Revolusi Industri 4.0, Undiksha Kuatkan “Leadership” dan “Agile Management”

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola lembaga. Salah satu strategi yang digulirkan berupa penguatan leadership dan agile management. Hal tersebut diwujudkan melalui workshop, Rabu (26/2/2020).

Singaraja- Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) terus berupaya meningkatkan kualitas tata kelola lembaga. Salah satu strategi yang digulirkan berupa penguatan leadership dan agile management. Hal tersebut diwujudkan melalui workshop, Rabu (26/2/2020). 

Workshop yang berlangsung di Ruang  Ganesha III Rektorat ini menghadirkan narasumber Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc. ES.,Ph.D sebagai Komisi Utama PT. ITS Tekno Sains dan Amin Leiman sebagai Consultant Agile Management (USA). Pesertanya tidak hanya dosen Undiksha, tetapi juga dari Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng. Secara khusus Joni Hermana menekankan di era revolusi industri 4.0, kepemimpinan menjadi hal yang sangat penting dimiliki dosen maupun pimpinan universitas. Hal tersebut ditunjukkan dengan sikap adaftif, strategic dan menginspirasi. Selain itu harus mampu berinovasi dan entrepreneurship. “Tantangan seorang pemimpin saat ini, sekarang ini masih ambigu. Kadang-kadang  dalam kondisi sekarang yang salah menjadi benar, yang benar menjadi salah. Kondisinya tidak menentu dan semakin kompleks. Oleh karena itu kita harus pintar beradaptasi agar kita survive,” jelasnya. 

Disampaikan pula, saat ini perguruan tinggi sudah pada generasi ketiga. Generasi yang sudah mengarah pada stake holders yang harus dilayani. “Jadi pertanggungjawaban tidak hanya pada Kementerian, tetapi juga masyarakat yang semakin kritis,” imbuhnya. Melalui workshop ini diharapkan Undiksha bisa meningkatkan kinerjanya. “Intinya kita ingin agar hal-hal yang berkaitan dengan kepemimpinan bisa diterapkan disini sehingga bisa meningkatkan kinerja Undiksha untuk bisa lebih tinggi lagi,” ucapnya.

Sementara itu, narasumber Amin Leiman menyampaikan materi terkait agile management sangat diperlukan dalam tata kelola perguruan tinggi. Hal itu salah satunya ditunjukkan dengan memberikan pelayanan yang maksimal oleh dosen kepada mahasiswa maupun lainnya. “Ini penting di universitas,” sebutnya.

Kehadiran dua narasumber ini mendapat apresiasi dari Wakil Rektor I Undiksha, Dr. Gede Rasben Dantes, S.T.,M.TI. “Kami sangat senang dengan kehadiran narasumber ini. Karena kami tahu untuk mencari waktunya sangat sulit,” katanya. Materi yang disampaikan dianggap sangat baik untuk mendukung pengembangan universitas, khususnya di era revolusi industri 4.0. “Terkait perguruan tinggi, sekarang banyak perubahan regulasi yang terjadi, ada kampus merdeka, merdeka belajar. Saya kira masih ada beberapa kebijakan yang akan muncul. Saya berharap melalui ini, kualitas Undiksha bisa semakin baik,” ungkapnya.

Selain workshop, Undiksha juga menerima sharing terkait manajemen bisnis dari PT. ITS Tekno Sains. Selain itu juga ada kuliah tamu yang mengusung topik manajemen penelitian, inovasi dan komersialisasi, menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ketut Buda Artana, dosen ITS. Hal ini diharapkan mampu meningkatkan iklim akademik pada dosen Undiksha. (hms)

Informasi Publik