Rangkaian HISPISI 2020: FHIS Undiksha Gelar LKTI, Media Tumbuhkan Ide Kreatif Mahasiswa

Presentasi karya dalam ajang LKTI yang diselenggaraakan FHIS Undiksha.

Singaraja- Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) menggelar Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) tingkat Nasional Tahun 2020. Kegiatan yang bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa ini serangkaian dari kegiatan HISPISI yang berlangsung secara virtual, Senin, (9/11/2020).

Ketua Panitia, Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H.,LL.M., menjelaskan kompetisi ini bertajuk “Membangun Generasi Virtual Di Era New Normal” dengan subtema  (1) Pendidikan Literasi Digital Bagi Generasi Milenial; (2) Literasi  Hukum bagi Generasi Milenial di Era New Normal; (3) Penguatan Modal Budaya Pada Masyarakat di Era New Normal; (4) Penanggulangan Kejahatan Cyber  Di Era New Normal; (5) Peningkatan Kesadaran Politik Global di Era New Normal; dan (6) Pengembangan Konten Kreatif Berbasis Digital Di Era New Normal. “Kompetisi ini untuk menumbuhkembangkan karya tulis ilmiah mahasiswa dalam bentuk penuangan gagasan atau ide kreatif yang bersifat orisinil, visioner dan implementatif,” jelasnya.

Disampaikan lebih lanjut, lomba dengan koordinator Wayan Putrayasa, S.Pd.,M.Pd ini diikuti 14 tim dari sejumlah perguruan tinggi. Berdasarkan penilaian para dewan juri yang terdiri dari Drs. Nasution, M.Hum., M.Ed., Ph. D., I Putu Ananda Citra, S.Pd., M. Sc., Si Ngurah Ardhya, S.H., M.H, dinyatakan terdapat 6 tim yang masuk sebagai finalis.

Pada kompetisi ini, juara I diraih tim Undiksha yang beranggotakan Ivanka Angelina Dheyanita Prasada, Putu Sulistyawati, dan Luh Ayu Martasari. Tim ini mempresentasikan karya  berjudul “Menakar Filantropi Sosial Babad Cendek Pada Masyarakat Multikultur Di Bali Barat Sebagai Upaya Membangun Peradaban Toleran Bangsa Indonesia”, dengan perolehan point 83,18.

Juara II diraih tim dari Institut Teknologi Bandung yang beranggotakan Aliyya Ilma Shafani, Faiq Yahya Hidayah, dan M. Fadhil Al Ansyar. Tim ini mempresentasikan karya “Implementasi Aplikasi Digdaya Sebagai Upaya Generasi Virtual Dalam Mewujudkan Pelestarian Budaya Indonesia”, dengan perolehan point: 82,52. Sedangkan juara III kembali diraih oleh tim Undiksha yang beranggotakan Sella Marsellena Mercury, Ketut Wisnu Sastrawan dan Putu Pipit Pricellia Eka Putri. Tim ini mempresentasikan karya “Revitalisasi Literasi Hukum Berbasis Digital Melalui Media Populer TikTok Di Era New Normal”, dengan perolehan point 81,8. “Semoga kompetisi ini dapat menjadi penyemangat bagi mahasiswa untuk mengikuti kompetisi yang lain,” kata Sudika Mangku. (rls)

Informasi Publik