif berbasis karsa dan nalar walaupun masih belum sampai pada tahap memberikan nilai fungsional yang sempurna dan atau kemanfaatan langsung bagi pihak lain. Produk PKM-KC harus sudah berada pada skala siap pakai dan fungsional atau minimal skala prototipe siap diuji coba. Dalam melaksanakan program ini tidak diperbolehkan lagi ada tahapan penelitian yang terkait dengan perancangan dan pengembangan produk. PKM-KC menekankan keaslian ide atau minimal modifikasi produk yang sudah ada dan bukan menggunakan atau menerapkan karya yang sudah ada.

PKM-GT (Gagasan Tertulis)

Program penulisan artikel ilmiah yang bersumber dari ide atau gagasan kelompok mahasiswa. Gagasan yang dituliskan mengacu kepada isu aktual yang ada di masyarakat dan memerlukan solusi hasil karya pikir yang cerdas dan realistik.

PKM-GFK (Gagasan Futuristik Konstruktif)

Bertujuan untuk memotivasi partisipasi mahasiswa dalam mengelola imajinasi, persepsi dan nalarnya, memikirkan tata kelola yang futuristik namun konstruktif sebagai upaya pencapaian tujuan SDGs di Indonesia maupun solusi keprihatinan bangsa Indonesia. Kesemuanya dimulai dari ‘gagasan’, lalu dilanjutkan ‘narasi’, yang pada akhirnya diwujudkan dalam ‘karya’. Tujuan dari PKM-GT adalah membudayakan kebiasaan peduli ke alam pikir mahasiswa akan persoalan bangsanya, merenungkan, mendiskusikan dan menemukan ide untuk mengatasi atau memperbaikinya kemudian mengkonstruksikannya dalam bentuk tulisan.

PKM-AI (Artikel Ilmiah)

Salah satu skema PKM yang mempunyai tujuan utama membantu dan menyediakan media bagi mahasiswa Indonesia untuk membuat artikel ilmiah hasil dari kegiatan akademik yang telah dilakukan. Berbeda dengan keenam jenis PKM lainnya yang melibatkan pelaksanaan kegiatan fisik di laboratorium maupun lapangan, PKM-AI tidak mengenal adanya kegiatan semacam itu. Jika dalam keenam jenis PKM lainnya, kelompok mahasiswa mengajukan proposal kegiatan ke Direktorat Belmawa, maka untuk PKM-AI kelompok mahasiswa cukup menyampaikan karya tulis dalam bentuk artikel ilmiah yang dikirimkan secara daring. Karya tersebut ditulis mengacu pada kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok mahasiswa dan belum pernah dipublikasikan pada media ilmiah maupun diikutkan dalam kompetisi.

DAFTAR PKM UNDIKSHA LOLOS DIDANAI

Adapun daftar Program Kreativitas Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha yang berhasil lolos untuk didanai yaitu sebagai berikut.
JUDULBIDANGPELAKSANA (KETUA DAN ANGGOTA)DOSEN PEMBIMBINGTAHUN PENDANAAN
Bonus Anti Hiv/Aids Dan Narkoba : Bondres Nusa Dalam Pemberdayaan Karang Taruna Sad Nurangga Untuk Sosialisasi Hiv/Aids Dan Narkoba Di Desa Ped, Nusa Penida, Kabupaten Klungkung.PKM-MI Ketut Andika Pradnyana; I Wayan Darnanta ; I Wayan Angga Purna Rasa ; I Wayan PreanaI Made Gede Sunarya, S.kom.,M.Cs2016
Tas Endek Tarot Asli Bali.PKM-KNi Putu Wulandari; I Wayan Sanjaya; Ni Ayu Made Yulina Sari; I Wayan Astra Indrawan; I Kadek ParianaDrs. I Wayan Sujana, S.Pd M.Pd2016
Penggunaan Membran Selulosa-Etilendiamin Hasil Fermentasi Anaerobik Ekstrak Kulit Nanas Sebagai Pengamobil Enzim Kolesterol Oksidase Pada Biosensor Untuk Mendeteksi Kolesterol.PKM-PAhmad Abdullah; I Gusti Ayu Suryani; Ni Putu Satya Darma Patni; I Putu BudiariawanDr. I Nyoman Tika, M.Si2016
Pelatihan Pembuatan Media Tanam Jamur Tiram Untuk Remaja Putus Sekolah Sebagai Upaya Pemanfaatan Limbah Serutan Kayu Dan Ampas Kopi (Kanopi) Di Desa Pidpid, Abang, Karangasem.PKM-MI Made Edi Darsana; Luh Pt. Ayu Arsih T.D; I Wayan Widiartha; I Gede Mustika Yasa ; Ni Wayan WiniasihDr. Ananta Wikrama Tungga Atmadja,SE.,M.Si. Ak.2016
Pelatihan dan Kursus Kecantikan Rambut Untuk Ibu Rumah Tangga Di Desa Kalibukbuk , Kabupaten Buleleng.PKM-MKadek Hermayani; I Gusti Ayu Dwi Mirah Jayanti; Ni Luh Putu SusianiDr. Ni Ketut Widiartini,S.Pd.,M.Pd2016
Pemberdayaan Warga Kolok Desa Bengkala Melalui Pelatihan Pengembangan Wirausaha Abon Jambu Mete.PKM-MNi Putu Fani Andriani; Putu Angga Rismanika; Putu Rima Yuliandewi; Kadek Krisna Dwi Mahartini; Desak Nyoman Kartika DDrs. Sanusi Mulyadiharja, M.Pd.2016
Pelatihan dan Ekspresimentasi Tari Gambuh pada Siswa SD Mutiara Singaraja sebagai Upaya Rekonstruksi dan Regenerasi Tarian-tarian Bali Klasik yang Hampir Punah.PKM-MKadek Somarasih; Ni Luh Putu Nila Cahyani; I Dewa Ayu Nyoman Prajna Paramita; Putu Eka PutriningsihI Wayan Widiana,S.Pd.M.Pd2016
Pelatihan Penerapan Praktikum Fisika Virtual Berbasis PhET Simulations untuk Guru Fisika di Kecamatan Nusa PenidaPKM-MAyu Candra Dewi Wesnawati; Ni Putu Eriawati; Ida Ayu Sandra Kartika Putri; Ni Putu Ayu Lisniandila; I Kadek Agustian Bayu AtmajaProf. Dr. I Wayan Santyasa, M. Si.2016
“Peer Counseling” Berbasis Kearifan Lokal Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Kecerdasan Moral Siswa di SMK Negeri 2 Singaraja.PKM-MImam Setiawan; Ni Made Sri Rahayu Sukma Dewi; Ni Made Inda Lestariyanti; Ida Bagus Ketut Baskara Adi PutraLuh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd.2016
Pelatihan Pemanfaatan Bambu Sebagai Alat Bantu Hitung Mengerjakan Soal Matematika Untuk Anak Kelas 1 dan 2 di Sdn 1 Kayubihi Kecamatan Bangli.PKM-MLuh Putu Mega Criesthyanie; Anak Agung Ayu Dian Arystia Dewi; Komang Meike Diyantari; Kadek Gita Saraswandewi; Ida Ayu Nyoman Trisna WidhiyanDrs. I Putu Wisna Ariawan, M.Si2016
Upaya Melestarikan Seni dan Budaya dengan Melatih Anak-Anak Sejak Dini Diajarkan Tari Cara Rejang Dewa di Desa Sangsit.PKM-MKetut Adi Sukadarma; Ni Luh Sinta Suryanti; Komang Liana KrisnahariDr. Ni Made Sri2016
Bamboo Handicraf : Pemberdayaan Kelompok Masyarakat Pengerajin Bambu Dalam Mengelola Kerajinan Sokasi Baliaga Di Desa Tigawasa.PKM-MI Putu Hendra Eka Geminiawan; Ni Wayan Arisanti; Anak Agung Rai Niti Darmika SDr. Ni Made Pujani, M.Si.2016
Penggunaan Substrat Tersier-Butil-Alkohol Dan Etanol Hasil Fermentasi Wine Salak Bali Sebagai Model Reaksi Substitusi Nukleofilik.PKM-PWp. Pebriana Putra; I Gusti Ayu Suryani; Ni Putu Wahyuni; Luh Shanti Nilayam MihiraDr. I Nyoman Tika, M.Si2016
Teknologi Akuaponikal Sebagai Solusi Mengatasi Krisis Lahan Hijau Di Perkotaan.PKM-KCNi Komang Lilik Handayani; I Putu Widiarta; Putu Dian Pratiwi; A.A. Dyah Tribua Adnya Dewi; Ni Putu RaningsihPutu Artawan, S.Pd.,M.Si.2016
“Endek Bikini” Usaha Produksi dan Pemasaran Bikini (Pakaian Pantai) dengan Motif Kain Endek.PKM-KSutrisno; Faridhotu Masruroh; Muhammad Fadlilah ; Syarif Abdurahman Ar RahimDewi Oktofa Rachmawati, S.Si., M.Si.2016
“Linfo”Usaha Mainan Mobil Elektronik Menggunakan Sensor Cahaya.PKM-KI Nyoman Adijaya; I Made Ambara; Yoga PratamaI Wayan Sutaya, S.T.,M.T2016
”COOL-KINI” Pendingin Minuman Portable Mini Sebagai Langkah Awal Bumi Bebas Freon.PKM-KAnak Agung Ayu Fibra C. ;Gede Widia Kharistianta; I Kadek Darmayasa; Pande Luh Putu Adi Puri L.I Wayan Sutaya, S.T.,M.T2016
Ganesha Healthy Rice Cup : Inovasi Makanan Cepat Saji, Sehat dan Bergizi.PKM-KNi Luh Eka Sumiantari; Dewa Ayu Purnamayanti; Ni Wayan Arisanti; Nur Syari`ah HidayatiDr. Ni Ketut Rapi, M.Pd. 2016
Budidaya Bebek Darat Sebagai Peluang Pasar yang Prospektif.PKM-KI Kadek Mariasa; I Kadek Mahendra Meyana; I Made Suastika GitaDrs. Ida Bagus Putu Mardana.,M.Si.2016
Lulur Rumput Teki dan Sampo “ KUPIKALENG “ ( Kulit Pisang, Air Kelapa dan Biji Lengkeng ) Produk Kecantikan Alami Penunjang Kesehatan Kulit dan Rambut.PKM-KPutu Nita Listiari; Ni Luh Nilam Brahaneswari; Ni Kadek Lita Listiawati; Ni Kadek Ida Febriyanti; I Wayan Rizki Lucky PratamaDrs. I Putu Wisna Ariawan, M.Si2016
Laba Lebah Tanpa Sengat yang Berkhasiat (Budidaya Trigona Itama).PKM-KGede Ardy Supriatna; Ni Luh Gede Nita Pradnyawati; Made Armaya; Putu Martini; Putu Wira SurasmawanFridayana Yudiaatmaja.,M.Sc2016
“Petis Muda” Produksi Karpet Lukis Bermotiv Budaya Daerah Berbahan Serabut Kelapa.PKM-KPutu Sinta Ari Utami; Septi Wulan Dari; Luh Putu Yuli Rastini; I Dewa Ayu Sri Wulan Angga DewiProf.Dr. I Gst. Pt Sudiarta,M.Si2016
Canang Sari Panca Dewata (Usaha Produktif Bernuansa Religi Hindhu ).PKM-KPutu Kirania Andika Putri; Putu Ayu Laksmidevi; Desak Made Melawati; Ida Ayu Md Friska SetiawatiDrs. Ida Bagus Putu Mardana.,M.Si.2016
“CAKAR” Kwaca Karawitan Sebagai Busana Pentas SeniPKM-KNi Putu Sri Jayanti; Ni Putu Ita Rustiana Dewi; Ida Bagus Harry PradnyanaDrs. Djoko Waluyo, M.Sc2016
Pelatihan Pembuatan Jersi (Jerami Fermentasi) Sebagai Pakan Sapi Di Banjar Gunung Desa Taman Kecamatan Abiansemal Kabupaten BadungPKM-MNi Luh Sekar Astuti; Ni Made Rai Artini; Sintya Dewi ariasih; Ni Komang Tri Apriani; I Putu Dharma SantosaDr. I Dewa Ketut Sastrawidana, S.Si.,M.Si.2015
“Pelatihan Pembuatan Boneka Kain Flanel Di Yappenatim Desa Samplangan Kabupaten Gianyar, Bali”PKM-MNi Luh Putu Puspitasari; Reynaldi Setyawan;I Putu Agus SuwarianaDr. I.G.A.N. Setiawan, M.Si2015
Konservasi Danau Batur Bebas Dari Eceng Gondok Dengan Pelatihan Pemanfaatan Eceng Gondok Menjadi Pupuk Kompos Bagi Poktan Desa Songan, Kec. Kintamani, Kab. BangliPKM-MNi Luh Made Pujiwidiastuti; Agung Suarnatha; Ni Putu Ekayanti; Luh Putu Ayu Pradita PutriDrs. Anjuman Zukhri, M.Pd2015
Canang In Organic: Wahana Pemberdayaan Kelompok Masyarakat TPA di Desa Besakih Melalui Pemanfaatan Limbah Canang Dengan Konsep Zero WastePKM-MNi Luh Gede Sri Pratiwi; Luh Gede Ika Dewi Kusumayanti; I Gusti Ayu Putri Damayanti; Putu Fera AndriyaniLuh Putu Budi Yasmini, S.Pd.,M.Sc.2015
Pelestarian Habitat Kokokan Untuk Mengembangkan Pariwisata Di Desa Wisata Petulu Kecamatan Ubud Kabupaten GianyarPKM-MNi Kadek Novita Bima Pratiwi; Anak Agung Istri Alit Trisnawati; Sang Ayu Ketut Desi Arini; Ni Putu Inggrid Dewi Galung; Ni Made Ratih Andini NitisuaraDrs. Made Putra, M.Pd2015
Aplikasi Sulam Pita Dan Limbah Kain Perca Sebagai Hiasan Bermotif Wayang Pada Sarung Bantal Dan Taplak Meja Kelompok Ibu PKK Banjar Lebah Pangkung Desa MengwiPKM-MMayumi Puspita; Ni Made Nita Kurniawati ; Luh Detriyani; Ayu Candra Dewi WesnawatiDrs. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si.2015
Pelatihan Pembuatan Tas Anyaman Dari Daun Pandan LautPKM-MLuh Yeci Sasnitha; Ni Kadek Dian Pusparini; I Made Ditha Herdiawiranata; I Putu Arie Indra Permana; Nyoman Edi SupartawanDrs. I Made Suarjana,M.Pd.2015
Salak Rural Tourism: Pemberdayaan Petani Miskin-Salak Dalam Mengembangkan Kawasan Agro-Wisata Salak Di Desa Sibetan Sebagai Aksi Persiapan “Mea” 2015PKM-MGede Prendi Pandreana; Made Nicky Damayanti; Putu Sri DwipayaniDrs. I Made Nuridja, M.Pd.2015
Pemberdayaan Masyarakat Desa Pikat, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung Melalui Pelatihan Produksi Inovasi Rabug (Rainbow Abug) Guna Mengembalikan Minat Masyarakat Terhadap Jajanan Khas BaliPKM-MKomang Desmi Indraswari; Ni Putu Ayu Novi Arini; Made Dwi Oktaviani; Dewa Ayu Ketut Adi Risma WardaniProf. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si2015
Pemanfaatan Bakteri Tinja Untuk Mendegradasi Zat Warna Tekstil Remazol BlackPKM-PNi Kadek Sinta Lusiani; Komang Widiadnyana; Made Ayu Sri WahyuniI Nyoman Sukarta S.Pd, M .Si2015
Pelatihan Pembuatan Awetan Pakan Ternak “Silase Complete Feed” Sebagai Solusi Dalam Mengatasi Kelangkaan Pakan Ternak Di Desa Siakin, Kecamatan Kintamani, Kabupaten BangliPKM-MKadek Sera Harlistya Udayani; Ayu Seoulina; I Ketut Adi Astawa GiriNyoman Santiyadnya, S.Si.,M.T2015
Pelatihan Pembuatan Alat Permainan Matematika Kreatif Berbahan Dasar Barang Bekas Sebagai Penunjang Pembelajaran Siswa SD Negeri 2 PenglatanPKM-MKadek Dwi Damayanti; Ni Putu Gita Anjaswari; I Wayan Rudiartadi; Ni Putu Novia Krisna DewiProf.Dr.Phil.I Gst.Pt Sudiarta,M.Si.2015
Penerapan Bimbingan Konseling Dengan Teknik Behavioral Guna Meningkatkan Kualitas Dan Mutu Peserta Didik Sesuai Kurikulum 2013 Di SMK Negeri 1 NegaraPKM-MImam Setiawan; Putu Devi Ari Utari; Ni Made Inda Lestariyanti; Ida Bagus Ketut Baskara Adi Putra; Ni Made Sri Rahayu Sukma DewiLuh Putu Sri Lestari, S.Pd., M.Pd2015
Pemberdayaan Kelompok Dayung “ Kembang Jujur” Dalam Mengembangkan Potensi Wisata Multi Aspek Di Desa Terunyan, Kintamani, BangliPKM-MIda Bagus Ari Sudana; I Putu Maharta Widya Wiguna; Ida Ayu Made Friska Setiawati; I Gusti Ngurah Bagus Putu Dhirgayusa Suardi; Komang Satria WibawaNyoman Santiyadnya, S.Si., M.T.2015
Analisis Komparatif Potensi Bahan Aktif Pada Cekuh Lanang Dan Cekuh WadonPKM-PNi Luh Putu Ari Puspita Dewi; Ni Putu Novi Puspitadewi; Ni Wayan Riska Rianthi; Ni Putu Wulan Romianingsih; Gede Billy Oktavio PutraDr. I Made Gunamantha,ST,MM2015
Apa Yang Membuat Fisika Sulit? Profil Persepsi Negatif Dan Kesulitan Belajar Fisika Siswa Sma Di Kabupaten BulelengPKM-PI Gede Dana Santika, Ketut Agus Asta Putra; Ni Made Sastri Dwisarini; I Putu WidiartaProf. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si.2015
Monopoli Lingkungan: Sebuah Mainan Kepedulian Lingkungan Kawasan Hutan Dasong Yang Inovasif Bagi Anak-Anak Desa PancasariPKM-MWinda Ayu Sari Dewi; I Wayan Wenda Prathama; I Wayan Deniana Wipi SagitaI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Pelatihan Sempoa Dapat Meningkatkan Minat Hitung Siswa SD Negeri 3 Gianyar Pada Pelajaran MatematikaPKM-MDewa Ayu Oka Setiawati; Ni Wayan Sri Ladis; Ketut Beni Ariawan; Dewa Gede Agung Putra Nugraha; I Putu Aditya Wira PratamaDrs. I Nyoman Gita,M.Si2015
Reuse Air Limbah Cuci Motor Dengan Metode Biofis Pada Usaha Bengkel Di Kota NegaraPKM-TMoh Iqbal Kafabi; Adi Ahmad Nurfauzi; Rio Firdaus; Ida Bagus Putu Angga PutraDr. Kadek Rihendra Dantes.,S.T.,M.T2015
Penyuluhan Penggunaan Media Geogebra “Wayang Bilangan” Dan “Batar” Untuk Menanamkan Konsep Operasi Bilangan Bulat Dan Luas Di SD Negeri 2 Sambangan.PKM-MPutu Sadu Wirawan; I Wayan Suantara; Dsk Kt Oka Wahyuni; Made Arista DewiI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Pelatihan Pengolahan Talas Menjadi Keripik Dengan Rasa Oriental Di Desa Buruan, Tampaksiring, GianyarPKM-MPutu Krisnawa Dewi; Putu Krisnawa Dewi; Ni Nengah Sri Pebriani; Komang Ayu JuniatiI Gusti Nyoman Yudi Hartawan,M.Sc.2015
Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika: Upaya Pengembangan Kreativitas Dan Sikap Ilmiah SiswaPKM-PI Putu Widiarta; Ida Ayu Sandra Kartika Putri; I Nengah Edi Budiarta; Ni Komang Sri Pustika DewiProf. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si.2015
Kekredibilitasan Bahan Ajar Dalam Buku Pelajaran Bahasa Bali Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di BaliPKM-PNi Kadek Ayu Yasinta Dewi; I Putu Widhi Astika; Kadek Ryan SukanathaI Wayan Gede Wisnu, S.S., M.Si. 2015
Sendratari Kolok Bengkala: Upaya Pemberdayaan Marjinalitas Komunal Kolok Di Desa BengkalaPKM-MPutu Gede Asnawa Dikta; Luh Putu Septa Arisna Dewi; Putri Trisnawati; Desak Ketut Putri Handayani; I Gusti Agung Adi Putra SuryawanA. A. I. A. Rai Sudiatmika, M.Pd.2015
Pemanfaatan Ring Tutup Botol Aqua Gelas Bekas Untuk Pembuatan Ingke Dan Tas Pasar Pada Kelompok Pemulung Di Desa Ubung Kecamatan Denpasar UtaraPKM-MPutu Desy Lestari; Made Wiranata; I Made Wardana; Kadek Dedi Lesmana; Ida Bagus Surya Wira NegaraDrs. I Wayan Sujana, S.Pd,M.Pd2015
Baleganjur Cilik: Upaya Pemberdayaan Generasi Muda Bungaya Dalam Melestarikan Budaya Tabuh Bali Sebagai Penangkal Degradasi BudayaPKM-MPutu Ayu Pramita; Cokorde Hery Rananjaya; I Made Satya WintaraI Putu Ngurah Wage Myartawan, S.Pd., M.Pd2015
Pantaskah LKS Konvensional Digunakan Sebagai Sumber Ajar? : Analisis Kesesuaian Konten Lks Konvensional Fisika Sma Di Kota Singaraja Terhadap Tujuan Pembelajaran Kurikulum 2013PKM-PNi Made Sastri Dwisarini; I Gede Dana Santika; Ni Putu Eriawati; Ni Kadek Vingki AryantiProf. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si.2015
“Paha Bali” (Peduli Akan Hasil Alam Bali) Melalui Pelatihan Melukis Prasi Di Desa Tianyar Tengah,Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, BaliPKM-MAde Anggriani; I Gusti Agung Jatiariska; Ni Wayan Oktarini; Ni Luh Umi AstaryI Made Suarsana, S.Pd., M.Si.2015
Zero Cost:Pelatihan Penggemukan Babi Tanpa Biaya Dengan Memanfaatkan Sampah Organik Tak Termanfaatkan Di TPA Bengkala Menjadi Pakan Ternak “Sebagai Upaya Taraf Hidup Masyarakat Miskin Pemulung Desa Bengkala”MeningkatkanPKM-MA.A. Istri Rai Widia Putri Dalem; Putu Suryaning Arum; I Made Duduk Syah PutraDr. A.A. Istri Agung Rai Sudiatmika, M.Pd2015
Ganesha Math And Science (GMS) League: Permainan Edukasi Dalam Meningkatkan Kemampuan Matematika Sains Dan Moral Knowing Untuk Siswa Sekolah Dasar Di Wilayah Kelurahan KapalPKM-MBagus Ngurah Alit Putra Wiryawan; I Nengah Adi Mahendra; I Gusti Ngurah Bayu Sucitra; Gde Parie PerdanaI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Pelatihan Pembuatan Topeng Khas Bali Berbahan Kertas Bekas Kepada Masyarakat Di Desa Tegallingah, Kecamatan Bedulu, Kabupaten GianyarPKM-MDesak Putu Sanjiwani; Ida Ayu Gede Pramiari; Ngakan Putu Sindu Wija Putra; Kadek Ngurah Wija Putra; Kadek Dedi LesmanaDrs. Ida Bagus Sutresna, M.Si2015
“Penjara Ceria” Modifikasi Suasana Penjara Dengan Penambahan Kreasi Unik Dan Kreatif Melalui Pelatihan Pembuatan Mozaik Kaca Motif Bali Di Rumah Tahanan Negara Gianyar”PKM-MDewa Ayu Ketut Adi Risma Wardani; Dewa Ayu Ketut Adi Risma Wardani; Desak Putu Sri Lestari; Dewa Ayu Andita Sari GarjitaProf. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si2015
Perilaku Mengajar Guru Pasca Sertifikasi Studi Kasus Pembelajaran Fisika Di Sman 1 SingarajaPKM-PI Nengah Edi Budiarta; I Komang Suliasa; Ni Putu Panca Dewi Savitri; Ni Putu Panca Dewi Savitri; Ni Made Intan PuspitaProf. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si.2015
Pemberdayaan Kelompok Sadar Wisata Di Desa Terunyan Melalui Pengembangan Trekking In Terunyan Sebagai Manifestasi Imbas Desa WisataPKM-MGusti Ayu Putu Bakti Mahayuni; Gusti Ayu Putri Ariyanti; I Dede Ari Saputra; Ni Putu Sri DianawatiLuh Putu Budi Yasmini, S.Pd.,M.Sc.2015
Pemberdayaan Anak – Anak Di Panti Asuhan “ Dana Punia”, Banyuning Singaraja Dalam Diversifikasi Barang Seni Berupa Lampion Lampu Tidur Dari Sampah Botol Minuman PlastikPKM-MGusti Ayu Putu Taharyanti; I Gusti Ngurah Wahyu Danuarta Yoga; Putu Desy Natalia; Kadek Agus Aditya MertaDr. I Gede Budasi, M.Ed2015
Pelatihan Pembuatan Jamu Tradisional Sebagai Upaya Pengembangan Produk Jamu Dikalangan Guru – Guru Dan Orang Tua Siswa Di SD Negeri 1 Undisan, Kecamatan Tembuku, Kabupaten BangliPKM-MI Dewa Ayu Yoni Dian Anggreni; Ni Wayan Dina Marziani; Komang Mia Sutrisna Dewi; Made Wahyu Kurniadhi KusumaDrs. Ign I Wayan Suwatra, M.Pd.2015
Rancang Bangun “Bayu Surya Bali Mandara” Sebagai Pembangkit Listrik Penerangan Jalan Tol Bali Mandara Berbasis Teknologi HibridPKM-TGde Parie Perdana; I Nengah Adi Mahendra; I Gusti Ngurah Bayu Sucitra; Ni Putu Ayu Eva Trisna WidiantiniI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Re-Design Endek: Upaya Pemberdayaan Kelompok Perajin Endek Di Desa Sidemen Menuju Endek Fashion Show 2015PKM-MI Gede Anggan Bayu Permana; I Wayan Windu Sara; I Kadek Dwi Gede Surya Widarta; Komang Mega Astriani; Gede Prendi PandreanaDewi Oktofa Rachmawati, S.Si.,M.Si.2015
Pelatihan Pemanfaatan Pandan Menjadi Tas Lukis Budaya Dan Bernilai Moral Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Angas Desa Klumpu, Kecamatan Nusa PenidaPKM-MI Made Aldiasta; Luh Dian Novita Sari; I Kadek Surya Mandarin; Made Hendra AristaI Made Pradana Adiputra S.E.,S.H.,M.Si2015
Pelatihan Pembuatan Tas Berbahan Dasar Pelepah Pisang Sebagai Upaya Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Di Desa Sulangai, Kecamatan Petang,Kabupaten BadungPKM-MI Made Karya Artana; IPutu Suamba Yoga; Rudi April AntoDr. Suheimi SyaBan, M.Pd.2015
Pembinaan Sistem Tanam Vertikultur Sebagai Optimalisasi Lahan Pekarangan Pada Ibu Rumah Tangga Desa Daup, BangliPKM-MI Wayan Pendi HaristantyaNegara; Ni Luh Putu Sri Dharmaningsih; I Dewa Ayu Kade Putri Apriani; I Nengah Adi WiryastanaProf. Dr. Ida Bagus Putu Arnyana, M.Si.2015
”Banana Inkubator” Alat Pematangan Buah Pisang Melalui Pemanfaatan Energi Panas Lampu Pijar Di Desa BatuagungPKM-MIda Ayu Putu Diah Lestari; I Dewa Ayu Gede Widhiasih; Ni Made Nita KurniawatiProf. Dr. I Wayan Santyasa, M.Si.2015
HAIL (Hybrid For Laptop)PKM-KCI Putu Gede Asrama I Putu Gede Adi M.; Putu Lidya Suky P.; I Gede Pariana; Ni Kd MurniningsihDr. Nyoman Santiyadnya, S.Si.,M.T.2015
Sistem Informasi P.O.S (Point Of Sales) Komputer Sebagai Salah Satu Upaya Mempermudah Penanganan Transaksi Penjualan, Pembelian Dan Pembukuan Di Toko Komputer ‘Kediri Computer’ Kabupaten Tabanan, BaliPKM-TI Gede Oka Wiradana; Made Ervan Aryantika; I Gusti Ayu Yulia Purnamasari; I Komang Indra WibawaDr. Edy Sujana,SE.,M.Si.,Ak.2015
Sistem Informasi Geografis Perjalanan Wisata Kuliner Di Kabupaten Buleleng Berbasis AndroidPKM-KCI Putu Andika Subagya Putra; I Gede Agus Saka Prasetya; Made WidiatmikaI Made Agus Wirawan, S.Kom.,M.Cs.2015
Aplikasi Local Language Translater (L2T) Sebagai Penerjemah Bahasa Indonesia Ke Dalam Bahasa Bali Berbasis AndroidPKM-KCNi Kadek Dwiyanti; Ni Wayan Arsani; Luh Astiti; Ni Made Krisnamurti UdayaniI Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs 2015
Uji Efektivitas Kombinasi Ekstrak Daun Liligundi (Vitex Trifolia) Dengan Ekstrak Daun Nimba (Azadirachta Indica A. Juss) Sebagai Obat Nyamuk AlamiPKM-PKadek Daivi Wahyuni; Nyoman Novita Purnami Dewi; Ni Putu Ayu Eva Trisna Widiantini; Ni Putu Yuliani; Kadek Shintya Rahayu DewiDra. Frieda Nurlita, M.Pd.2015
“Bobocan” (Boneka Danbo Cantik), Boneka Kertas Inovatif Sebagai Peluang Usaha Mandiri Yang ProspektifPKM-KSang Nyoman Putrayasa; Putu Harris Baskara Dinata; Komang Dauh Resmi; Made Jane PurnamaPt. Dewi Merlyna Y.P, S.S.,M.Hum.2015
“Android Souvernir” Oleh-Oleh Berdesain Sistem Operasi Andorid Inovasi Bisnis Berbasis TeknologiPKM-KRoby Winarto; Ketut Alit Marta Wiguna; Dewa Gde Arief BilanovaDr. I Wayan Mudana, M.Si2015
“Baju Sablon Berdesain Kebudayaan Nusantara” Berwirausaha Sambil Mengingatkan Dan Memperkenalkan Berbagai Macam Kebudayaan NusantaraPKM-KRizki Aryawan; Gede Doni Harta Sagita; Biolia Boangmanalu; Bayu Indra Kurniawan; Ana AndriyaniDr. I Made Tegeh, M.Pd.2015
“Cokodolcang” Usaha Produk Makanan Penambah Minat Anak Muda Di Kota Singaraja Terhadap Makanan TradisionalPKM-KRatih Mas Absari; I Made Sugi Antara; Ni Made Yuni Setyawati; Agus Mas JanurbawaI Putu Ngurah Wage Myartawan, S.Pd., M.Pd.2015
Usaha Camilan Ladrang Bumbu Bali “Labuli Sticks” Sebagai Peluang Bisnis ProfitabelPKM-KPutu Mursita Tenia Sari; Made Eny Andraeni Putri; Komang Dewangga Adi Sutra; Putu Utari MurtiningsihDrs. Gede Gunatama, M.Hum.2015
Noah Automatic (Nomor Rumah Otomatis)PKM-KPutu Mega Andri Leoni; Putu Agus Budi Artana; Luh Putu Trisnayani; Rizal FahmiDr. Ananta Wikrama, SE., M.Si.Ak.2015
Kotak Susun (Tempat Pensil Dan Pulpen Bertingkat) Usaha Produk Wadah Alat-Alat Tulis Berbahan Dasar Kaleng BekasPKM-KPutu Dena Ariesma Wahyudi; Aswan Riadi; Made Restu GotamaDr. I Made Kusuma Wijaya, S.Ked.2015
Carrot Donout Berbasis Industri Rumah Tangga Yang MenyehatkanPKM-KPutu Adi Maryastuti; Kadek Yuli Antari; Ni Made Desy Pratiwi Handaryani; Ni Kadek PurniawatiDrs. I Komang Wiyasa, M.Kes.2015
Ganesha Languan Center: Aneka Languan Culinary Bercita Rasa OriginalPKM-KPutu Adi Arimbawa; Ni Wayan Gunia Prastuti; Tude Nugraha Mahantara; Nur Syari`ah HidayatiDrs. I Made Nuridja, M.Pd.2015
“Lukisan Wayang Tradisional Kamasan” Berbagai Pernak Pernik Lukisan Nan Menawan Dari Desa KamasanPKM-KPutrilia Dwi Puspitasari; I Putu Eka Hendra Jaya; I Gusti Kompyang Susila Diarta; I Made Raka BudiarsanaI Gusti Ayu Purnamawati, S.E., M.Si.Ak.2015
Pengembangan Produksi Patung Yang Ekonomis Dan Memilik Nilai Seni Tinggi Dengan Bahan Baku Benalu Dan Akar Bambu Di Desa Peliatan, Kecamatan Ubud, Gianyar, BaliPKM-KI Nyoman Jim Sudarsana; I Made Adi Sanjaya; Ryan Teddy Rismawan; Komang Juni AntaraDrs. I Nyoman Gita, M.Si2015
Gina Bali CokePKM-KNi Wayan Maretayani; I Wayan Sanjaya; Ni Putu Suarningsih Eka PutriDrs.I Wayan Darsana, M.Ed.2015
“Griya Endek Sains – Kreasi Fashion Bernilai Budaya Dan Edukasi Dengan Aksen Kain Endek Khas Bali Yang Dimodifikasi Dengan Hukum-Hukum Sains”PKM-KNi Putu Panca Dewi Savitri; Ni Putu Sonia Virgawati Pratiwi; Ni Luh Heny Agustyari; Luh Ari Muliani; Ni Kadek Desi DwiyantariLuh Putu Budi Yasmini, S.Pd, M.Sc 2015
Kepet Bronise (Kepet Brokat Bernilai Seni) Sebagai Souvenir Khas BaliPKM-KNi Putu Anik Erawati; Anak Agung Alit Trisnawati; Ni Putu Evi Permata Dewi; Ni Putu Linda Antari; Kadek ErmawatiDra. Ni Nyoman Ganing, M.Hum.2015
Inovasi Terbaru Klepon Jajanan Khas Bali Berbahan Dasar Ubi Jalar Ungu Penggoyang LidahPKM-KNi Made Dwi Sintya; Prabayanthi; Ni Nengah Santini; Ni Luh Putu CariastiniDrs. I Ketut Artawan, M. Si 2015
Usaha Dodol Pelangi Rumput Laut Di Desa Ped Nusa PenidaPKM-KNi Made Aryastuti; Ni Kadek Widi Astuti; Ni Made Tusti Mahayani; Ni’ Matul Ulfa; Ni Putu Candra Prastya DewiDrs. I Made Suarjana, M.Pd.2015
“Electric Fan From Coconut Shells” Usaha Produk Kipas Angin Listrik Dengan Batok KelapaPKM-KNi Komang Sri Pustika Dewi; Ni Komang Lilik Handayani; Putu Dian Pratiwi; Ni Ketut Rika Andayani; I Kadek Agustian Bayu AtmajayaDrs. Nyoman Subratha, M.Pd.2015
Taman Loly Dance (Lovely Balinesse Dance), Upaya Pelestarian Tari Bali Pada Anak-Anak Kawasan Pariwisata, Desa Kaliasem, Lovina - SingarajaPKM-MKomang Aristi; Kadek Desi Ariati; Kadek Arianti; Ketut Serli AriskaNi Wayan Sukerti,S.Pd.,M.Pd.2015
Pelatihan Pembuatan Alat Deionisasi Air Laut Menjadi Air Tawar Dengan Menggunakan Teknologi Sederhana Untuk Masyarakat Di Pesisir Pantai Desa Batukandik Kecamatan Nusa Penida Kabupaten KlungkungPKM-MNi Wayan Sri Kartika Dewi; I Nengah Adi Mahendra; I Gede Oka SunanjayaI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Pelatihan Belajar Bahasa Inggris Melalui Inovasi Metode Pengajaran English Fun With Puppet Show Di SD Negeri 4 Kaliasem, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng Sebagai Upaya Meningkatkan Percaya Diri Anak Dalam Berbicara Menggunakan Bahasa InggrisPKM-MNi Putu Intan Permatasari; Ni Made Mas Arianti; Kadek Ayu Darmayanti; I Made Pasek SuwarbawaLuh Diah Surya Adnyani, S.Pd.,M.Pd.2015
Pembuatan Alat Pembantu Petani Dalam Menanam Kacang Tanah Di Subak Kumpul Gede Desa BonaPKM-TI Kadek Wirawan; Ni Ketut Mudiantari; Afaf LuhfaqikhDr. Nyoman Gita, M.Si2015
Adsorpsi Zat Warna Azo Jenis Remazol Black B Menggunakan Membran Kompleks Polielektrolit (Pec) Kitosan-PektinPKM-PKetut Yesi Andriani; Made Anggun Ayun Puspa; Kadek Anggi Apriliani; Luh Ratna SusantiNi Putu Sri Ayuni, S.Si., M.Sc.2015
Kele Club Center: Sarana Budidaya Kele “Upaya Optimalisasi Potensi Produksi Madu Di Desa Bungaya”PKM-MNi Putu Fani Andriani; Made Rahayu Sulistya Dewi; A.A. Istri Rai Widia Putri Dalem; Ni Luh Herlinawati; I Made Tisna SagitaI Gede Yudi Wisnawa, S.Pd., M.Sc2015
Pengenalan Matematika Sebagai Pelajaran Yang Menyenangkan Dengan Cara Pemberian Pelajaran Tambahan Untuk Anak-Anak Di Desa DenbantasPKM-MNi Putu Erin Febri Astuti; I Made Edy Bangkit Saputra; Ni Putu Intan Puspa Dewi; I Nyoman KusumawardhanaI Gusti Nyoman Yudi Hartawan,M.Sc.2015
“Labu” (Lukisan Abu) Inovasi Dari Pengembangan Seni Karya Lukisan SederhanaPKM-KSang Made Surya W. ; Andy Try Mulyono; Gede Oky Andika PrasetyaNi Made Rai Wisudariani. M.Pd2015
Pelatihan Pembuatan Kerajinan Sokasi Berbahan Lontar Di Desa TianyarPKM-MNi Putu Eka Sucipta Dewi; Ni Putu Intan Puspa Dewi; Made Septya Harsini Utami; I Wayan Dharma WijayaI Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd.2015
Pelatihan Penggunaan Keyboard Dengan Interface Aksara Bali Untuk Guru Dan Siswa SMA Negeri 1 Singaraja Guna Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Dan Aksara BaliPKM-MNi Putu Diana Sari; Kade Arista Anggisavitri; Gede Edi SubawaI Wayan Gede Wisnu, S.S., M.Si. 2015
Alat Peraga Instalasi Listrik PortablePKM-KDeva Arya Wibawa; I Putu Edy Suryawan; Dewa Ayu Sasti Sawitri; Eka Liana DeviI Wayan Sutaya, S.T.,M.T.2015
Bento Sweety ( Sweet And Healty)PKM-KGusti Ayu Made Indah Pradnyani; Ni Nyoman Satriani; Lhutfika Denytasari DebyoDrs. DBKN Semara Putra, S.Pd.,M.For.2015
Endekwear : Kaos Modifikasi Kain Endek Khas Tradisional BaliPKM-KGusti Putu Agus Sadya Eka Putra; Ni Luh Putu Ayu Diah Puspayanthi; I Putu Gde Caesar Renddy Wicaksana; I Komang Agus Indrawan; Putu Widya Putra AdnyanaProf. Dr. I Nyoman Adi Jaya Putra, M.A.2015
Kerajinan “Barong Mini” Sebagai Alternatif Promosi Budaya BaliPKM-KI Dewa Ayu Ratnadewi; Ni Putu Tina Trisnawati; Ni Putu Juni Antari; Sang Made SugiartaDrs. I Wayan Darsana, M.Ed.2015
Kue Panggang Umbi Talas, Memaksimalkan Peluang Usaha Dari Kue Pangngang Umbi TalasPKM-KI Gede Andi Suta Darmawan; Ni Putu Sri Widiutami; Ni Made Yuli Sawitri; Ni Luh Yuni AndrianiI Made Pradana Adiputra, S.E.,S.H.,M.Si. 2015
TECHNO ( Laundry Laptop & Komputer )PKM-KI Gede Jupi Permana Bayu; I Gede Ajus Setiawan; Kadek Nike KrisnayantiI Made Gede Sunarya, S.Kom., M.Cs 2015
“Peternakan Anjing Kintamani” Sebagai Wujud Apresiasi Dalam Melestarikan Dan Membudidayakan Anjing Kintamani Sebagai Ikon Trah Anjing IndonesiaPKM-KI Ketut Arya Dharma Suputra; I Gede Indo Wahyu Dirgantara; I Dewa Nyoman Mastri Suputera; I Gede Wisnu AntaraI Gede Astawan, S.Pd,.M.Pd 2015
Usaha Bross Berhiaskan Kain FlanelPKM-KI Made Ardi Sanjaya; Gita Juliana; Andela Safitri; I Gusti Ayu Virgin Septiarini; Putu Adinda DamayuniDr. Tuty Maryati, M.Pd.2015
Bertani Bunga Pacar AirPKM-KI Made Rai Saputra; I Wayan Raka Saputra; I Wayan Adhi Mahardika; Ni Kadek Ayu NatalyaniDr. I Ketut Sudiana, S.Pd, M.Kes2015
“Leberstik”Usaha Produk Lampu Elektronik Dengan Stik Eskrim Hias Sebagai Hiasan Kamar Mahasiswa.PKM-KI Nyoman Adijaya; I Made Ambara; I Jero Gede NgartiAgus Adiarta, S.T., M.T.2015
“TERSERANG” RED ANT MACHINE. (“Ternak Semut Rangrang” Mesin Uang Semut Merah Yang Profitable)PKM-KI Putu Okta Pradipta; Putu Wika Putrawan; Putu Wika Lestari; Putu Agus SuryantaraFridayana Yudiaatmaja.,M.Sc2015
“Hiasan Pelangi” Kerajinan Botol Bekas Sebagai Hiasan Yang Unik Dan MenarikPKM-KI Putu Suarbawa; I Made Dwi Wiguna; I Wayan Juliarsa; I Gede Dody Mahaputra;I Nyoman ArtawaI Wayan Widiana, S.Pd.,M.Pd.2015
Olahan Gonad Landak Laut “Bali’o” Sebagai Makanan Khas Bali Utara Dengan Cita Rasa Balinese Original Food Di Kota SingarajaPKM-KI Wayan Dena; Putu Cindy Arista; I Gusti Ngurah Bayu Sucitra; Ni Putu MirnawatiDrs. I Ketut Artawan, M.Si2015
Coconut Puding With Vla BananaPKM-KIda Ayu Mei Suryaningsih; Luh Putu Naintin Febri Cahyani; Ni Komang Santiari; Putu Martini; Komang Ratna MayuniTrianasari, Ph.D.2015
“Selakuma” Usaha Produksi Selai Kesehatan Berbahan Dasar Kulit ManggisPKM-KJihan Auliya; Maya Octavia; Kadek Cintia Apsari; Kadek Nopy ArianiI Gusti Nyoman Yudi Hartawan, M.Sc.2015
“Fliver” Usaha Produksi Dan Pemasaran Flip Cover Berbahan Dasar Kain Endek Khas BaliPKM-KKadek Yuli Cahyaningsih; Ketut Ali Karisma; Ni Luh Junia Purnami; I Gede Juli Adnyana; Nira PrakasitaDewi Oktofa Rachmawati, S.Si, M.Si2015
“Gunci” Usaha Produksi Dan Pemasaran Gantungan Kunci Seruling Berbahan Dasar BambuPKM-KKetut Ali Karisma; Kadek Megantara; Kadek Agus Wira Hermanda; I Made Adi Wira Nata Putra; I Ketut Putra SanjayaDewi Oktofa Rachmawati, S.Si, M.Si2015
Panorama Genta Ganesha: New Branding Produk Dupa Profit Marketing Melalui Konsep Multi-DiversifikasiPKM-KLuh Putu Septa Arisna Dewi; Desak Putu Arimas D. S.; Ni Made Natallina Kusumayani; Rahmat Budi PrasetyaDrs. I Made Nuridja, M.Pd.2015
Usaha Produk Kerajinan Tas Laptop Berbahan Dasar Anyaman Pelepah PisangPKM-KMade Agustiana; Luh Putu Diah Utami Chandra Sari; Kadek Aris Priyanthi; I Putu Juni Adipura DianaDessy Seri Wahyuni, S.Kom.,M.Eng.2015
ALAMAK ( Aneka Lampion Kreatif ): Upaya Pemanfaatan Lidi Sebagai Usaha Kreatif Pembuatan Lampion yang Unik, Ramah Lingkungan, Ekonomis dan Variatif Sebagai Usaha yang MenguntungkanPKM-KMade Oka Artha Wiguna; I Dewa Putu Putra Wira Dharma; I Made Bagus Wicaksana; Anak Agung Cindy Amanda Pramita; I Putu Agus Raditya PramitAProf. Dr. I Made Ardana, M.Pd2015
“Nugello” Nugget Rumput Laut Dengan Berbagai Bentuk Dan Kaya NutrisiPKM-KMade Yogi Andwika Pangestu; Putu Ellis Octaviyani; I Made Dwyka Aryawan; Luh MirayaniIda Ayu Hemmy Ekayani, S.Pd., M.Pd.2015
Lhubakbali : Pelatihan Produksi Lampu Hias Unik Batok Kelapa Bermotif Khas Bali Sebagai Solusi Peningkatan Ekonomi Masyarakat Di Desa Bondalem, TejakulaPKM-MI Dewa Putu Putra Wira Dharma; Made Oka Artha Wiguna; I Made Bagus Wicaksana; I Putu Agus Raditya Pramita; Anak Agung Cindy Amanda PramitaProf. Dr. I Made Ardana, M.Pd.2015
No Judul Bidang Pelaksana Dosen Pembimbing
(Ketua Dan Anggota)
1 "AMR" Usaha Robot Beroda Dengan Sensor Ultrasonik Sebagai Media Belajar Program Dan Pengenalan Komponen Penyusun Robot Yang Di Lengkapi Dengan Buku Pembimbing Belajar   PKM-K Ketua     :  Kadek Indra Kusuma Harta I Wayan Sutaya, S.T.,M.T
NIM. 1315061018
Anggota :
Gede Setiadarma / 1515061012
Komang Diva Palguna / 1315061009
2 VCO (Virgin Coconut Oil) Pejati Dari Limbah Buah Kelapa Persembahan Banten Mantapkan Ekonomi Tukang Sapu Di Areal Pura Penataran Dalem Ped, Nusa Penida   PKM-K Ketua     :  I Ketut Andika Pradnyana I Made Ardwi Pradnyana, S.T,M.T
NIM. 1515051074
Anggota :
Gusti Ayu Wedayanti Indriani / 1515050321
Ida Ayu Desi Astuti / 1413011045
I Wayan Preana / 1504081005
3 Portable Simulator Resistor : Solusi Produk Pintar Untuk Belajar Resistor Siswa SMA Dan SMK   PKM-K Ketua     :  Putu Kajeng Sudirja Asprilla Dr. Agus Adiarta, S.T.,M.T
NIM. 1415081011
Anggota :
I Gede Arya Sukarya / 1415051070
Kadek Erin Dwiyanti / 1415061010
Kadek Indra Kusuma Harta / 1315061018
4 MIABI (Miniatur Adat Bali): Produk Seni Inovatif Yang Profitable PKM-K Ketua     :  Ni Wayan Unggsari Dr. Ni Ketut Rapi, M.Pd
NIM. 1513021002
Anggota :
Putu Widya Kesuma / 1517051026
Ni Made Evi Pracintia / 1413021005
Ni Luh Putu Novidyantari / 1613021005
Ni Komang Putri Lusiana Dewi / 1513031036
5 Pemanfaatan Kotoran Babi Sebagai Pellet Bahan Bakar (Sebagai Salah Satu Upaya Untuk Penelusuran Energi Terbarukan) PKM-K Ketua     :  Luh Putu Ayu Lakshemini Oka I Nyoman Sukarta, S.Pd., M.Si
NIM. 1403051007
Anggota :
Made Ayu Sri Wahyuni / 1403051003
I Gusti Ayu Wedayanti Indriani / 1503051008
Putu Prami Pradnyani / 1603051001
6 "Sprinlant" Usaha Alat Penyiram Tanaman Otomatis Dengan Lcd Portabel Berbasis Wireless PMK-K Ketua     :  Gede Panji Jaya Negara I Wayan Sutaya, S.T.,M.T
NIM. 1415061030
Anggota :
Kadek Dipa Sukesa / 1415061020
Imam Rosyidi / 1415061007
7 Wallsticker Abang Fisika (Ayo Belajar Tentang Fisika) Sebagai Produk Dekorasi Pendidikan Profitable PMK-K Ketua     : Siti Nur Hidayah Drs. Iwan Suswandi, M.Si
NIM. 14130211017
Anggota :
Ni Wayan Unggasari / 1513021002
Ni Putu Martina Pradnyani / 1613021013
Ni Wayan Winiasih / 1517051219
Ni Kadek Ardiani Rahajeng / 1513021004
8 Pelatihan Pembuatan Desapembar (Destilator Alat Penangkap Embun Air) Di Dusun Bengkel Desa Alasangker, Singaraja Sebagai Alternatif Inovatif Dalam Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih PKM-K Ketua     : I Gede Indra Ferryana Dr. I Nyoman Santiyadnya, S.Si.,M.T
NIM. 1615061025
Anggota :
Gede Pardika / 1615061011
 Luh Putu Suryantini / 1517051153
Agus Faiz Fahruddin / 1615061017
Kadek Dwi Indira Suryanada / 1613041028
9 Penggunaan Metode Demonstrasi Berbantuan Kamus Dasar Gerakan Tari Dalam Melatih Tari Bali Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu Slb B Negeri Sidakarya PMK-K Ketua     : I  Gusti Ayu Candra Dewi Drs. I Wayan Sujana, S.Pd.,M.Pd
NIM. 1411031147
Anggota :
Ni Wayan Nik Lisa / 1411031130
Ni Putu Trisna Hendrayani / 1411031133
Ni Putu Riska Arsanti / 1511031107
Putu Suryantini / 1411031148
10 Pelacak Bon: Pelatihan Tari Kecak Untuk Melestarikan Tari Warisan Leluhur Di Desa Bona PMK-K Ketua     : I  Kadek Wirawan Dr. Ni Ketut Rapi, M.Pd
NIM. 1413021011
Anggota :
Ni Komnang Sophize Yustitie / 1513021041
I Wayan Rudiartadi / 1413021019
I Wayan Adi Suryawan / 1513021028
Ni Komang Putri Lusiana Dewi / 1513031036
11 "Labonesia" Usaha Lampu Hias Elektronik Motif Batik Indonesia Dengan Led Panca Warna PMK-K Ketua     : Kadek Reda Setiawan Ketut Udy Ariawan, S.T.,M.T
NIM. 1615061007
Anggota :
Pande Luh Putu Adi Puri Laksani / 1515061005
I Made Ambara / 1315061011
12 Alareft" Usaha Alaram Anti Maling Dengan Remot Kontrol Berbasis Wireless PMK-K Ketua     : Kadek Dipa Sukesa I Wayan Sutaya, S.T.,M.T
NIM. 1415061020
Anggota :
Gede Panji Jaya Negara / 1415061030
Imam Rosyidi / 1415061007
13 SENA SAKTI (Sekolah Bencana; Siaga, Aksi Dan Mitigasi) PMK-K Ketua     : Fahyumi Rahman Putu Indra Christiawan, S.Pd.,M.Sc
NIM. 1414031019
Anggota :
Putu Eka Supriyatama / 1414031005
Gusti Putu Desya, S.P / 1414031016
Irawan Satriadyanto / 1415071001
Kristiyani / 1612021106
14 Pelatihan Budidaya Buah Naga Dengan Teknik Tumpang Sari Pada Lahan Tandus Di Desa Batu Kandik Nusa Penida PMK-K Ketua     : I Nyoman Wahyu Mahardika I Made Suarsana, S.Pd.,M.Pd
NIM. 1513011094
Kadek Wiwik Antari / 1617051120
I Kadek Suryana / 1413011034
Pande Wiwik Widiantari / 1417011033
15 SENAYA (Sensor Cahaya) Alat Otomatis Sebagai Upaya Pencegah Tindakan Asusila Dan Kriminalitas PMK-K Ketua     : Putu Asti Sucistha Purnamayani
NIM. 1605031008
Anggota : Luh Krisnawati, S.T.,M.T
Wayan Andi Arta Tangkas / 1605031004
Zaid Murtadho / 1615061026
Made Fandy Darmadi / 1515061029
16 "Bokoji" Bokor Koran Bekas Dan Serbuk Gergaji PMK-K Ketua     : Putu Mila Budiyanti Drs.  I Nyoman Sujana, M.Si
NIM. 1617051092
Anggota :
Desak Kadek Ega Dewi Julianingsih / 1617051058
Luh Alin Kristiani / 1617051093
Komang Bayu Suta Wijaya / 1317041027
Santa Tifanny Margaretha Datu / 1617051068
NO JUDUL BIDANG DOSEN PEMBIMBING PELAKSANA NIM
(KETUA DAN ANGGOTA)
1 Gamis Kien (Kimono Endek) : Berpakain dengan Syari tetap Trendy dengan Perpaduan Kain Indonesia PKM-K Dr.Sudirman, MLS Novia Hanum 1613011029
Ni Made Putu Meianti 1613021045
Luh Putu Mila Arsani 1615011007
Santi Amalia 1613011103
Riskha Khairun Nisa 1717041032
2 Usaha Lampu Belajar Multi Fungsi dari Limbah Kayu di Lengkapi dengan Alat Pengatur Intesitas Cahaya PKM-K Dr. Agus Adiarta, S.T.,M.T. I Made Adi Krisman 1715061010
Kadek Perayani 1612011061
Kadek Ega Oktaviani 1717041048
3 On Ta Print (Online Task Print) : Usaha Jasa Cetak Berbasis Daring PKM-K Putu Sukma Kurniawan, S.T.,M.A. Komang Intan Cahyani Devi 1617041125
Kadek Teguh Yogi Aditya 1515051020
Komang Velia Prihartini 1617011027
4 Smart Sleep Lamp Berbasis Smartphone : Inovasi Lampu Tidur Pencegah Kanker yang Perofitable PKM-K Drs. Iwan Suswandi, M.Si. Ni Kadek Ardiani rahajeng 1513021004
Ni Wayan Winiasih 1517051219
Safaratul Aini 1513041006
NI Kadek Dwi Sinta Lestari 1613021011
Gede Puja Dewantara 1615061006
5 Timbal (Tirai Bambu Aksara Bali ) PKM-K Kompyang Selamet, S.Pd.,M.Pd. Made Utari Widayati 1513071037
Septi Ariyani 1513071030
Linda Purbasari 1513071045
Ni Nyoman Serina Marleni 1517041151
Luh Sudarmi 1712051008
6 Filtrasi dan Adopsi Karakter Masyarakat Desa Tujuan Wisata Penglipuran melalui medikka ( Media Pendidikan Karakter ) dalam Pelatihan Guru-Guru di SD Negeri 2 Rendang PKM-M Drs. I Wayan Sujana, S.Pd.,M.Pd. Ni Luh gede Putri Anggriani 1511031333
I Dewa Ayu Novi Alpriyani 1511031208
I Wayan Aan Parantika 1611031073
7 Edukasi dan Pelatihan Keterampilan Komunitas JEPRI-LINK Desa Tejekula dalam Pemanfaatan Sampah Plastik sebagai Filler pada Pembuatan Paving Block PKM-M Dr.I Dewa Ketut Sastrawidana, S.Si., M.Si. Gede Gery Apriliana Putra 1713081006
I Kadek Alit Wijaya Pratipta 1613031025
Ni Komang Ayu Sekarini 1613031013
Gede Agus Hendra Wirawan 1713081012
I Kadek Yudi Saputra 1721021088
8 Potensi Pemanfaatan Limbah Membran Kulit Ari Telur Ayam sebagai Solids Support Enzim Lipase dalam Biosensor untuk Menentukan Gliserida dalam Serum Darah Berbasiskan Sistem Egfet (Extended Gate-Field Effect Transistor) PKM-PE Dr. I Nyoman Tika, M.Si. Gede Jody Wikranta Kunde 1413031054
Ni Made Dwi Yuliapsari 1413031045
Made Natalina Murningsih 1513031012
9 Pengembangan Membran Dari Limbah Produksi Nata De Coco Untuk Penyerapan Zat Warna Limbah Tekstil PKM-PE Ni Putu Sri Ayuni, S.Si.,M.Sc Putu Ayu Dian Astari 1603051015
Ni Kadek Intan Yuliastrini 1603051002
Ni Made Nita Natar Sari 1413031008
10 Eksplorasi Penambahan Daun Gamal (Gliricidia Sepium) dan Air Cucian Beras Putih Untuk Meningkatkan Kualitas Pupuk Organik Cair Urin Sapi ( Sebagai Salah Satu Upaya Good Agriculture Practices ) PKM-PE Made Vivi Oviantari,S.Si.,M.Si. Ni Luh Putu Liang Sri Wahyuni 1603051014
Luh Reka Agustini 1603051003
Ni Putu Nila Ristiari 1513041018
11 Implikasi Perkawinan Pada Gelahang Terhadap Eksistensi Masyarakat Adat Patrilinial di Bali PKM-PSH Ni Ketut Sari Adnyani, S.Pd.,M.Hum. Kadek Widya Antari 1514101006
Ni Kadek Ayu Suryani 1514101005
Nengah Muhammad Zakaria 1714021022
No Nama NIM/NIP/NIDN Jabatan/Jurusan/ Program Studi Judul PKM
1 Dr. Agus Adiarta, S.T, M.T 196608181998021001 Dosen Pembimbing "undangmenikah.com" DIGITAL WEDDING INVITATION
Ida Bagus Rai Kusuma Negara 1915101024 Ketua/ Ilmu Komputer
Putu Pipit Pricellia Eka Putri 1914101062 Anggota/ Ilmu Hukum
Ni Wayan Dian Yusmara Yanti 1817051256 Anggota/ S1 Akuntansi
I Wayan Widnyana 1717041124 Anggota/ Manajemen
2 Kadek Lila Antara, S.Pi., M.P. 198307312008121003 Dosen Pembimbing ANGEL (Anggur Laut Soothing Gel)
Luh Komang Galuh Somia Antari 1813111019 Ketua/ Akuakultur
Ni Putu Nadya Susanti 1813111001 Anggota/ Akuakultur
Ni Luh Putu Suartini 1813031012 Anggota/ Pendidikan Kimia
Gst Ag Ayu Pt Ratna Widiantari 1917051129 Anggota/ S1 Akuntansi
3         Dr. I Nyoman Dodik Prasetia, S.Si., M.Si. 197706092008121002 Dosen Pembimbing Inovasi Wetsuit Sebagai Pakaian Pelindung Untuk Aktivitas Nelayan
Maulidin Nur 1813111010 Ketua/ S1 Akuakultur
Luh Komang Galuh Somia Antari 1813111019 Anggota / Akuakultur
Ni Putu Nita Astri Lestari 1813111005 Anggota / Akuakultur
Ni Made Ayu Mita Kusumadewi 1815091040 Anggota / Sistem Informasi
Ni Luh Ayu Adnyani 1917011019 Anggota / Pendidikan Ekonomi
4 Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si. 196408271991021001 Dosen Pembimbing Smart Project Educational Robot (SpaceR) sebagai Robot Edukasi
I Putu Raka Nata 1713021022 Ketua/ Pendidikan Fisika
I Gede Dandi Yudha Sutamara 1717051394 Anggota/ S1 Akuntansi
I Wayan Yasana 1713021018 Anggota/ Pendidikan Fisika
Gede Sandita Widiada 1815061010 Anggota / Pendidikan Teknik Elektro
Kadek Aldi Setiawan 1713011063 Anggota / Pendidikan Matematika
5 Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd. 196205151988031005 Dosen Pembimbing E-Privat : Sistem Pemilihan Guru Les Privat Menggunakan Kombinasi Metode Analytical Hierarchy Process dan Simple Additive Weighting
Kadek Edi Yudiawan 1715051104 Ketua/Pendidikan Teknik Informatika
Putu Agus Januarta 1712021114 Anggota / Pendidikan Bahasa Inggris
Kadek Wawan  Cahyadi 1815091062 Anggota / Sistem  Informasi
6 Dr. Drs. Ida Bagus Putu Mardana, M.Si 196408271991021001 Dosen Pembimbing Pemberdayaan Masyarakat Miskin Dlam Budidaya Ayam dengan Micro Organisme Local System di Desa Manistutu-Jembrana
Ivan Hadi Prawira Negara 1713021012 Ketua/Pendidikan Fisika
Antoni Murdiono   1712011062 Anggota / Pendidikan Bahasa Indonesia
M. Syahrizal Aldi   1813021003 Anggota / Pendidikan Fisika
Herdinata Bukit   1713021028 Anggota / Pendidikan Fisika
Nuimul Hidayat   1911021033 Anggota / Teknologi Pendidikan
7 Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A. 198911202015041001 Dosen Pembimbing     Revitalisasi Lukisan Wayang Kaca Desa Nagasepaha Melalui Konsep Tri Hita Karana Dalam Mewujudkan Desa Wisata Di Kawasan Bali Utara 1717041124
I Gusti Agung Gede Wahyu Widhi Atmika 1617051054 Ketua / Akuntansi Program S1
I Wayan Widnyana   1717041124 Anggota / Sistem Informasi
Ketut Jodi Mahendra 1814101032 Anggota / Ilmu Hukum
Komang Putrayasa 1714101019 Anggota / Ilmu Hukum
Wayan Nandaria Putri Sastrawati 1712031026 Anggota / Pendidikan Seni Rupa
I Made Bagus Alviantara 1915091037 Anggota/ Manajemen
8 dr. Ni Nyoman Mestri Agustini, S.Ked., M.Kes., M. Biomed., Sp.N 198508252009122007 Dosen Pembimbing                 Terapi Drama Musikal Hand Hygiene Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Psikomotorik Pada Down Syndrome Usia Sekolah Di Slbn 2 Buleleng
I Gusti Agung Mirah Puspitayani 1818011045 Ketua / Kedokteran
Kadek Devi Indah Anggelina 1818011018 Anggota / Kedokteran
Ketut Intan Widia Sari 1711031246 Anggota / Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kadek Putri Devyanthi Rahayu 1818011013 Anggota / Kedokteran
Anak Agung Ayu Lie Lhiannza Mahendra Putri 1818011026 Anggota / Kedokteran
9 I Made Ardwi Pradnyana, S.T., M.T.) 198611182015041001 Dosen Pembimbing         Tumbler Beredukasi Lingkungan Sebagai Upaya Pengembangan Jiwa Kewirausahaan Anak-Anak Kurang Mampu Komunitas Pijer Muntig Yayasan Taksu Tridatu
Ni Wayan Dian Yusmara Yanti 1817051256 Ketua / S1 Akuntansi
Ketut Widya Astuti 1712021088 Anggota / Pendidikan Bahasa Inggris
Kadek Ari Karismayani 1817041140 Anggota / S1 Manajemen
Putu Mitha Aryasita 1717051225 Anggota / S1 Akuntansi
Silvi Yatunairoh   1713081010 Anggota / Kimia
10 Dr. I Nyoman Tika, M.Si 196312311989031026 Dosen Pembimbing     Biosensor Deteksi Dini Kanker Payudara dengan Modifikasi Elektroda Partikel Nano Emas pada Media Kulit Telur Ayam yang Dikarbonasi
Kadek Resa Widiasari 1818011029 Ketua / Kedokteran
Gede Gery Apriliana Putra   1713081006 Anggota/Kimia
I Kadek Parwantara Aryanika 1713081013 Anggota /Kimia
11 Dr. I Dewa Ketut Sastrawidana, S.Si., M.Si 196804171995011001 Dosen Pembimbing Electrochemical Oxidation Termodifikasi Multi Elektroda Karbon Untuk Pengolahan Air Limbah Pengolahan Ikan
Kadek Lia Widyanti 1813081010 Ketua / S1 Kimia
Pande Putu Diah Suci Laksmi 1813081002 Anggota / Kimia
Gede Agus Hendra Wirawan 1713081012 Anggota / Kimia  
12 Dr. I Dewa Ketut Sastrawidana, S.Si.,M.Si 196804171995011001 osen Pembimbing Pemanfaatan Sampah Plastik Berpaduan Batu Merah Tajun sebagai Agregat Halus untuk Pembuatan Batako Dekoratif Sistem Interlocking
Gede Gery Apriliana Putra 1713081006 Ketua / Kimia
Gede Agus Hendra Wirawan 1713081012 Anggota / Kimia
Cokorda Gde Krisparinama 1613021017 Anggota / Pendidikan Fisika
13 Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, S.pd.,M.Sc. 196912311994031012 Dosen Pembimbing Rafinasi Dan Penentuan Kombinasi Campuran Serat Alam Kulit Buah Gayam Untuk Bodi Kendaraan
I Kadek Ariadi Saputra 1713081011 Ketua / Kimia  
I Putu Gede Arya Wahyu D.K 1613031017 Anggota / Kimia  
I Made Pasek Budi Susila 1715071031 Anggota / Pendidikan Teknik Mesin  
14 dr. Ni Nyoman Mestri Agustini, S. Ked, M.Kes, M.Biomed, Sp.N 198508252009122007 Dosen Pembimbing Uji Efektivitas Spray Ekstrak Propolis Lebah Trigona Sp Dalam Penyembuhan Luka Bakar Derajat II
Made Widya Lestari 1818011030 Ketua / Kedokteran
Putu Cahyani Paramita Yoga 1918011009 Anggota / Kedokteran
Komang Sherly Ulandari 1918011008 Anggota / Kedokteran
15 Putu Sukma Kurniawan, S.T., M.A 198911202015041001 Dosen Pembimbing Manajemen Desa Adat Dalam Mempertahankan Eksistensi Industri Minuman Beralkohol Tradisional Bali
Ni Kadek Ayu Wiratini 1717011020 Ketua / Pendidikan Ekonomi
Ni Kadek Suarni   1717011043 Anggota/ Pendidikan Ekonomi
Wayan Firstia Arika Savitri   1717011018 Anggota/ Pendidikan Ekonomi  
16 Dr.rer.nat. I Wayan Karyasa, S.pd.,M.Sc. 196912311994031012 Dosen Pembimbing Egg Tray Dari Serat Jerami Dan Nanosilika-Karbon Untuk Mengatasi Permasalahan Wadah Telur Di Sentra Peternakan Ayam Petelor Pt. Armada Bangli.
Putu Laksmi Devi 1713081001 Ketua / Kimia
Putu Nita Kusuma 1713071012 Anggota / Pendidikan IPA
Putu Sumerta Dana 1705031001 Anggota / Pendidikan Teknik Elektro  
Silvi Yatunnairoh 1713081010 Anggota / Kimia
Gusti Ayu Made Melia Purnami   1713081005 Anggota / Kimia  
Siti Arofatul Amrina   1913071019 Anggota /Pendidikan IPA
17 Dr.Nyoman Santiyadnya, S.Si., M.T. 197106161999031007 Dosen Pembimbing BOOST CHARGER HP portabel dari mesin jam dinding bekas
I made adi krisman 1715061010 Ketua / Pendidikan teknik elektro
Luh Ria Wahyuni 1617051031 Anggota / S1 Akuntansi
Ni Komang Ayu Sundari 1715061005 Anggota / Pendidikan Teknik Elektro
Komang Adi Saputra 1905031003 Anggota / Teknik Elektronika
Made Juliadi 1805031007 Anggota / Teknik Elektronika
No Nama NIP/NIDN/ NIM Jabatan/ Jurusan/ Program Studi Judul PKM Jenis PKM
1 Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd. 0031125914 Dosen Pendamping Penggubahan Buku Ajar dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Literasi Anak Kidal di SD Kota Denpasar PKM Riset Sosial Humaniora
Made Agus Dwi Pradnyana Dita 1811031031 Ketua / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Wayan Nik Sri Artini 1811031045 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
I Kadek Dwi Indra Setiawan 1811021001 Anggota / Teknologi Pendidikan
Ni Pande Kadek Dewi Sudiartini 2011031009 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
2 Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd. 0031125914 Dosen Pendamping Pelatihan Pengadopsian Subak berbasis Tri Hita Karana sebagai Sumber Belajar dalam Penguatan Karakter Siswa bagi Guru SD 1 Gadung Sari PKM Pengabdian Kepada Masyarakat
Ni Wayan Nik Sri Artini 1811031045 Ketua / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Made Agus Dwi Pradnyana Dita 1811031031 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Made Hapsari Vidyastuti 1911031016 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
I Wayan Yoga Diputra 1911031073 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
I Made Yogi Diputra 1911031072 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
3 Drs. I Komang Ngurah Wiyasa, M.Kes. 0014045906 Dosen Pendamping Pemanfaatan Limbah Canang Sari sebagai Limbah Organik dalam Pembuatan Pupuk Kompos di Kelurahan Lelateng PKM Pengabdian Kepada Masyarakat
I Gede Jaya Putra Negara 1917011017 Ketua / S1 Pendidikan Ekonomi
Ni Putu Ratna Swinita 1911031049 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Komang Ayu Juli Utami 1917041083 Anggota / S1 Manajemen
Ni Putu Putri Puja Dewantari 1913041007 Anggota / Pendidikan Biologi
Ni Komang Sapta Putri Mertha Agustina 2017051015 Anggota / S1 Akuntansi
4 Ida Ayu Putu Suryanti, S.Si., M.Si. 0005128205   Dosen Pendamping "Athreeburn plyen" Solusi Souvenir Unik Lukis Bakar Warna dari Limbah Venir PKM Kewirausahaan
Abu Bakar Sidiq 1813041021 Ketua / S1 Pendidikan Biologi
Yordan Putra Bintoro 1812031017 Anggota / S1 Pendidikan Seni Rupa
Labbaika Filan Agyata 1817051139 Anggota / S1 Akuntansi
Shanty Susanty 1917011042 Anggota / S1 Pendidikan Ekonomi
Dwi Ardaniansyah 1813071002 Anggota / Pendidikan IPA
5   Drs. I Wayan Sujana, S.Pd., M.Pd. 0031125914   Dosen Pendamping Pelatihan Authoritative Parenting Kecakapan Hidup Siswa Dengan Menginspirasi Karakter Tokoh Pewayangan Lukisan Kamasan Pada Orang Tua Di SD Jumpai Klungkung PKM Pengabdian Kepada Masyarakat  
Ni Komang Taris Susiliastini 1911031025 Ketua / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Made Windya Candrayani 1911031027 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Putu Hita Keswari 1911031033 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Pande Kadek Dewi Sudiartini 2011031009 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
6 Dr. Putu Nanci Riastini, S.Pd., M.Pd. 0027048601   Dosen Pendamping Coaching Dan Mentoring Math-Powtoon Bagi Guru Slb Di Kabupaten Buleleng Untuk Optimalisasi Pembelajaran Matematika Siswa Tunarungu PKM Pengabdian Kepada Masyarakat
Gde Rama Isimunuartha 1813011066 Ketua / S1 Pendidikan Matematika
Rohmat Romadhan 1811021013 Anggota / Teknologi Pendidikan
I Gusti Ngurah Kade Angga Juliartawan 1811031112 Anggota / S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Kadek Dwi Utami 1913011001 Anggota / S1 Pendidikan Matematika
Ni Wayan Ayu Kesumawati 1913011009 Anggota / S1 Pendidikan Matematika
7 I Nyoman Sukarta, S.Pd., M.Si. 0006027609   Dosen Pembimbing Pengujian Efektivitas Ekstrak Kulit Jeruk Bali (Citrus maxima) Berdasarkan Perbedaan Tingkat Kematangan terhadap Daya Hambat Jamur pada Roti PKM Riset Eksakta
Nathasya Imanuella 1813031046 Ketua / S1 Pendidikan Kimia
I Gusti Ayu Agung Dyah Armayanti 1813031042 Anggota / S1 Pendidikan Kimia
Desak Putu Eka Candrawati Arsini 1913031009 Anggota / S1 Pendidikan Kimia
Ni Made Sitiari 1813041038 Anggota / S1 Pendidikan Biologi
8 Dr. Ida Bagus Putu Mardana, M. Si 0027086402   Dosen Pendamping Electronic Course Frozen Food Olahan Ayam Berbasis Digital Marketing PKM Kewirausahaan
M. Syahrizal Aldi 1813021003 Ketua / S1 Pendidikan Fisika
Ivan Hadi Prawira Negara 1713021012 Anggota / Pendidikan Fisika
Nindya Oktaviani 1713071052 Anggota / Pendidikan IPA
Rowais Qornik 1915081024 Anggota / Pendidikan Vokasional Seni Kuliner (S1)
Febriani 1717041031 Anggota / S1 Manajemen
9 Dr. I Nyoman Tika, M.Si 0001126302   Dosen Pembimbing Penggunaan Racun Ikan Buntal sebagai Obat Bius Alami pada Proses Transfortasi Ikan Koi (Cyprinus rubrofuscus) PKM Riset Eksakta
I Gusti Agung Ayu Indah Sukmahendri 1813081004 Ketua / S1 Kimia
Gede Gery Apriliana Putra 1713081006 Anggota / Kimia
Dewa Ayu Toy Amanda Sumantara Kramas 1813081005 Anggota / Kimia
I Putu Ardi Suryanta Wibawa 1813081003 Anggota / Kimia
Kadek Edy Sukarma 2018011054 Anggota / Kedokteran
10 Dr. dr. Ni Luh Kadek Alit Arsani, S.Ked., M.Biomed. 0025027505   Dosen pembimbing Simple Water Heater : Pemanas Air Ramah Lingkungan dengan Pemanfaatan Konsep Massa Jenis Air PKM Karsa Cipta
Kadek Edy Sukarma 2018011054 Ketua / S1 Kedokteran
I Putu Paramananda 1918011017 Anggota / S1 Kedokteran
Kadek Ulik Permana Putri 1918011031 Anggota / S1 Kedokteran
I Gde Arie Kusuma Wijaya 1918011046 Anggota / S1 Kedokteran
I Kadek Agus Wiasa 1813021005 Anggota / Pendidikan Fisika
11 I Gede Mahendra Darmawiguna, S.Kom., M.Sc. 0004018502   Dosen Pembimbing Smart Durian Ripeness Detector untuk Pedagang Durian di Kawasan Jembatan Bangkiang Sidem Desa Ambengan PKM Penerapan IPTEK
I Gusti Nyoman Anton Surya Diputra 1915051027 Ketua / S1 Pendidikan Teknik Informatika
Fikrivenia Ayu Farisa 1811031051 Anggota / Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ni Kadek Dewi Setiani 1911011004 Anggota / Bimbingan Konseling
Muhamad Ramadhan 1813021006 Anggota / Pendidikan Fisika
Hasannudin 1813031020 Anggota / Pendidikan Kimia
12 I Made Suarsana, S.Pd., M.Si. 0017028301   Dosen Pembimbing Pemberdayaan Ibu-Ibu Pkk Desa Tianyar Timur Dalam Diversifikasi Olahan Nira Lontar Menjadi Produk Unggulan Desa Bernilai Tinggi PKM Pengabdian Kepada Masyarakat
Ni Putu Wiwin Adyasari 1813011046 Ketua / S1 Pendidikan Matematika
Ni Kadek Asri Rumiartini 1813011087 Anggota / Pendidikan Matematika
Ayu Saraswati 1917051079 Anggota / S1 Akuntansi
Ni Made Ari Susila Dewi 1815011017 Anggota / Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
I Made Dandi Suardika 1713011078 Anggota / Pendidikan Matematika
13 I Wayan Pardi, S.Pd., M.Pd 0708069002   Dosen Pendamping Wanita Gunung Dan Wanita Laut (Analisis Gender Pada Perempuan Bali Dalam Struktur Pemerintahan Ulu Apad Di Bali Utara) PKM Riset Sosial Humaniora
Putu Mega Ulia Dani 1914091007 Ketua / S1 Pendidikan Sosiologi
Dwi Ajeng Andini 1914091008 Anggota / Pendidikan Sosiologi
Ni Luh Putri Wirautami 1814021006 Anggota / Pendidikan Sejarah
Luh Ayu Martasari 194021003 Anggota / Pendidikan Sejarah
Luh Puji Arti 2014091006 Anggota / Pendidikan Sosiologi